PENGARUH PRODUK, HARGA DAN TEMPAT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI PT. FINELE (AMALA GOLD SHOP) PASAR ATOM MALL SURABAYA
Abstract
Amala Gold Shop adalah sebuah konsep baru jaringan retail perhiasan emas dan
logam mulia modern pertama di Indonesia. Amala Gold Shop menyediakan berbagai
model perhiasan emas untuk segala aktifitas dan Logam Mulia 24 karat berbagai motif dan
gramasi mulai dari 5gr sampai 100gr. Produk Amala Gold Shop adalah keluaran dari
Pabrikan Emas KING HALIM sebuah produsen emas terbesar di Indonesia.Amala Gold
Shop mempunyai lima cabang toko, tiga diantaranya berada di Jakarta, kemudian satu di
Bogor dan satu di Surabaya. Amala Gold Shop berdiripertamakalinyapadatahun 2011 yang
terletak di Jl. Warungjatibarat 39, Pejaten Village Jakarta Selatan.Dan kemudian terus
menerus membangun hingga cabang kelimanya, yaitu di Pasar Atom Mall.Pasar Atom
Mall adalah pilihan yang sangat tepat bagi Amala Gold Shop, sebab Pasar Atom Mall
merupakan pusat perdagangan emas terbesar di Surabaya.Amala Gold Shop Pasar Atom
Mall di bangun sejak tanggal 14 desember 2013 yang terletak di Jl. Stasiunkota no 7a,
Pasar Atom Mall E5-E6 Surabaya. Mengetahui tentang keputusan pembelian konsumen
terhadap emas sangatlah penting guna untuk mengembangkan profit Amala Gold Shop, oleh
sebab itu perusahaan harus bisa melihat apa saja yang menjadi pertimbangan dalam
keputusan pembelian konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah
produk, harga dan tempat secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian konsumen di Amala Gold Shop.Untuk mengetahui apakah produk, harga dan
tempat secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di
Amala Gold Shop. Dan untuk mengetahui apakah variable produk secara dominan
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Amala Gold Shop.
Dari hasil analisis dapat diketahui ketiga variable mempunya ipengaruht erhadap
keputusan pembelian konsumen baik secara simultan maupun parsial. Hasil dari analisis
juga diketahui bahwa variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian
adalah variable produk.
Kata kunci:produk, harga, tempat dan keputusan pembelian
Downloads
References
Abdullah, Thamrin, Manajemen Pemasaran,
Cetakan I, PT. RajaGrafindo Persada,
Jakarta, 2012.
Assauri, Sofjan, Manajemen Pemasaran
Dasar, Konsep dan Strategi, Raja
Grafindo Persada, Jakarta, 1996.
Assauri, Sofjan, Perilaku Pemasaran,
Salemba IV, Jakarta, 2004.
Azwar, Saifudin, Metodologi
Penelitian, Catatan ke IV,
Yogyakarta : Pustaka Belajar,
Berman, Barry, 1995. Principles of
Marketing. Third Edition. New
Jersey: Prentice Hall INC.
Boyd, Walker and Larereche,
Manajemen Pemasaran, Jilid I,
Edisi II, Alih Bahasa Imam
Nurmawan, Erlangga, Jakarta,
Foster,W. Douglas, Principles Of
Marketing (Prinsip-prinsip
Pemasaran),
terjemahan Drs. Siswanto Soetojo,Cetakan
IV, Jakarta, 1985.
Gitosudarmo, Indriyo H., Manajemen
Pemasaran, Edisi I, BPFEYogyakarta,
Yogyakarta, 1997.
Guiltinan, P. Joseph and Paul, W.
Gordon, Marketing Management,
Strategies and Programs, 2nd
Edition, Alih Bahasa : Ir. Agus
Maulana MBA, P.T. Gelora
Aksara Pratama, Jakarta, 1990.
Kebunemasindonesia, sebelas alasan
berinvestasi emas,
www.kebunemasindonesia.com/11-alasanberinvestasi-
emas/, 2012.
Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran,
Edisi V, Jilid I, Alih Bahasa
Drs.Jaka Wasana, MSM, PT.
Gelora Aksara Pratama, Jakarta,
A.B., Penerbit Salemba
Empat, Jakarta, 2001.
Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran,
Analisa, Perencanaan, dan
Pengendalian, Edisi VIII,
Volume 1, Nomor 1 , Maret 2016
JEB 17
Jurnal Ekonomi & Bisnis, Hal 11 – 30
Penterjemah : Acella Antawati
Hermawan,SE,MBA, Salemba
Empat, Jakarta, 1995.
Kotler, Philip dan Keller, Lane, Kevin,
Manajemen Pemasaran, Edisi XII,
Jilid I, Indeks, Jakarta, 2007.
McCarthy, E. Jerome, Basic Marketing :
A Managerial Approach, 10th
Edition, Printed in the United
States of America, 1990.
Mursid. M, Manajemen Pemasaran,
Edisi I, Cetakan III, PT. Bumi
Aksara, Jakarta, 2003.
Ningsih, Ayu, Wella. 2004. Pengaruh
Produk Harga daan Tempat
Terhadap Keputusan Pembelian
Konsumen pada Toko Emas
Karunia Cepu Jawa Tengah.
Skripsi SE, Fakultas Ekonomi
Universitas Diponegoro, Jawa
Tengah.
Orville, Boyd, Larreche, dan Jean,
Manajemen Pemasaran : Suatu
Pendekatan Strategis dengan
Orientasi Global, Erlangga,
Jakarta, 2005.
Sugianto, Febryan. 2009. Pengaruh
Produk Harga dan Tempat
Terhadap Kepuasan Konsumen
pada Toko Teratai Emas Manado.
Skripsi SE, Fakultas Ekonomi
Universitas Sam Ratulangi,
Manado.
Sugiyono.1994. Metode Penelitian
Administrasi.Bandung: Alfabeta.
Swastha, Basu dan Irawan,
Manajemen Pemasaran Modern,
Edisi II, Cetakan IV, Liberty,
Yogyakarta, 2002.Willey and
Sons Inc, 1995.