Analisis Luaran Hasil Pengukuran Back Gauge pada Kereta Ringan Berbasis Sensor Laser

  • Reza Diharja Universitas Jayabaya
  • Rizky Rivaldy Laday Universitas Jayabaya
  • Mardiono Mardiono Universitas Jayabaya

Abstract

Kereta merupakan transportasi umum yang paling diminati masyarakat karena ketepatan waktu dan daya angkut yang banyak. Oleh karena itu, kereta harus dijaga performa nya dengan cara melakukan perawatan dan pemeliharaan secara berkala yang mana salah satunya adalah mengukur back gauge dari masing – masing axle (penghubung roda kanan dan roda kiri). Tujuannya adalah untuk menghindari terjadinya kereta anjlok saat dioperasikan akibat jarak back gauge yang tidak sesuai dengan semestinya. Saat ini,yang pengukuran masih dilakukan secara konvensional dengan menggunakan alat ukur manual sehingga tingkat akurasi dan presisi sangat bergantung pada personil yang melakukan pengukuran. Oleh karena itu, ini menjadi dasar dibuatnya sistem berbasis sensor VL53L0X yang mana tujan awalnya agar memudahkan teknisi dalam melakukan pengukuran back gauge pada kereta. Otak dari sistem pengukuran back gauge pada kereta adalah mikrokontroler Arduino Mega 2560yang bertugas menerima dan mengolah data hasil pengukuran dari sensor jarak. Hasilnya  ditampilkan pada LCD, keypad sebagai komponen untuk memasukkan nomor kereta beserta nomor axle dan disimpan dalam bentuk file excel berformat .xlsx. Setelah dilakukan pengujian pada alat, didapatkan kesimpulan bahwa alat yang telah dibuat masih harus dilakukan perbaikan. Oleh karena setelah pengolahan data, didapatkan informasi berupa nilai eror relatif dan standar deviasi yang menjauhi nol

Author Biographies

Reza Diharja, Universitas Jayabaya
Teknik Elektro
Rizky Rivaldy Laday, Universitas Jayabaya
Teknik Elektro
Mardiono Mardiono, Universitas Jayabaya
Teknik Elektro

References

W. T. Adi dan D. S. Atmaja, “PERBANDINGAN PENGUKURAN RADIUS LENGKUNG DENGAN MENGGUNAKAN BENANG, TOTAL STATION DAN MESSREG CLS,” Jurnal Perkeretaapian Indonesia, pp. 45-54, 2019.

T. Rahayu dan A. A , “SISTEM PEMELIHARAAN REL KERETA API KORIDOR PALANG PARASAMIA - JEMBATAN SEI PIRING,” JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN, INDUSTRI, ELEKTRO DAN SIPIL, vol. 2, no. 1, pp. 100-104, 2021.

E. M. Fauzi, M. B. Zaenal Asyikin dan I. Yuda Prasetya, “Analisa dan solusi noise sensor VL53L0X pada berbagai kondisi cahaya,” dalam 9th Industrial Research Workshop and National Seminar, Bandung, 2020.

N. Lakovic, M. Brkic, B. Batinic, J. Bajic, V. Rajs dan N. Kulundzic, “Application of Low-cost VL53L0X ToF Sensor for Robot Environment Detection,” dalam 18th International Symposium INFOTEH, Jahorina, 2019.

A. Team, “Arduino Mega 2560 Rev3,” Arduino , 2021. [Online]. Available: https://store.arduino.cc/products/arduino-mega-2560-rev3. [Diakses 11 10 2021].

N. Nafi'iyah, “PERBANDINGAN MODUS, MEDIAN, K_STANDAR DEVIASI, ITERATIVE, MEAN DAN OTSU DALAM THRESHOLDING,” Jurnal SPIRIT, vol. 8, no. 2, pp. 31-36, 2016.

Published
2021-11-24