Kecenderungan perilaku cyberbullying pada remaja pengguna media sosial: bagaimana peran regulasi emosi ?

  • Pramudya Bangun Samodra Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • IGAA Noviekayati Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Amherstia Pasca Rina Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords: Cyberbullying, Media Sosial, Perilaku, Remaja, Regulasi Emosi

Abstract

Seiring pesatnya perkembangan teknologi internet saat ini dapat menimbulkan terjadinya praktik perundungan siber atau cyberbullying. Cyberbullying disebut sebagai praktik agresi yang dipraktikan setiap hari menggunakan teknologi internet bertujuan menyampaikan pesan negatif. Tindakan cyberbullying satu di antara faktor yang mempengaruhi yakni regulasi emosi. Tujuan penelitian ini untuk melihat hubungan antara regulasi emosi dengan kecenderungan perilaku cyberbullying pada remaja pengguna media sosial. Jenis penelitian ini ialah kuantitatif korelasional menggunakan skala cyberbullying dan regulasi emosi. Partisipan dalam penelitian ini berusia 15-18 tahun sebanyak 97 responden di Desa Pelemwatu, Gresik. Pengambilan sampel dalam penelitian ini memakai metode incidental sampling. Penelitian ini memakai google form guna memperoleh data. Teknik yang dipakai pada penelitian ini memakai uji product moment. Hasil penelitian terdapat hubungan negatif antara regulasi emosi dengan kecenderungan perilaku cyberbullying pada remaja pengguna media sosial. Artinya semakin rendah regulasi emosi maka semakin tinggi kecenderungan perilaku cyberbullying, selain itu semakin tinggi regulasi emosi maka semakin rendah kecenderungan perilaku cyberbullying.

References

Bone, D., & Astuti, K. (2019). Perilaku Cyberbullying pada Remaja Ditinjau dari Faktor Regulasi Emosi dan Persepsi Terhadap Iklim Sekolah Cyberbullying. The 9th University Research Colloqium 2019 (URECOL), 9(3), 97–109. Diambil dari http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/urecol9/article/view/913/791
Camodeca, M., & Goossens, F. A. (2005). Aggression, social cognitions, anger and sadness in bullies and victims. Journal of Child Psychology and Psychiatry and Allied Disciplines, 46(2), 186–197. https://doi.org/10.1111/j.1469-7610.2004.00347.x
Cowie, H., & Jennifer, D. (2008). New Perspectives on Bullying. New York, NY: Open University Press.
Cyworldsite. (2017). Kasus Cyberbullying di Media Sosial | CYBER TECHNOLOGY. Diambil 18 Mei 2022, dari https://cyworldsite.wordpress.com/2017/04/17/kasus-cyberbullying-di-media-sosial-pada-siswa-smp-nasional-makassar/
ditsmp.kemdikbud. (2021). Mengenal Dampak Perundungan Siber. Diambil 22 November 2022, dari https://ditsmp.kemdikbud.go.id/mengenal-dampak-perundungan-siber/#:~:text=Berikut dampak perundungan siber bagi korban dan pelaku%3A,... 2 2%29 Dampak bagi pelaku%2C di antaranya%3A
Fadhillah, A. (2021). Meningkatnya Kasus Cyberbullying di Kalangan Anak di Masa Pandemi Halaman all - Kompasiana.com. Diambil 12 Mei 2022, dari https://www.kompasiana.com/aliya27792/61cbf9af9bdc4042a2604ce2/meningkatnya-kasus-cyberbullying-di-kalangan-anak-di-masa-pandemi?page=all#sectionall
Gratz, K. L., & Roemer, L. (2004). Multidimensional Assessment of Emotion Regulation and Dysregulation: Development, Factor Structure, and Initial Validation of the Difficulties in Emotion Regulation Scale. Journal of Psychopathology and Behavioral Assessment, 26(1), 41–54. https://doi.org/10.1023/B:JOBA.0000007455.08539.94
Gross, J. J. (2007). Handbook of Emotion Regulation (1st ed). New York, NY: The Guilford Press.
Gustiningsih, S., & Hartosujono. (2013). Hubungan Kematangan Emosi Dengan Kecenderungan Perilaku Cyberbullying Pada Pengguna Twitter Di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Jurnal SPIRITS, 4(1), 64–73.
Johnson, L. D., & Blackshire, B. (2019). The prevalence and psychological impact of cyberbullying on undergraduate students at a historically black college and university. Violence and Gender, 6(1), 72–77. https://doi.org/10.1089/vio.2017.0068
Kemp, S. (2022). Digital 2022: Indonesia. Diambil 11 April 2022, dari https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia?msclkid=15aef78cb96711ecac42c8c06b62cc0d
Kokkinos, C. M., & Voulgaridou, I. (2017). Relational and cyber aggression among adolescents: Personality and emotion regulation as moderators. Computers in Human Behavior, 68, 528–537. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.11.046
Pramita, E. W. (2020). Naura Mengalami Cyber Bullying, Ini Alasan Remaja Rentan Menjadi Pelaku - Cantik Tempo.co. Diambil 12 Mei 2022, dari https://cantik.tempo.co/read/1372962/naura-mengalami-cyber-bullying-ini-alasan-remaja-rentan-menjadi-pelaku/full&view=ok
Prima, E. (2019). Potensi Ekonomi Digital Indonesia Harus Diimbangi Peningkatan Penetrasi Internet. Diambil 11 April 2022, dari https://tekno.tempo.co/read/1205955/usia-15-19-tahun-pengakses-internet-terbesar-di-indonesia
Ratna, D. M. N. (2021). Korban Cyberbullying Makin Meningkat di Kalangan Remaja. Diambil 5 Maret 2022, dari https://techno.okezone.com/read/2021/10/04/54/2481131/korban-cyberbullying-makin-meningkat-di-kalangan-remaja
Riswanto, D., & Marsinun, R. (2020). Perilaku Cyberbullying Remaja di Media Sosial. Analitika, 12(2), 98–111. https://doi.org/10.31289/analitika.v12i2.3704
Sitasari, N. W., M, S., & Roespinoedji, D. (2020). the Relationship Between Emotion Regulation and Cyber Bullying Behavior Among Internet Users, 11, 1567–1576. https://doi.org/10.48047/rigeo.11.06.171
Smith, P. K., Mahdavi, J., Carvalho, M., Fisher, S., Russell, S., & Tippett, N. (2008). Cyberbullying: Its nature and impact in secondary school pupils. Journal of Child Psychology and Psychiatry and Allied Disciplines, 49(4), 376–385. https://doi.org/10.1111/j.1469-7610.2007.01846.x
Utami, A. S. F., & Baiti, N. (2018). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Cyber Bullying Pada Kalangan Remaja. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 18(2), 257–262. Diambil dari http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala%0APengaruh
Widyayanti, N., Arofah, H., & Awali, A. N. A. (2022). Regulasi emosi dan perilaku cyberbullying pada remaja awal. Jurnal Spirits, 12(2), 68–75. https://doi.org/10.30738/spirits.v12i2.12810
Willard, N. E. (2007). Cyberbullying and Cyberthreats: Responding to the Challenge of Online Social Aggression, Threats, and Distress. Champaign, Illinois: Research Press.
Published
2023-01-03
Section
Articles