Konsep diri akademik mahasiswa pada masa pandemi COVID-19

  • Suhadianto Suhadianto Fakultas Psikologi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Aliffia Ananta Fakultas Psikologi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords: Konsep diri akademik, Mahasiswa, Pandemi COVID-19

Abstract

Meskipun memiliki kelebihan dari sisi fleksibilitas, proses kegiatan belajar mengajar secara daring yang berlangsung selama pandemi COVID-19 tentu memiliki kelemahan karena dosen tidak bisa dengan leluasa memberikan penjelasan kepada mahasiswa dan tidak bisa memberikan bantuan secara langsung ketika mahasiswa mengalami kendala dalam memahami materi. Pembelajaran secara daring menuntut siswa memiliki kosep diri akademik yang tinggi, sebab jika tidak mereka akan rentan mengalami kegagalan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi bagaimana konsep diri akademik mahasiswa pada masa pandemi COVID-19 dan melihat perbedaan konsep diri akademik ditinjau dari asal Universitas. Partisipan dalam penelitian ini sebanyak 326 mahasiswa yang diambil menggunakan teknik covenience sampling. Data penelitian diambil menggunakan The Academic Self Concept Questionnaire (ASCQ) yang diadaptasi dari Liu dan Wang (2005), ASCQ memiliki reliabilitas ?= 0,854. Hasil analisis deskriptif diketahui sebanyak 50,61% mahasiswa memiliki konsep diri akademik dalam kategori sedang, sedangkan hasil uji beda menunjukkan tidak ada perbedan konsep diri akademik antara mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri dan mahasiswa di Perguruan Tinggi Swasta, juga tidak ada perbedaan konsep diri akademik antara mahasiswa laki-laki dan mahasiswa perempuan. Implikasi penelitian akan dibahas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Anshori, F. (2017). Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Konsep Diri dengan Hasil

Belajar Biologi Siswa SMA Negeri Di Kabupaten Jeneponto. Jurnal Biogenerasi, 1(1).

Astuti, R. D. (2014). Identifikasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsep Diri Siswa

Sekolah Dasar Negeri Mendungan I Yogyakarta[Universitas Negeri Yogyakarta].

Aziz, R. (2015). Model perilaku prokrastinasi akademik mahasiswa pascasarjana. Journal

of Islamic Education, 1(2), 269-291.

Bellmore, A. D., & Cillessen, A. H. N. (2006). Reciprocal influences of victimization,

perceived social preference, and self-concept in adolescence. Self and Identity,

,209-229

Blegur, J. (2017). Konsep diri akademik mahasiswa pascasarjana. Scholaria: Jurnal

Pendidikan dan Kebudayaan, 7(3), 226-233.

Chairiyati, L. R. (2013). Hubungan antara Self-Efficacy akademik dan konsep diri akademik

dengan prestasi akademik. Humaniora, 4(2), 1125-1133.

Chairiyati, L. R. (2013). Hubungan antara Self-Efficacy akademik dan konsep diri akademik

dengan prestasi akademik. Humaniora, 4(2), 1125-1133.

Chen, S. K., Yeh, Y. C., Hwang, F. M., & Lin, S. S. J. (2013). The relationship

between academic self-concept and achievement: A multicohort - multioccasion

study. Learning and Individual Differences, 23, 172-178.

Dewi, E. K., Ediati, A., Widodo, P. B., Listiara, A., & Rusmawati, D. (2003). Studi komparasi

konsep diri ditinjau dari latar belakang budaya dan jenis kelamin pada siswa sekolah

menengah di semarang dan wonosobo.Repository Universitas Diponegoro.

http://eprints.undip.ac.id/21996/

Dramanu, B. Y., & Balarabe, M. (2013). Relationship between academic self-concept

and academic performance of junior high school students in Ghana. European

Scientific Journal, 9 (34), 93-104.

Emmanuel, A. O., Adom, E. A., Josephine, B., & Solomon, F. K. (2014). Achievement

motivation, academic self-concept and academic achievement among high school

students. European Journal of Research and Reflection in Educational Science, 2(2),

-37

Fuadi, A. (2020). Prestasi Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Ditinjau

Dari Konsep Diri Akademik Dan Kecerdasan Emosi. Alhadharah: Jurnal Ilmu

Dakwah, 19(2), 18-32.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Indonesia. (2021). Data COVID-19 Global

dan Indonesia. https://covid19.go.id/

Hadi, Y. P., & Budiningsih, T. E. (2014). Konsep Diri akademik mahasiswa penerima

beasiswa bidik misi jurusan psikologi Universitas Negeri Semarang. Educational

Psychology Journal, 3(1).

Hendriati Agustiani. (2006). Psikologi Perkembangan: Pendekatan Ekologi Kaitannya

dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri pada Remaja. Bandung: PT Refika Aditama.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran

pada masa pandemi COVID-19. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70.

Jia, J., Jiang, Q., & Lin, X. H. (2020). Academic anxiety and self-handicapping among

medical students during the COVID-19 pandemic: A moderated mediation model.

Research Square, 1–22

Khotimah, R. H., Radjah, C. L., & Handarini, D. M. (2016). Hubungan antara konsep diri

akademik, efikasi diri akademik, harga diri dan prokrastinasi akademik pada siswa

SMP negeri di kota malang. Jurnal kajian bimbingan dan konseling, 1(2), 60-67.

Lee, A. (2020). Wuhan novel coronavirus (COVID-19): why global control is

challenging? Public Health, January, 19–21.

https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.puhe.2020.02.001

Menteri Pendidikan dan Kebidayaan (2020). Surat Edaran No. 4 tahun 2020 tentang

pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran COVID-19.

https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/

Nasution, B. H. (2015). Hubungan Konsep Diri dan Kecerdasan Emosional Dengan

Penyesuaian Diri Mahasiswa di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Flora Medan (Doctoral

dissertation, Universitas Medan Area).

Pambudi, P. S., & Wijayanti, D. Y. (2012). Hubungan konsep diri dengan prestasi akademik

pada mahasiswa keperawatan. Jurnal Keperawatan Diponegoro, 1(1), 149-156.

Permatasari, D. P., Rahajeng, U. W., Fitriani, A., & Kurniawati, Y. (2018). Parent’s

Academic Expectation dan Konsep Diri Akademik terhadap Kecemasan Menghadapi

Ujian Nasional siswa SMA. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 6(1), 63-73.

Pramesthi, D. (2015). Hubungan Antara Konsep Diri Akademik Dengan Kemandirian Belajar

Matematika (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Pribadi, A. S., Erlangga, E., & Wangge, M. Y. (2021). Hubungan Antara Konsep Diri

Akademik dengan Pengambilan Keputusan Karier pada Siswa SMP. PHILANTHROPY:

Journal of Psychology, 5(1), 157-174.

Rokhmatika, L. (2013). Hubungan Antara Persepsi Terhadap Dukungan Sosial Teman

Sebaya Dan Konsep Diri Dengan Penyesuaian Diri Di Sekolah Pada Siswa Kelas

Unggulan. Jurnal BK UNESA, 1(1)

Rosali, E. S. (2020). Aktivitas pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19 di

jurusan pendidikan geografi Universitas Siliwangi Tasikmalaya. GEOSEE, 1(1).

Sun, L., Tang, Y., & Zuo, W. (2020). Coronavirus pushes education online.

Nature Materials, 20200205. https://doi.org/10.1038/s41563-020-0678-8

Tim Pustaka Familia. (2010). Konsep Diri Positif: Menentukan Prestasi Anak. Yogyakarta:

Kanisius.

WHO. (2020). Statement on the second meeting of the International Health Regulations

(2005) Emergency Committee regarding the outbreak of novel coronavirus (2019-nCoV).

https://www.who.int/news/item/30-01-2020-statement-on-the-second-meeting-of-the

international-health-regulations-(2005)-emergency-committee-regarding-theoutbreak-of-novel-coronavirus-(2019-ncov).

Published
2021-12-28