PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK WARDAH DI KOTA BANGKALAN MADURA
Abstract
Beragam faktor dapat mempengaruhi konsumen dalam memutuskan dalam membeli
suatu produk atau jasa, keputusan pembelian merupakn tindakan yang dilakukan konsumen
untuk membeli suatu produk atau jasa. Setiap produsen pasti menjalankan berbagai strategi agar
konsumen memutuskan untuk membeli produknya. Oleh karena itiu, pengambilan keputusan
pembelian merupakan suatu proses pemilihan salah satu dari beberapa alternatif penyelesaian
masalah dengan tindak lanjut yang nyata. Setelah itu konsumen dapat melakukan evaluasi
pilihan dan kemudian dapat menentukan sikap yang akan diambil selanjutnya. Penelitian ini
bertujuan untuk mengkaji, menganalisa, dan menjelaskan pengaruh kualitas produk dan harga
terhadap keputusan pembelian secara simultan dan parsial, serta mengetahui variabel independen
(kualitas produk dan harga) manakah yang memiliki pengaruh yang dominan terhadap variabel
dependen (keputusan pembelian). Jenis penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian yang
bersifat deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini
adalah konsumen produk kosmetik wardah di kota Bangkalan Madura. Sampel penelitian ini
berjumlah 100 orang terdiri dari konsumen yang telah menggunakan produk Wardah di kota
Bangkalan Madura. Yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Pengujian instrument menggunakan uji validitas,
reliabilitas. Sedangkjan metode analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan uji F
dan uji t. hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel-variabel independen (kualitas produk dan
harga) mempunyai pengaruh secara simultan terhadap variabel dependen (keputusan pembelian).
Seperti hasil dari perhitungan uji F bahwa nilia signifikansi 0,000 < 0,05. Sehingga Ho ditolak
dan Ha diterima. Sedangkan koefisien determinasi (RSquare) sebesar 0,732 atau 73,2%, maka
pengaruh variabel X secara serentak terhadap variabel Y sebesar 73,2%. Sedangkan uji t
diketahui variabel Kualitas Produk (X1) bahwa nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dan variabel
Harga (X2) 0,005 < 0,05 maka dikatakan kedua variabel berpengaruh signifikan terhadap
variabel Keputusan Pembelian (Y). berdasarkan analisis regresi maka model (persamaan regresi)
untuk observasi ini adalah Y = 1,466 + 0,629(X1) + 0,321(X2).
Kata Kunci: kualitas produk, harga, keputusan pembelian
Downloads
References
Abdullah Thamrin dan Francis Tantri. 2012.
Manajemen Pemasaran. Jakarta:
Rajawali Pers
Alma Buchari. 2005. Manajemen
Pemasaran dan Pemasaran Jasa.
Cetakan 5. Bandung: CV Alfabeta
Alma Buchari. 2007. Manajemen
Pemasaran dan Pemasaran jasa.
Bandung: Alfabeta.
Alma Buchari. 2011. Manajemen
Pemasaran dan Pemasaran Jasa.
Bandung : Alfabeta
Boyd H.W, Walker O.C, Larreche J.C.
Manajemen Pemasaran:
Suatu Pendekatan Strategis dengan
Orientasi Global. Edisi 2. Jakarta:
Erlangga.
Fandy Tjiptono. 2008. Strategi Bisnis
Pemasaran. Andi. Yogyakarta
Harini. 2008. Makroekonomi Pengantar.
Jakarta: PT. Gramedia Pustaka
Utama
Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian
Pendidikan dan Sosial (Kualitatif
dan Kuantitatif). Jakarta: Gaung
Persada Press
Volume 1, Nomor 1 , Maret 2016
JEB 17
Jurnal Ekonomi & Bisnis, Hal 31 - 48
Iqbal Hasan, 2006. Analisis Data Penelitian
Dengan Statistik. Jakarta : PT. Bumi
Aksara
Kotler Philip. 2005. Manajemen
Pemasaran: Analisis Perencanaan
dan Pengendalian. Jakarta: Erlangga
Kotler Philip dan Kevin Lane Keller. 2007.
Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua
Belas. Jilid 1, dialihbahasakan oleh
Benjamin Molan. Jakarta: PT Indeks
Kotler Philip. 2007. Manajemen
Pemasaran, Analisis Perencanaan,
Pengndalian, Prentice Hall. Edisi
Bahasa Indonesia. Jakarta: Salemba
Empat
Kotler Philip & Garry Armstrong. 2008.
Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1.
Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2008.
Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua
Belas. Cetakan Ketiga. Jakarta: PT.
Indeks
Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2009,
Manajemen Pemasaran. Edisi 13.
Jilid 1. Jakarta.
Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2009,
Manajemen Pemasaran. Edisi 13.
Jilid 2. Jakarta
Kotler, Philip. 2009. Manajemen
Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Lupiyoadi, Hamdani. 2006. Manajemen
Pemasaran Jasa. Edisi kedua.
Jakarta: Salemba Empat.
Saladin Djaslim. 2007. Manajemen
Pemasaran. Bandung: Linda Karya
Sinamora Henry. Akuntansi Manajemen.
Edisi 2, Jakarta : UPP AMP YKPN
Sumarni Murni dan John Soeprihanto. 2010.
Pengantar Bisnis (Dasar-dasar
Ekonomi Perusahaan). Yogyakarta:
Liberty
Swashta,Basu dan Irawan. 2005.
Manajemen Pemasaran Modern.
Yogyakarta: Liberty.
http://www.pengertianahli.com/2014/05/pengertianproduk-
dan-jenis-produk.html?m=1,
diakses tanggal 29 november 2015
http://mulyajho.blogspot.co.id/2014/05/pengertianproduk-
definisi-kualitas.html?m=1,
diakses tanggal 30 november 2015
http://nichonotes.blogspot.co.id/2015/02/manajemenpemasaran.
html?m=1, diakses tanggal 3
desember 2015
http://ilmuakuntansi.web.id/pengertian-bauranpemasaran/,
diakses tanggal 3
desember 2015
http://expresisastra.blogspot.co.id/2013/11/macammacam-
teknik-pengambilansampel.
html?m=1, diakses tanggal 3
desember 2015
http://teorionline.wordpress.com/tag/sampelpopulasi.
penelitian-teknik-sampling/
diakses tanggal 4 desember 2015
Pendidikan ekonomi. 2013. Pengertian
Dasar Penetapan dan Tujuan.
http://www.pendidikanekonomi.com/2013/02/pengert
ian-dasar-penetapan-dan-tujuan.html, diakses
tanggal 4 juli 2015