PENGARUH PRODUK, HARGA DAN TEMPAT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI PT. FINELE (AMALA GOLD SHOP) PASAR ATOM MALL SURABAYA

  • Jerry Anggriawan Alumni Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Ida Ayu Sri Brahmayanti Dosen Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Abstract

Amala Gold Shop adalah sebuah konsep baru jaringan retail perhiasan emas dan
logam mulia modern pertama di Indonesia. Amala Gold Shop menyediakan berbagai
model perhiasan emas untuk segala aktifitas dan Logam Mulia 24 karat berbagai motif dan
gramasi mulai dari 5gr sampai 100gr. Produk Amala Gold Shop adalah keluaran dari
Pabrikan Emas KING HALIM sebuah produsen emas terbesar di Indonesia.Amala Gold
Shop mempunyai lima cabang toko, tiga diantaranya berada di Jakarta, kemudian satu di
Bogor dan satu di Surabaya. Amala Gold Shop berdiripertamakalinyapadatahun 2011 yang
terletak di Jl. Warungjatibarat 39, Pejaten Village Jakarta Selatan.Dan kemudian terus
menerus membangun hingga cabang kelimanya, yaitu di Pasar Atom Mall.Pasar Atom
Mall adalah pilihan yang sangat tepat bagi Amala Gold Shop, sebab Pasar Atom Mall
merupakan pusat perdagangan emas terbesar di Surabaya.Amala Gold Shop Pasar Atom
Mall di bangun sejak tanggal 14 desember 2013 yang terletak di Jl. Stasiunkota no 7a,
Pasar Atom Mall E5-E6 Surabaya. Mengetahui tentang keputusan pembelian konsumen
terhadap emas sangatlah penting guna untuk mengembangkan profit Amala Gold Shop, oleh
sebab itu perusahaan harus bisa melihat apa saja yang menjadi pertimbangan dalam
keputusan pembelian konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah
produk, harga dan tempat secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian konsumen di Amala Gold Shop.Untuk mengetahui apakah produk, harga dan
tempat secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di
Amala Gold Shop. Dan untuk mengetahui apakah variable produk secara dominan
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Amala Gold Shop.
Dari hasil analisis dapat diketahui ketiga variable mempunya ipengaruht erhadap
keputusan pembelian konsumen baik secara simultan maupun parsial. Hasil dari analisis
juga diketahui bahwa variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian
adalah variable produk.
Kata kunci:produk, harga, tempat dan keputusan pembelian

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Thamrin, Manajemen Pemasaran,

Cetakan I, PT. RajaGrafindo Persada,

Jakarta, 2012.

Assauri, Sofjan, Manajemen Pemasaran

Dasar, Konsep dan Strategi, Raja

Grafindo Persada, Jakarta, 1996.

Assauri, Sofjan, Perilaku Pemasaran,

Salemba IV, Jakarta, 2004.

Azwar, Saifudin, Metodologi

Penelitian, Catatan ke IV,

Yogyakarta : Pustaka Belajar,

Berman, Barry, 1995. Principles of

Marketing. Third Edition. New

Jersey: Prentice Hall INC.

Boyd, Walker and Larereche,

Manajemen Pemasaran, Jilid I,

Edisi II, Alih Bahasa Imam

Nurmawan, Erlangga, Jakarta,

Foster,W. Douglas, Principles Of

Marketing (Prinsip-prinsip

Pemasaran),

terjemahan Drs. Siswanto Soetojo,Cetakan

IV, Jakarta, 1985.

Gitosudarmo, Indriyo H., Manajemen

Pemasaran, Edisi I, BPFEYogyakarta,

Yogyakarta, 1997.

Guiltinan, P. Joseph and Paul, W.

Gordon, Marketing Management,

Strategies and Programs, 2nd

Edition, Alih Bahasa : Ir. Agus

Maulana MBA, P.T. Gelora

Aksara Pratama, Jakarta, 1990.

Kebunemasindonesia, sebelas alasan

berinvestasi emas,

www.kebunemasindonesia.com/11-alasanberinvestasi-

emas/, 2012.

Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran,

Edisi V, Jilid I, Alih Bahasa

Drs.Jaka Wasana, MSM, PT.

Gelora Aksara Pratama, Jakarta,

A.B., Penerbit Salemba

Empat, Jakarta, 2001.

Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran,

Analisa, Perencanaan, dan

Pengendalian, Edisi VIII,

Volume 1, Nomor 1 , Maret 2016

JEB 17

Jurnal Ekonomi & Bisnis, Hal 11 – 30

Penterjemah : Acella Antawati

Hermawan,SE,MBA, Salemba

Empat, Jakarta, 1995.

Kotler, Philip dan Keller, Lane, Kevin,

Manajemen Pemasaran, Edisi XII,

Jilid I, Indeks, Jakarta, 2007.

McCarthy, E. Jerome, Basic Marketing :

A Managerial Approach, 10th

Edition, Printed in the United

States of America, 1990.

Mursid. M, Manajemen Pemasaran,

Edisi I, Cetakan III, PT. Bumi

Aksara, Jakarta, 2003.

Ningsih, Ayu, Wella. 2004. Pengaruh

Produk Harga daan Tempat

Terhadap Keputusan Pembelian

Konsumen pada Toko Emas

Karunia Cepu Jawa Tengah.

Skripsi SE, Fakultas Ekonomi

Universitas Diponegoro, Jawa

Tengah.

Orville, Boyd, Larreche, dan Jean,

Manajemen Pemasaran : Suatu

Pendekatan Strategis dengan

Orientasi Global, Erlangga,

Jakarta, 2005.

Sugianto, Febryan. 2009. Pengaruh

Produk Harga dan Tempat

Terhadap Kepuasan Konsumen

pada Toko Teratai Emas Manado.

Skripsi SE, Fakultas Ekonomi

Universitas Sam Ratulangi,

Manado.

Sugiyono.1994. Metode Penelitian

Administrasi.Bandung: Alfabeta.

Swastha, Basu dan Irawan,

Manajemen Pemasaran Modern,

Edisi II, Cetakan IV, Liberty,

Yogyakarta, 2002.Willey and

Sons Inc, 1995.

Published
2016-03-30
Section
Articles