Kecemasan pada mahasiswa yang sedang menghadapi skripsi: Bagaimana peran kepercayaan diri?

  • Rahadika Al-Hasmi Fakultas Psikologi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Jl. Semolowaru 45 Surabaya
  • IGAA Noviekayati Fakultas Psikologi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Jl. Semolowaru 45 Surabaya
  • Amherstia Pasca Rina Fakultas Psikologi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Jl. Semolowaru 45 Surabaya
Keywords: Mahasiswa, Kepercayaan diri, Kecemasan, Skripsi

Abstract

A In the final semester, students are given the obligation to work on a thesis as a graduation requirement for a degree in a bachelor's program. experienced a lot of problems students in the process. Problems often arise in final students who are taking their thesis and many of them have to avoid not even finishing the thesis. Anxiety is a response to threats, it can be an abnormal level if the level is not in accordance with the proportion of threats. The research was conducted with the aim of knowing whether there is a relationship between self-confidence and anxiety in students who are taking their thesis. The subject of this research is the final student who is taking a thesis. The sampling technique of this research used purposive random example. The sample taken in this study were 80 respondents. This type of research is quantitative research and data analysis techniques used is the Pearson Product Moment correlation test. the results of the analysis of hypothesis testing using Pearson's product moment correlation technique from the SPSS 11.00 program for windows and obtained a correlation coefficient of -0.639 with p = 0.000 or p <0.05 which means there is a negative relationship between self-confidence and anxiety in students who currently pursuing a thesis program. This means that the higher students' self-confidence who will take the thesis program, the lower the anxiety they feel by the student and vice versa. This means that the hypothesis is accepted.

 

Pada semester akhir mahasiswa diberikan kewajiban untuk mengerjakan skripsi sebagai syarat kelulusan guna meraih gelar pada program sarjana. banyak permasalahan yang dialami mahasiswa pada proses pengerjaannya. Permasalahan kecemasan kerap muncul pada mahasiswa akhir yang sedang menempuh skripsi dan banyak diantaranya harus
menghindari bahkan tidak menuntaskan skripsinya. kecemasan merupakan respons terhadap ancaman, bisa menjadi abnormal bila tingkatnya tidak sesuai dengan proporsi ancaman. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan kepercayaan diri dengan kecemasan pada mahasiswa yang sedang menempuh skripsi. Subyek penelitian ini yaitu mahasiswa akhir yang sedang menempuh skripsi. Teknik sampling penelitian ini menggunakan purpossive random sampling. Sampel yang diambil pada penelitian ini adalah 80 responden . jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dan teknik analisa data yang digunakan adalah uji korelasi Pearson Product Moment. hasil analisis uji hipotesis menggunakan teknik korelasi product moment pearson dari program SPSS 11.00 for windows dan diperoleh koefisien korelasi sebesar -0.639 dengan p = 0.000 atau p < 0.05 yang artinya ada hubungan negatif antara kepercayaan diri dan kecemasan pada mahasiswa yang sedang menempuh program skripsi. Artinya semakin tinggi kepercayaan diri mahasiswa yang menempuh program skripsi maka akan semakin rendah kecemasan yang dirasakan oleh mahasiswa tersebut dan begitupun sebaliknya. Artinya hipotesis diterima.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albert, D., Chein, J., & Steinberg, L. (2013).Peer influences on adolescent decision
making.Current Directions in Psychological Sciences Science, 22(2), 114–120.
Adler, Ronald B & Rodman, George. 2010. Understanding Human Comunication. Jakarta:
Erlangga.
Afriani, A. (2018). Pembelajaran Kontekstual (Cotextual Teaching And Learning) dan
Pemahaman Konsep Siswa. 3(1), 80–88.
Angelis, De Barbara, 2003. Comfidence Sumber Sukses Dan Kemandirian. Jakarta:
Gramedia Pustaka Utama.
Atkison, R.L., Atkinson, R.C. & Hilgard, E.R. (1996). Pengantar psikologi. Jakarta:
Erlangga.
Aiman, U. (2016). Hubungan antara kepercayaan diri dengan kecemasan pada mahasiswa
psikologi semester VI (enam) yang akan menghadapi skripsi). Fakultas Psikologi.
Universitas Islam Negeri Malik Ibrahim Malang
Boon, S. and Holmes, J. (1991) The Dynamics of Interpersonal Trust: Resolving
Uncertainity in the Face of Risk. In: Hinde, R. and Gorebel, J., Eds., Cooperation
and Prosocial Behaviour, Cambridge University Press, Cambridge, 190-211.
Chaplin, J.P. 1997. Kamus Lengkap Psikologi. Alih Bahasa : Kartini Kartono. Jakarta :
Grafindo Persada
Corey, Gerald.(2007). Teori Dan PraktekKonseling Dan Psikoterapi. Bandung:
RefikaAditama.
Djarwanto PS dan Pangestu Subagyo. (1996). Satistik Edukatif. Yogyakarta: Edisi Empat
BPFE UGM.
Daradjat, Zakiyah. (1996). Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara hal
266
Dorland, W.A. (2010). Kamus Kedokteran Dorland, Edisi 31. Jakarta : EGC
Djiwandono, S.E.W. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Grasindo.
Elizabeth, Hurlock. (1998). Perkembangan Anak Jilid I. Jakarta : Erlangga
Ghufron, M.N & Risnawita, R.S. (2010). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: ArRuzz.
Greenberger, D., & Padesky, C. A. (1995). Mind over mood: A cognitive therapy treatment
manual for clients. Guilford Press.
Hakim, Thursan. (2002). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara
Kartono, Kartini. (1992). Pathologi sosial 2 ( kenakalan remaja). Jakarta: Raja Grafindo
Persada.
Kumara.(1988). Psikologi Sosial. Jakarta: Kanisius.
Kholil, Lur Rochman. (2010). Kesehatan Mental. Purwokerto: Fajar Media Press.
Lauster, P. (2003). Tes Kepercayaan Diri. Bumi Aksara, Jakarta.
Marsal, Hidayat. (2008). Hubungan Antara Religiusitas dengan Kecemasan Menghadapi
Masa Depan pada Survivour Gempa Bumi DIY. Sripsi: Yogyakarta. Fakultas
Psikologi Universitas Islam Indonesia.
Nevid, Jeffrey S, dkk. (2005). Psikologi Abnormal edisi kelima Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Nevid, S.F, Rathus, A.S., Greene, B. (2003). Psikologi Abnormal Edisi Kelima, Erlangga:
Jakarta.
Nugroho, T. (2011). Asuhan Keperawatan Maternitas, Anak, Bedah Dan Penyakit Dalam.
Yogyakarta : Nuha Medika
Ottens, A.J. (1991). Coping with Academic Anxiety. New York: The Rosen Publishing
Group.
Secord dan Beckman. (1969). Social Psychology. New York:McGraw Hill.
Siringo-Ringo, A. H. (2021). Hubungan Efikasi Diri Dengan Kecemasan Yang Sedang
Menyusun Skripsi Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Medan Area
(Doctoral dissertation, Universitas Medan Area).
Sutanto, F. A., & Pratisti, W. D. (2019). Hubungan Kepercayaan Dir dengan Kecemasan
dalam Menyelesaikan Skripsi (Doctora dissertation, Universitas Muhammadiyah
Surakarta).
Suhron Muhammad. (2017). Asuhan Keperawatan Jiwa Konsep Self Esteem. Jakarta: Mitra
Wacana Media.
Siswanto. (2007). Kesehatan Mental, Konsep, Cakupan dan Perkembangannya. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Suyanti, R.D.(2010). Strategi Pembelajaran Kimia. Yogyakarta: Graha Ilmu
Ravaie, Y. R. F. (2006). Hubungan antara Kecerdasan Emosi dengan Kecemasan
Menghadapi Pertandingan Olah Raga.
Penggabean, D. A. P. (2021). Hubungan
Antara Kepercayaan Diri Dengan Kecemasan Pada Mahasiswa Psikologi Yang
Akan Menghadapi Skripsi Di Universitas Medan Area (Doctoral dissertation, Universitas Medan Area).
Rizkiyati, R. B. (2019). Tingkat Kecemasan Mahasiswa Dalam Menyusun Skripsi Di
Program Studi Bimbingan Dan Konseling Islam Fakultas Dakwah Iain
Purwokerto Angkatan 2015 (Doctoral dissertation, IAIN).
Delvinasari D, M. (2015). Hubungan antara konsep diri dengan kecemasan siswa
menghadapi ujian akhir sekolah pada siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah II
Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik
Ibrahim).
Marjan, L. U. (2018). Hubungan tingkat pendidikan terhadap tingkat pengetahuan
orangtua dalam swamedikasi demam pada anak menggunakan obat
parasetamol: Studi di Kalangan Masyarakat kecamatan Talango Kabupaten
Sumenep jawa Timur (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana
Malik Ibrahim).
Published
2022-07-26