hubungan antara gaya hidup hedonis dengan perilaku konsumtif pengguna e-money pada mahasiswa fakulttas psikologi universitas 17 agustus 1945 surabaya

  • Lailatul Inayah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Adnani Budi Utami
  • Hetti Sari Ramadhani
Keywords: Hedonic Lifestyle, Consumptive behaviour, perilaku konsumtif, gaya hidup hedonis

Abstract

Abstract

The aim of this study was to determine the relationship between the hedonic lifestyle and the consumptive behavior of e-money users in psychology students at the University of August 17, 1945, Surabaya. The hypothesis put forward is that there is a positive relationship between the hedonic lifestyle and the consumptive behavior of e-money users in psychology students at the University of 17 August 1945 Surabaya. The research design used is a quantitative approach with a correlational type of research that aims to determine whether there is a relationship between research variables. The subjects of this study were 132 active students of the psychology faculty class of 2019. Sampling using purposive sampling. The data collection method uses a hedonic lifestyle scale and consumptive behavior of e-money users. Data analysis in this study using the Spearman Rho correlation with the help of the SPSS version 26.0 program obtained a correlation result of 0.578 with a significant p = 0.000 (<0.01). This means that there is a very significant positive relationship between the hedonic lifestyle and the consumptive behavior of e-money users in psychology students at the University of 17 August 1945 Surabaya. The existence of a significant positive relationship means that the higher the hedonic lifestyle students have, the higher the consumptive behavior. Conversely, the lower the hedonic lifestyle, the lower the consumptive behavior.

 

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara gaya hidup hedonis dengan perilaku konsumtif pengguna e-money pada mahasiswa fakultas psikologi universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara gaya hidup hedonis dengan perilaku konsumtif pengguna e-money pada mahasiswa fakultas psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Desain penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara variabel penelitian. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa aktif fakultas psikologi angkatan 2019 yang berjumlah 132 orang. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala gaya hidup hedoni dan perilaku konsumtif pengguna e-money. Analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan korelasi Spearman Rho dengan bantuan program SPSS versi 26.0 diperoleh hasil korelasi sebesar 0,578 dengan signifikan p= 0,000 (< 0,01). Artinya terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara gaya hidup hedonis dengan perilaku konsumtif pengguna e-money pada mahasiswa fakultas psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Adanya hubungan positif yang signifikan dapat diartikan bahwa semakin tinggi gaya hidup hedonis yang dimiliki mahasiswa, akan semakin tinggi perilaku konsumtif. Sebaliknya, semakin rendah gaya hidup hedonis akan semakin rendah juga perilaku konsumtif.

References

Anggreini, R., & Mariyanti, S. (2014). Hubungan antara kontrol diri dan perilaku konsumtif mahasiswi Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi Esa Unggul, 12(01), 126664.
Anggraini, R. T., & Santhoso, F. H. (2017). Hubungan antara gaya hidup hedonis dengan perilaku konsumtif pada remaja. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 3(3), 131-140.
Chita, R.C.M., David, L., Pali, C. (2015). Hubungan Antara Self-Control Dengan Perilaku Konsumtif Online Shopping Produk Fashion Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Univertas Sam Ratulangi Angkatan 2011. Jurnal e-Biomedik. Vol 3. No 1. Hal 297-302.
Dewi, L. F., Nur’aini, S., & Kusumaningtyas, N. (2021). CITRA DIRI TERHADAP KECENDERUNGAN HEDONISTIC LIFESTYLE PADA MAHASISWA. Psycho Idea, 19(1), 25-34.
Hafsyah, A. H. (2020). Pengaruh Kepuasan Konsumen, Perilaku Konsumtif, Dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap Transaksi Online (E-Commerce). Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(6), 94-103.
Haryono, P. (2014). Hubungan Gaya Hidup dan Konformitas dengan Perilaku Konsumtif pada Remaja Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Samarinda. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(4).
Hawkins, D. I., Mothersbaugh, D. L., & Best, R. J. (2007). Consumer Behavior: Building impulse formation and enactment, Psychology and Marketing Vol. 17. No. 11, hal. 955-982. Introduction to Computers & Communications. (9th edition)”. New York: McGraw-Hill. Jilid 1. Terjemahan oleh F.X.Budiyanto. 1994. Jakarta: Binarupa Aksara
Insana, D. R. M., & Johan, R. S. (2021). Analisis Pengaruh Penggunaan Uang Elektronik Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Indraprasta PGRI. JABE (Journal of Applied Business and Economics), 7(2), 209-224.
Jannah, R. (2019). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi UNESA. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan, 3(2), 117-124.
Khairat, M., Yusri, N. A., & Yuliana, S. (2018). Hubungan gaya hidup hedonis dengan perilaku konsumtif pada mahasiswi. Al-Qalb: Jurnal Psikologi Islam, 9(2), 130-139.
Published
2023-01-07
Section
Articles