PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, DAN PENETAPAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT. MITRA TOUR & TRAVEL SIDOARJO
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan penetapan harga terhadap kepuasan pelanggan PT. Mitra Tour & Travel Sidoarjo. Serta menganalisis faktor yang paling dominan pengaruhnya terhadap kepuasan pelanggan PT. Mitra Tour & Travel Sidoarjo. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah menggunakan jasa transportasi bus pariwisata Pratama Putra. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan menggunakan pendekatan Accidental Sampling (pengambilan sampel secara kebetulan). Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil analisis dalam penelitian ini diperoleh persamaan regresi sebagai berikut, Y = 0,354 + 0,145X1 + 0,556X2 + 0,244X3 . Kualitas produk (X1) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Bus Pratama Putra, hal tersebut ditunjukkan dari nilai thitung = 2,686 > ttabel = 1,661 (sig. = 0,009 < p-value = 0,05), Kualitas pelayanan (X2) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Bus Pratama Putra, hal tersebut ditunjukkan dari nilai thitung = 8,053 > ttabel = 1,661 (sig. = 0,000 < p-value = 0,05), dan Penetapan harga (X3) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Bus Pratama Putra, hal tersebut ditunjukkan dari nilai thitung = 4,359 > ttabel = 1,661 (sig.= 0,000 < p-value = 0,05). Kualitas produk, kualitas pelayanan, dan penetapan harga berpengaruh (simultan) secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Bus Pratama Putra, hal tersebut ditunjukkan dari nilai Fhitung = 116,467 > Ftabel = 2,70 (Sig. = 0,000 < p-value = 0,05). Variabel bebas yang berpengaruh secara dominan terhadap variabel terikat adalah variabel kualitas pelayanan (X2). Koefisien determinasi diperoleh nilai R Square sebesar 0,784 yang menunjukkan bahwa kontribusi kualitas produk (X1), kualitas pelayanan (X2), dan penetapan harga (X3) dengan kepuasan pelanggan PT. Mitra Tour & TravelSidoarjo sebesar 78,4% sedangkan sisanya sebesar 21,6% dipengaruhi oleh faktor – faktor lain diluar ketiga variabel bebas dalam penelitian ini.
Â
Kata kunci : Kualitas produk, kualitas pelayanan, penetapan harga, kepuasan pelanggan
Â
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Abraham Mahendra Bagaskara, (2014), Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Vario di Semarang, Semarang.
Bambang, Gamal, (2016). Reset Pemasaran Dengan Tool Regresi (Studi Kasus Manajemen Pemasaran Perusahaan), Cetakan Pertama, Chamdan Purnama Ed, Mojokerto : Insan Global.
Fifyanita Ghanimata, (2012). Analisis Pengaruh Harga, Koalitas Produk, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pembeli Produk Bandung Juwana Elrina Semarang), Semarang.
Krisnasakti Anggar PP, (2012), Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda (Studi Kasus Pada Konsumen di Semarang), Semarang.
Manajemen Pemasaran, (2013), Manajemen Pemasaran, manajemenpemasaran2. co.id : Post by Manajemen Pemasaran.
Materi Pelayanan Publik, (2016), Definisi Kualitas Menurut Para Ahli, www.materibelajar.id : Post by Portal Informasi, Edukasi, dan Inspirasi.
Philip Kotler, Kevin Lane Keller, (2009), Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Jilid 1, Adi Maulana, Wibi Hardani, Eds, Jkarta : Erlangga.
____, (2002), Manajemen Pemasaran di Indonesia (Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian), Jakarta.
Roellbray, (2010), Definisi Manajemen Menurut Para Ahli, Roelbray.wordpress. com : Post by Roellbray.
Widiyanto Bangun Prasetyo, (2013), Pengaruh Kualitas Pelayanan,Kepercayaan, dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Swalayan Luwes Purwodadi), Purwodadi.
Yulia Purnamasari, (2015), Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Produk M2 Fashion Online di Singaraja, Volume:5. No.1, Singaraja.