Tingkat resiliensi akademik ditinjau dari strategi coping yang digunakan mahasiswa

  • Ainurrohmah . Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Adnani Budi Utami Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Hetti Sari Ramadhani Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords: Academic Resilience, Coping Strategy

Abstract

Agar terciptanya kampus unggul maka mahasiswa diharuskan untuk mampu menyesuaikan diri terhadap perubahan, mampu memiliki ketahanan dalam belajar bahkan setelah lulus dari instansi pendidikannya. Kemampuan untuk bertahan dalam lingkup pendidikan ini dinamakan Resiliensi Akademik. Mengetahui ada atau tidak perbedaan tingkat resiliensi akademik merupakan tujuan dari penelitian ini, subjeknya adalah mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, dengan total sampelnya sebesar 384 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan komparatif, teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dua skala , yakni skala likert dan skala nominal. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Mann Withney U-Test. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Melihat hambatan yang harus dilalui mahasiswa maka dibutuhkan respon yang tepat terhadap tekanan yang di alami (coping) agar mahasiswa memiliki resiliensi yang baik, sehingga mahasiswa mampu menuntaskan aktivitas perkuliahan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aziz, R. M., & Noviekayati, I. (2016). Dukungan Sosial, Efikasi Diri dan Resiliensi Pada Karyawan yang Terkena Pemutusan Hubungan Kerja. Persona, 5(1), 62–70.
Boatman, M. (2014). Resilient Minority Doctoral Students Who Experienced Poverty and Parental Substance Abuse [Walden University]. https://scholarworks.waldenu.edu/dissertations
Bustam, Z., & Radde, H. A. (2021). Sense of Humor, Self-Compassion, dan Resiliensi Akademik pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Karakter, 1(1), 17-25
Dewi, I. (2020). The Impact of Social Support and Self-Efficacy on the Academic Resilience of a New Students During the Covid-19 pandemic. In International Conference of Psychology 2021, 1 (1), 23-34.
Dwiastuti, I., Hendriani, W., & Andriani, Fitri. (2021). Perkembangan Penelitian Akademik Di Indonesia: Scoping Literature Review. Jurnal Psikologi TALENTA, 7(01), 23-35
Hendriani. (2018). Resiliensi Psikologis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Prenamedia Group (Divisi Kencana).
Kemenristekdikti.(2020). Statistik Pendidikan Tinggi 2020. In Pusdatin Kenenristekdikti. https://pddikti.kemdikbud.go.id/asset/data/publikasi/Statistik%20Pendidikan%20Tinggi%202020.pdf
Kemenristekdikti.(2019). Statistik Pendidikan Tinggi 2019. In Pusdatin Kenenristekdikti. https://pddikti.kemdikbud.go.id/asset/data/publikasi/Statistik%20Pendidikan%20Tinggi%202019.pdf
Kemenristekdikti.(2018). Statistik Pendidikan Tinggi 2018. In Pusdatin Kemenristekdikti. https://pddikti.kemdikbud.go.id/asset/data/publikasi/Statistik%20Pendidikan%20Tinggi%202018.pdf
Martin, A. J., & Marsh, H. W. (2003). Fear of failure: Friend or foe? Australian Psychologist, 38(1), 31–38. https://doi.org/10.1080/00050060310001706997
Nisrina, E. G. (2016). Perbedaan Strategi Coping Stres Pada Mahasiswa Organisasi Dan Non Organisasi Di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Pasudewi, C. Y., & Undarwati, A. (2014). Resiliensi Pada Remaja Binaan Bapas Ditinjau Dari Coping Stress Info Artikel. INTUISI, 6(2). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/sip
Pratiwi, A. C. (2016). Hubungan Coping dan Resiliensi pada Perempuan Kepala Rumah Tangga Miskin. Jurnal Psikologi, 12.
Prawitasari, T., & Antika, E. R. (2022). Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Resiliensi Akademik Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia, 7(2).
Satyaningrum, I. R. (2019). Pengaruh School Engagement, Locus of Control, dan Social Support Terhadap Resiliensi Akademik Remaja. TAKZIYA: Journal of Psychology, 2(1).
Tantri, E. M. (2018). Pengaruh Strategi Koping Terhadap Resiliensi Pada Remaja Korban Cyberbullying. Sanata Dharma.
Wiranto, H., & Rista, K. (2022). Academic resilience pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK): Menguji peranan problem focused coping. INNER: Journal of Psychological Research, 2(2), 139-149.
Wulandari, & Kumalasari, D. (2022). Resiliensi Akademik Pada Mahasiswa: Bagaimana Kaitannya Dengan Dukungan Dosen? Jurnal Psikologi Malahayati, 4(1), 19–30.
Yusuf (2021). Hubungan Strategi Coping Dengan Resiliensi Pada ASN Di Kantor Camat Medan Ampela. Skripsi.
Published
2023-01-08