Kecenderungan kecanduan game online pada gamers PUBG mobile: Bagimana peran kontrol diri?

  • Irvanda Dova Pratika Fakultas Psikologi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Jl. Semolowaru No.45 Surabaya
  • Tatik Meiyuntariningsih Fakultas Psikologi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Jl. Semolowaru No.45 Surabaya
  • Akta Ririn Aristawati Fakultas Psikologi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Jl. Semolowaru No.45 Surabaya
Keywords: , Kecenderungan kecanduan game online, kontrol diri, Gamers PUBG Mobile

Abstract

Salah satu bukti nyata perkembangan teknologi adalah adanya internet. Setiap orang dapat mengakses berbagai banyak hal, salah satunya adalah bermain game online. Selain memberi pengaruh positif internet pun dapat menjadi bumerang bagi penggunanya yang bisa mengakibatkan pengaruh negatif seperti bermain game online secara berkelanjutan dengan kata lain game online tersebut memberikan efek kesenangan bagi para gamers, juga mengakibatkan memiliki potensi munculnya fenomena kecanduan game online bagi para gamers. Penelitian ini tujuannya untuk melihat korelasi antara kontrol diri dengan kecenderungan kecanduan game online pada gamers PUBG Mobile. Subjek penelitian yaitu Mahaiswa yang terdaftar di UKM E-SPORT Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yang dipilih melalui teknik random sampling berjumlah 130 orang dari hasil besaran sample table krejcie menunjukan dari 130 populasi, maka besaran sample sebesar 97 orang, namun pada saat memberikan kuisioner yang mengisi sejumlah 100 subjek. Maka total sample yang digunakan pada penelitian ini adalah 100 subjek. Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuisoner secara online dengan (google form) menggunakan skala Kecanduan Game Online dan Skala Kontrol Diri. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya hubungan yang negatif dan sangat signifikan antara kontrol diri dengan kecanduan game online pada Gamers PUBG Mobile.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Affandi, Muhammad. 2013. “Pengaruh Game Online Terhadap Tingkat Efektivitas

Komunikasi Interpersonal Pada Kalangan Pelajar Kelas 5 Sdn 009

Samarinda”.eJournal llmu Komunikasi, Vol 1 (4) :177-187.

Akbar, K. 2012. “Pengertian Game Online dan Jenisnya”.

http://akbarputrakotopiliang.blogspot.com/2012/12/permainan-daringonlinegames- jenis.html (diakses 21 Mei 2021)

Anderson, Craig A., dan Bushman, Bard J. 2001. “Effects of Violent Video Games on

Aggressive Behavior, Aggressive Cognition, Aggressive Affect, Psysiological

Arousal, and Prosocial Behavior: A Meta-Analytic Review of the Scientific

Literature”. Psychological Science Journal, Volume 12, Nomor 5, September 2001.

Arman, M Elisabeth & Sujardi, Florensia F. 2002. “Hubungan Antara Tingkat Self Esteem dengan Kecenderungan Berbohong saat Chatting di Internet”. Jurnal

Psikologi UNPAD, Volume 9, Nomor 1, Maret 2002.

Azis, Ragil. 2011. “Hubungan Kecanduan Game Online dengan Self Esteem Remaja

Gamers di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang”. Skripsi. Fakultas Psikologi,

Universitas Islam Maulana Malik Ibrahim Malang.

Azwar, S. 2006. “Reliabilitas dan Validitas”. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar

Offset. Azwar, S. 2007. “Penyusunan Skala Psikologi”. Yogyakarta: Penerbit

Pustaka Pelajar Offset.

Bovenkamp, Ruud Van De, dkk. 2013. “Understanding and Recommending Play

Relationships in Online Social Gaming”. Delft University of Technology IEEE.

Cervon, Daniel, Lawrence A Pervin. 2012. “Personality : theory and research”. Jakarta :

Salemba Humanika.

Feprinca, Dica. 2012. “Hubungan Motivasi Bermain Game Online Pada Masa Dewasa

Awal Terhadap Perilaku Kecanduan Game Online Defence Of The Ancients (Dota

”. Program Studi Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas

Brawijaya.

Ghufron, M Nur, Rini Risnawita S. 2010. “Teori-teori Psikologi”.Yogyakarta : Ar- Ruzz

Media. Hurlock, E.B (2002). Psikologi Perkembangan. 5 th edition. Erlanga: Jakarta.

Khairunnisa, Ayu.

“Hubungan Religiusitas dan Kontrol Diri dengan Perilaku Seksual Pranikah

Remaja di MAN 1 Samarinda”. eJournal Psikologi, 1 (2) : 220-229.

Septiyani, Amalia. 2019. “Ini Panduan Lengkap Bermain PUBG Mobile Untuk Pemula Alias

Newbie”.

https://games.grid.id/read/151727131/ini-panduan-lengkap-bermainpubg-mobile- untukpemula-alias-newbie?page=all.

Sugiyono. 2017. “Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif

dan RnD”. Bandung : Alfabeta

Young. K.S, & Abreu. C. N. D. 2011. “Internet Addiction: A Handbook and

Guide to Evaluation and Treatment”. Canada: JohnWiley & Sons, Inc

Published
2021-12-28