Efikasi diri dan dukungan sosial orang tua dengan resiliensi pada mahasiswa yang mengikuti program kurikulum MBMK

  • Amalia Mawarny Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Suroso Suroso Fakultas Psikologi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Jl. Semolowaru No.45 Surabaya
  • Karolin Rista Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords: Keywords: Self-Efficacy; Parents Social Support; Resilience.

Abstract

Abstract

Students who are resilient to pressure and problems can be said to have resilience. This study aims to determine the relationship between self-efficacy and parental social support with resilience in students participating in the MBKM curriculum program. The subjects in this study were active students at the University of 17 August 1945 Surabaya who were Participating or had already taken the MBKM curriculum program. The number of respondents in this study were 150 people. The research data was obtained by giving questionnaires to subjects via whatsapp. This research method uses a quantitative approach with the scale used self-efficacy scale, parental social support scale and resilience scale. Testing the research hypothesis using multiple linear regression techniques. The results showed that there was a relationship between self-efficacy and resilience in students who took part in the MBMK curriculum program, but parental social support did not correlate with resilience in students who took part in the MBKM curriculum program.

Abstrak

Mahasiswa yang tangguh terhadap tekanan dan permasalahan dapat dikatakan memiliki resiliensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dan dukungan sosial orang tua dengan resiliensi pada mahasiswa yang mengikuti program kurikulum MBKM. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yang sedang mengikuti atau yang sudah mengambil program kurikulum MBKM. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 150 orang. Data penelitian ini diperoleh dengan memberikan kuesioner kepada subjek melalui whatsapp. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan skala yang digunakan skala efikasi diri, skala dukungan sosial orang tua dan skala resiliensi. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan teknik regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara efikasi diri dan dukungan sosial orang tua dengan resiliensi dan terdapat hubungan antara efikasi diri dengan resiliensi pada mahasiswa yang mengikuti program kurikulum MBKM, tetapi dukungan sosial orang tua tidak berkorelasi dengan resiliensi pada mahasiswa yang mengikuti program kurikulum MBKM.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-07-18