Prokrastinasi akademik mahasiswa di masa pandemi COVID-19: Bagaimana peran efikasi diri?

  • Binti Khumaerah Fakultas Psikologi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Jl. Semolowaru 45 Surabaya
  • Andik Matulessy Fakultas Psikologi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Jl. Semolowaru 45 Surabaya
  • Suhadianto Suhadianto Fakultas Psikologi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Jl. Semolowaru 45 Surabaya
Keywords: efikasi diri, prokrastinasi akademik

Abstract

Pembelajaran daring menjadikan mahasiswa kurang dapat memahami materi yang disampaikan oleh dosen. Keterbatasan pemahaman tersebut membuat mahasiswa tidak dapat menyerap sepenuhnya pengetahuan yang diberikan dosen. Hal ini menjadikan mahasiswa merasa tidak sepenuhnya yakin akan kemampuannya dalam menyelesaikan tugas, sehingga mereka memilih untuk menunda mengerjakan tugas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan prokrastinasi akademik mahasiswa pada masa pandemi Covid-19. Partisipan dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yaitu sebanyak 93 mahasiswa yang ditentukan dengan teknik insidental sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala efikasi diri dan skala prokrastinasi akademik yang disusun oleh peneliti dengan menggunakan model skala likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi product moment dengan bantuan SPSS. Hasil analisis data pada penelitian ini adalah terdapat hubungan negatif yang signifikan antara efikasi diri dengan prokrastinasi akademik. Artinya semakin tinggi efikasi diri mahasiswa maka semakin rendah perilaku prokratinasi akademik mahasiswa. Begitupun sebaliknya semakin rendah efikasi diri mahasiswa maka akan semakin tinggi prokrastinasi akademik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-07-08