Konsep diri akademik mahasiswa pada masa pandemi COVID-19
Abstract
Meskipun memiliki kelebihan dari sisi fleksibilitas, proses kegiatan belajar mengajar secara daring yang berlangsung selama pandemi COVID-19 tentu memiliki kelemahan karena dosen tidak bisa dengan leluasa memberikan penjelasan kepada mahasiswa dan tidak bisa memberikan bantuan secara langsung ketika mahasiswa mengalami kendala dalam memahami materi. Pembelajaran secara daring menuntut siswa memiliki kosep diri akademik yang tinggi, sebab jika tidak mereka akan rentan mengalami kegagalan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi bagaimana konsep diri akademik mahasiswa pada masa pandemi COVID-19 dan melihat perbedaan konsep diri akademik ditinjau dari asal Universitas. Partisipan dalam penelitian ini sebanyak 326 mahasiswa yang diambil menggunakan teknik covenience sampling. Data penelitian diambil menggunakan The Academic Self Concept Questionnaire (ASCQ) yang diadaptasi dari Liu dan Wang (2005), ASCQ memiliki reliabilitas ?= 0,854. Hasil analisis deskriptif diketahui sebanyak 50,61% mahasiswa memiliki konsep diri akademik dalam kategori sedang, sedangkan hasil uji beda menunjukkan tidak ada perbedan konsep diri akademik antara mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri dan mahasiswa di Perguruan Tinggi Swasta, juga tidak ada perbedaan konsep diri akademik antara mahasiswa laki-laki dan mahasiswa perempuan. Implikasi penelitian akan dibahas.Downloads
References
Al Anshori, F. (2017). Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Konsep Diri dengan Hasil
Belajar Biologi Siswa SMA Negeri Di Kabupaten Jeneponto. Jurnal Biogenerasi, 1(1).
Astuti, R. D. (2014). Identifikasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsep Diri Siswa
Sekolah Dasar Negeri Mendungan I Yogyakarta[Universitas Negeri Yogyakarta].
Aziz, R. (2015). Model perilaku prokrastinasi akademik mahasiswa pascasarjana. Journal
of Islamic Education, 1(2), 269-291.
Bellmore, A. D., & Cillessen, A. H. N. (2006). Reciprocal influences of victimization,
perceived social preference, and self-concept in adolescence. Self and Identity,
,209-229
Blegur, J. (2017). Konsep diri akademik mahasiswa pascasarjana. Scholaria: Jurnal
Pendidikan dan Kebudayaan, 7(3), 226-233.
Chairiyati, L. R. (2013). Hubungan antara Self-Efficacy akademik dan konsep diri akademik
dengan prestasi akademik. Humaniora, 4(2), 1125-1133.
Chairiyati, L. R. (2013). Hubungan antara Self-Efficacy akademik dan konsep diri akademik
dengan prestasi akademik. Humaniora, 4(2), 1125-1133.
Chen, S. K., Yeh, Y. C., Hwang, F. M., & Lin, S. S. J. (2013). The relationship
between academic self-concept and achievement: A multicohort - multioccasion
study. Learning and Individual Differences, 23, 172-178.
Dewi, E. K., Ediati, A., Widodo, P. B., Listiara, A., & Rusmawati, D. (2003). Studi komparasi
konsep diri ditinjau dari latar belakang budaya dan jenis kelamin pada siswa sekolah
menengah di semarang dan wonosobo.Repository Universitas Diponegoro.
http://eprints.undip.ac.id/21996/
Dramanu, B. Y., & Balarabe, M. (2013). Relationship between academic self-concept
and academic performance of junior high school students in Ghana. European
Scientific Journal, 9 (34), 93-104.
Emmanuel, A. O., Adom, E. A., Josephine, B., & Solomon, F. K. (2014). Achievement
motivation, academic self-concept and academic achievement among high school
students. European Journal of Research and Reflection in Educational Science, 2(2),
-37
Fuadi, A. (2020). Prestasi Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Ditinjau
Dari Konsep Diri Akademik Dan Kecerdasan Emosi. Alhadharah: Jurnal Ilmu
Dakwah, 19(2), 18-32.
Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Indonesia. (2021). Data COVID-19 Global
dan Indonesia. https://covid19.go.id/
Hadi, Y. P., & Budiningsih, T. E. (2014). Konsep Diri akademik mahasiswa penerima
beasiswa bidik misi jurusan psikologi Universitas Negeri Semarang. Educational
Psychology Journal, 3(1).
Hendriati Agustiani. (2006). Psikologi Perkembangan: Pendekatan Ekologi Kaitannya
dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri pada Remaja. Bandung: PT Refika Aditama.
Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran
pada masa pandemi COVID-19. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70.
Jia, J., Jiang, Q., & Lin, X. H. (2020). Academic anxiety and self-handicapping among
medical students during the COVID-19 pandemic: A moderated mediation model.
Research Square, 1–22
Khotimah, R. H., Radjah, C. L., & Handarini, D. M. (2016). Hubungan antara konsep diri
akademik, efikasi diri akademik, harga diri dan prokrastinasi akademik pada siswa
SMP negeri di kota malang. Jurnal kajian bimbingan dan konseling, 1(2), 60-67.
Lee, A. (2020). Wuhan novel coronavirus (COVID-19): why global control is
challenging? Public Health, January, 19–21.
https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.puhe.2020.02.001
Menteri Pendidikan dan Kebidayaan (2020). Surat Edaran No. 4 tahun 2020 tentang
pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran COVID-19.
https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/
Nasution, B. H. (2015). Hubungan Konsep Diri dan Kecerdasan Emosional Dengan
Penyesuaian Diri Mahasiswa di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Flora Medan (Doctoral
dissertation, Universitas Medan Area).
Pambudi, P. S., & Wijayanti, D. Y. (2012). Hubungan konsep diri dengan prestasi akademik
pada mahasiswa keperawatan. Jurnal Keperawatan Diponegoro, 1(1), 149-156.
Permatasari, D. P., Rahajeng, U. W., Fitriani, A., & Kurniawati, Y. (2018). Parent’s
Academic Expectation dan Konsep Diri Akademik terhadap Kecemasan Menghadapi
Ujian Nasional siswa SMA. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 6(1), 63-73.
Pramesthi, D. (2015). Hubungan Antara Konsep Diri Akademik Dengan Kemandirian Belajar
Matematika (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Pribadi, A. S., Erlangga, E., & Wangge, M. Y. (2021). Hubungan Antara Konsep Diri
Akademik dengan Pengambilan Keputusan Karier pada Siswa SMP. PHILANTHROPY:
Journal of Psychology, 5(1), 157-174.
Rokhmatika, L. (2013). Hubungan Antara Persepsi Terhadap Dukungan Sosial Teman
Sebaya Dan Konsep Diri Dengan Penyesuaian Diri Di Sekolah Pada Siswa Kelas
Unggulan. Jurnal BK UNESA, 1(1)
Rosali, E. S. (2020). Aktivitas pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19 di
jurusan pendidikan geografi Universitas Siliwangi Tasikmalaya. GEOSEE, 1(1).
Sun, L., Tang, Y., & Zuo, W. (2020). Coronavirus pushes education online.
Nature Materials, 20200205. https://doi.org/10.1038/s41563-020-0678-8
Tim Pustaka Familia. (2010). Konsep Diri Positif: Menentukan Prestasi Anak. Yogyakarta:
Kanisius.
WHO. (2020). Statement on the second meeting of the International Health Regulations
(2005) Emergency Committee regarding the outbreak of novel coronavirus (2019-nCoV).
https://www.who.int/news/item/30-01-2020-statement-on-the-second-meeting-of-the
international-health-regulations-(2005)-emergency-committee-regarding-theoutbreak-of-novel-coronavirus-(2019-ncov).