Perencanaan Perkerasan Kaku Jalan Tol Serang Panimbang Banten Menguunakan Metode PCA
Abstract
Jalan Tol Serang Panimbang Banten dibangun digunakan untuk akses perjalanan tercepat antar wilayah yang dimana di kota Banten tidak ada akses jalan tercepat untuk menuju ke berbagai kota atau kabupaten, maka dari itu dibangun Jalan Tol Serang Panimbang Banten tersebut dengan perkerasan kaku menggunakan metode Portland Cement Association. Berdasarkan dari perhitungan perencanaan dan analisa jalan direncanakan 2/2 TT dengan lebar jalan 7 meter. Nilai derajat kejenuhan (DS) dari tahun 2022 berada pada nilai DS < 0,85 yang mampu menampung arus lalu lintas, sedangkan untuk tahun 2042 – 2062 diketahui nilai DS > 0,85 yang berarti tidak layak atau tidak dapat menampung arus lalu lintas hingga umur rencana. Maka disimpulkan perlu pelebaran jalan agar layak atau dapat menampung arus lalu lintas hingga umur rencana hingga 40 tahun lagi. Hasil perhitungan lain mengenai tebal perkerasan kaku didapatkan tebal perkerasan 32 cm, sementara untuk tulangan memanjang berdiameter Ø12 mm dengan jarak 450 mm, tulangan melintang berdiameter Ø12 dengan jarak 250 mm, dowel berdiameter D38 mm dengan panjang 450 mm jarak 300 mm, tiebar berdiameter Ø16 mm dengan panjang 700 mm jarak 750 mm. Berdasarkan hasil perhitungan perencanaan perkerasan kaku diketahui rencana anggaran biaya sebesar Rp. 32.981.255.203.800,00.
Kata kunci: Perkerasan Kaku, Jalan Tol, PCA
Downloads
Authors who publish with Extrapolasi agree to the following terms:
- Authors transfer the copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)