PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK WARDAH DI KOTA BANGKALAN MADURA

  • Ummu Habibah Alumni Fakultas Ekonomi Universitas 17 agustus 1945 Surabaya
  • Su miati Dosen Fakultas Ekonomi Universitas 17 agustus 1945 Surabaya

Abstract

Beragam faktor dapat mempengaruhi konsumen dalam memutuskan dalam membeli
suatu produk atau jasa, keputusan pembelian merupakn tindakan yang dilakukan konsumen
untuk membeli suatu produk atau jasa. Setiap produsen pasti menjalankan berbagai strategi agar
konsumen memutuskan untuk membeli produknya. Oleh karena itiu, pengambilan keputusan
pembelian merupakan suatu proses pemilihan salah satu dari beberapa alternatif penyelesaian
masalah dengan tindak lanjut yang nyata. Setelah itu konsumen dapat melakukan evaluasi
pilihan dan kemudian dapat menentukan sikap yang akan diambil selanjutnya. Penelitian ini
bertujuan untuk mengkaji, menganalisa, dan menjelaskan pengaruh kualitas produk dan harga
terhadap keputusan pembelian secara simultan dan parsial, serta mengetahui variabel independen
(kualitas produk dan harga) manakah yang memiliki pengaruh yang dominan terhadap variabel
dependen (keputusan pembelian). Jenis penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian yang
bersifat deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini
adalah konsumen produk kosmetik wardah di kota Bangkalan Madura. Sampel penelitian ini
berjumlah 100 orang terdiri dari konsumen yang telah menggunakan produk Wardah di kota
Bangkalan Madura. Yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Pengujian instrument menggunakan uji validitas,
reliabilitas. Sedangkjan metode analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan uji F
dan uji t. hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel-variabel independen (kualitas produk dan
harga) mempunyai pengaruh secara simultan terhadap variabel dependen (keputusan pembelian).
Seperti hasil dari perhitungan uji F bahwa nilia signifikansi 0,000 < 0,05. Sehingga Ho ditolak
dan Ha diterima. Sedangkan koefisien determinasi (RSquare) sebesar 0,732 atau 73,2%, maka
pengaruh variabel X secara serentak terhadap variabel Y sebesar 73,2%. Sedangkan uji t
diketahui variabel Kualitas Produk (X1) bahwa nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dan variabel
Harga (X2) 0,005 < 0,05 maka dikatakan kedua variabel berpengaruh signifikan terhadap
variabel Keputusan Pembelian (Y). berdasarkan analisis regresi maka model (persamaan regresi)
untuk observasi ini adalah Y = 1,466 + 0,629(X1) + 0,321(X2).
Kata Kunci: kualitas produk, harga, keputusan pembelian

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah Thamrin dan Francis Tantri. 2012.

Manajemen Pemasaran. Jakarta:

Rajawali Pers

Alma Buchari. 2005. Manajemen

Pemasaran dan Pemasaran Jasa.

Cetakan 5. Bandung: CV Alfabeta

Alma Buchari. 2007. Manajemen

Pemasaran dan Pemasaran jasa.

Bandung: Alfabeta.

Alma Buchari. 2011. Manajemen

Pemasaran dan Pemasaran Jasa.

Bandung : Alfabeta

Boyd H.W, Walker O.C, Larreche J.C.

Manajemen Pemasaran:

Suatu Pendekatan Strategis dengan

Orientasi Global. Edisi 2. Jakarta:

Erlangga.

Fandy Tjiptono. 2008. Strategi Bisnis

Pemasaran. Andi. Yogyakarta

Harini. 2008. Makroekonomi Pengantar.

Jakarta: PT. Gramedia Pustaka

Utama

Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian

Pendidikan dan Sosial (Kualitatif

dan Kuantitatif). Jakarta: Gaung

Persada Press

Volume 1, Nomor 1 , Maret 2016

JEB 17

Jurnal Ekonomi & Bisnis, Hal 31 - 48

Iqbal Hasan, 2006. Analisis Data Penelitian

Dengan Statistik. Jakarta : PT. Bumi

Aksara

Kotler Philip. 2005. Manajemen

Pemasaran: Analisis Perencanaan

dan Pengendalian. Jakarta: Erlangga

Kotler Philip dan Kevin Lane Keller. 2007.

Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua

Belas. Jilid 1, dialihbahasakan oleh

Benjamin Molan. Jakarta: PT Indeks

Kotler Philip. 2007. Manajemen

Pemasaran, Analisis Perencanaan,

Pengndalian, Prentice Hall. Edisi

Bahasa Indonesia. Jakarta: Salemba

Empat

Kotler Philip & Garry Armstrong. 2008.

Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1.

Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2008.

Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua

Belas. Cetakan Ketiga. Jakarta: PT.

Indeks

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2009,

Manajemen Pemasaran. Edisi 13.

Jilid 1. Jakarta.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2009,

Manajemen Pemasaran. Edisi 13.

Jilid 2. Jakarta

Kotler, Philip. 2009. Manajemen

Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Lupiyoadi, Hamdani. 2006. Manajemen

Pemasaran Jasa. Edisi kedua.

Jakarta: Salemba Empat.

Saladin Djaslim. 2007. Manajemen

Pemasaran. Bandung: Linda Karya

Sinamora Henry. Akuntansi Manajemen.

Edisi 2, Jakarta : UPP AMP YKPN

Sumarni Murni dan John Soeprihanto. 2010.

Pengantar Bisnis (Dasar-dasar

Ekonomi Perusahaan). Yogyakarta:

Liberty

Swashta,Basu dan Irawan. 2005.

Manajemen Pemasaran Modern.

Yogyakarta: Liberty.

http://www.pengertianahli.com/2014/05/pengertianproduk-

dan-jenis-produk.html?m=1,

diakses tanggal 29 november 2015

http://mulyajho.blogspot.co.id/2014/05/pengertianproduk-

definisi-kualitas.html?m=1,

diakses tanggal 30 november 2015

http://nichonotes.blogspot.co.id/2015/02/manajemenpemasaran.

html?m=1, diakses tanggal 3

desember 2015

http://ilmuakuntansi.web.id/pengertian-bauranpemasaran/,

diakses tanggal 3

desember 2015

http://expresisastra.blogspot.co.id/2013/11/macammacam-

teknik-pengambilansampel.

html?m=1, diakses tanggal 3

desember 2015

http://teorionline.wordpress.com/tag/sampelpopulasi.

penelitian-teknik-sampling/

diakses tanggal 4 desember 2015

Pendidikan ekonomi. 2013. Pengertian

Dasar Penetapan dan Tujuan.

http://www.pendidikanekonomi.com/2013/02/pengert

ian-dasar-penetapan-dan-tujuan.html, diakses

tanggal 4 juli 2015

Published
2016-03-30
Section
Articles