Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan : Studi Kasus pada Toko SRC Mulia Mojokerto

  • Elsi Mersilia Hanesti Universitas Internasional Semen Indonesia
  • Jannatu Naimah Universitas Internasional Semen Indonesia
  • Selly Nurwahidah Saputri Universitas Internasional Semen Indonesia
  • Muhammad Farikh Aunillah Universitas Internasional Semen Indonesia

Abstract

Dalam upaya mengembangkan dan memperkuat hubungan perusahaa dengan pelanggan, tentunya membutuhkan suatu pengaturan yang sesuai dengan kondisi pasar. Pengaturan ini berupa langkah-langkah maupun strategi yang dapat di implementasikan oleh perusahaan dengan tujuan membangun relasi dan memperkuat jaringan perusahaan. Customer Relationship Management (CRM) adalah strategi tingkat korporasi yang berfokus pada pembangunan dan pemeliharaan hubungan dengan pelanggan. Toko SRC Mulia merupakan salah satu bentuk usaha penjualan unit sembako yang berada di Kabupaten Mojokerto. Saat ini konsep pemasaran sedang mengalami pertumbuhan dan perluasan yang signifikan. Perhatian perusahaan tidak semata-mata diarahkan pada perolehan pelanggan baru, namun perusahaan harus mulai memikirkan strategi untuk memanfaatkan basis pelanggan mereka saat ini. Tujuan akhir dari semua upaya perusahaan adalah menumbuhkan loyalitas pelanggan yang bertahan lama. Gagasan bahwa pemasaran yang efektif hanya bergantung kepada penawaran produk berkualitas dengan harga bersaing tidak lagi memuaskan. Meskipun memiliki produk yang unggul dan harga yang kompetitif tetap penting, namun hal ini tidak menjamin kesuksesan pasar. Hal yang sama pentingnya adalah menumbuhkan loyalitas pelanggan dan membangun hubungan yang langgeng antara perusahaan dengan pelanggan. Customer Relationship Management (CRM) tersedia untuk menjaga loyalitas pelanggan. Lewat Customer Relationship Management (CRM), perusahaan bisa menjalin hubungan dua arah antara pelanggan dan perusahaan. Perusahaan menjadi tahu akan kebutuhan pelanggan dan memberikan pilihan produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhannya.

Kata Kunci: Toko SRC Mulia, Loyalitas Pelanggan, Customer Relationship Management (CRM),Karyawan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-07-25
Section
Articles