Mindfulness dengan prokrastinasi akademik siswa madrasah tsanawiyah

  • Arina Nur Hikmah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Andik Matulessy Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • suhadianto suhadianto Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords: mindfulness, academic procrastination, students

Abstract

Students are part of the field of education and are never separated or avoided from learning activities and responsibility to complete academic assignments. This study aims to determine the relationship between mindfulness and academic procrastination in class VIII students of MTs Roudlotun Nasyiin. . The population of this study were students of MTs Roudlotun Nasyiin class VIII A, B, and C, totaling 88 students. The research participants totaled 72 students. The research instrument used a Likert scale questionnaire with four answer choices, for the procrastination scale there were 21 valid statement items with reliability (α = 0.852) and for the mindfulness scale there were 9 valid statement items with reliability (α = 0.722). Data analysis to test the research hypothesis is the Pearson Product Moment correlation, the results show a correlation value of rxy = -0.341 with a significance value of P = 0.003; (P<0.01). These results indicate that there is a very significant negative relationship between mindfulness and academic procrastination.

Siswa merupakan bagian dari bidang pendidikan dan tidak pernah terlepas atau terhindarkan dari kegiatan belajar dan kewajiban untuk menyelesaikan tugas akademik.  Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan antara mindfulness dengan prokrastinasi akademik pada peserta didik kelas VIII MTs Roudlotun Nasyiin. . Populasi penelitian ini adalah peserta didik MTs Roudlotun Nasyiin kelas VIII A, B, dan C yang berjumlah 88 siswa. Partisipan penelitian berjumlah 72 siswa. Instrumen penelitian menggunakan kuisioner skala likert dengan empat pilihan jawaban, untuk skala prokrastinasi terdapat 21 aitem pernyataan valid dengan reliabilitas (α = 0,852) dan untuk skala mindfulness terdapat 9 aitem pernyataan valid dengan reliabilitas( α = 0,722). Analisa data untuk menguji hipotesis penelitian adalah korelasi Pearson Product Moment, didapatkan hasil nilai korelasi rxy = -0,341 dengan nilai signifikasi P = 0,003 ; (P<0,01). Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara mindfulness dengan prokrastinasi akademik.

References

Asri, D. N., Setyosari, P., Hitipeuw, I., & Chusniyah, T. (2017). The Academic Procrastination in Junior High School Students' Mathematics Learning: A Qualitative Study. International Education Studies, 10(9), 70-77.
Clara, C., Dariyo, A., & Basaria, D. (2017). Peran Self-Efficacy Dan Self-Control Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Sma (Studi Pada Siswa Sma X Tangerang). Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 1(2), 159-169.
Ghasemi Jobaneh, R., Mousavi, S. V., Zanipoor, A., & Hoseini Seddigh, M. A. (2016). The relationship between mindfulness and emotion regulation with academic Procrastination of Students. Education Strategies in Medical Sciences, 9(2), 134-141.
Jayaraja, A. R., Tan, S. A., & Ramasamy, P. N. (2017). Predicting role of mindfulness and procrastination on psychological well-being among university students in Malaysia. Jurnal Psikologi Malaysia, 31(2).
Khotimah, R. H., Radjah, C. L., & Handarini, D. M. (2016). Hubungan antara konsep diri akademik, efikasi diri akademik, harga diri dan prokrastinasi akademik pada siswa SMP negeri di kota malang. Jurnal kajian bimbingan dan konseling, 1(2), 60-67.
Maulinda, D., & Rahayu, M. S. (2021). Pengaruh Mindfulness terhadap Stres Akademik pada Siswa SMAN X Cianjur di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Riset Psikologi, 1(2), 100-108.
Mukti, D., & Wimbarti, S. (2020). Pengaruh Mindfulness Meditation Training terhadap Atensi Selektif pada Siswa SMP. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 6(1), 30-46.
Nafeesa, N. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik Siswa yang Menjadi Anggota Organisasi Siswa Intra Sekolah. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 4(1), 53-67.
Napoli, M., Krech, P. R., & Holley, L. C. (2005). Mindfulness training for elementary school students: The attention academy. Journal of applied school psychology, 21(1), 99-125.
Puspita, R. D. (2021). Regulasi diri belajar dan mindfulness: Dapatkah menjadi prediktor prokrastinasi akademik mahasiswa?. INNER: Journal of Psychological Research, 1(1), 14-24.
Rahmania, A. M., Budi, W., & Utami, D. N. (2021). Gambaran Prokrastinasi Akademik Siswa SMP di Daerah Pesisir Surabaya. Jurnal Psikologi: Media Ilmiah Psikologi, 19(01).
Ramadhan, C. S., & Hasanat, N. U. (2016). Pengujian program mindfulness singkat untuk menurunkan penunda-nundaan Skripsi pada Mahasiswa. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 2(3), 156-172.
Safiinatunnajah, R., & Fikry, Z. (2021). Hubungan Antara Kontrol Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa Pengguna Media Sosial. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 228-332.
Sari, W. F., & Munawaroh, E. (2022). Pengaruh Mindfulness Terhadap Resiliensi Pada Siswa Remaja SMP. Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia, 7(2).
Sesilia, D., & Sutirna, S. (2021). Prokrastinasi Akademik Pembelajaran Matematika Siswa SMP Kelas VIII. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 7(1), 12-19.
Sirois, F. & Pychyl, T.A. (2013). Procrastination and the priority of short-term mood regulation: Consequences for future self. Social and Personality Psychology Compass, 7: 115-127. doi: 10.1111/spc3.12011.
Suhadianto, S., & Arifiana, I. Y. (2020, August). Bagaimana mindfulness mahasiswa universitas x?: pengujian deskriptif dan komparatif. In Seminar Nasional Psikologi UM (Vol. 1, No. 1).
Trifiriani, M., & Agung, I. M. (2018). Academic hardiness dan prokrastinasi pada mahasiswa. Jurnal Psikologi, 13(2), 143-149.
Widyastari, D., Atrizka, D., Ramadhani, B., & Damanik, D. S. (2020). Prokrastinasi Akademik Ditinjau Dari Kontrol Diri Pada Siswa-Siswi SMA Swasta Ar-Rahman Medan. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi dan Kesehatan (J-P3K), 1(2), 82-91.
Yunita, M. M., & Lesmana, T. (2019). Hubungan Mindfulness dan Vigor dengan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa di Universitas X. Proyeksi: Jurnal Psikologi, 14(2), 172-184.
Published
2023-01-07
Section
Articles