EVALUASI KINERJA PROYEK DAN FAKTOR RESIKO TERHADAP PEMBIAYAAN DAN PROFIT PADA PROYEK PERUMAHAN (Studi Kasus Proyek Perumahan “Sukodono Dian Regency” Di Sukodono Sidoarjo Jawa Timur)

  • Riyanto .

Abstract

Busines perumahan kelas menengah adalah merupakan peluang yang menjanjikan, karena rumah merupakan kebutuhan primer yang akan selalu menjadi prioritas utama.  Begitu pentingnya arti sebuah rumah bagi keluarga, maka setiap orang akan selalu berupaya untuk memperoleh rumah dengan berbagai cara yang telah banyak ditawarkan oleh para Pengembang. Harga jual dan daya beli masya rakat adalah merupakan kendala pemasaran yang perlu dipertimbangkan bagi para Pengembang dalam memperebutkan segemen pasar. Salah satu faktor penting adalah menentukan harga jual yang realistis dan  kompetitif, atas dasar upaya merencanakan biaya produksi atau pembangunan yang berbasis kinerja secara tepat guna. Asumsi pos biaya lain-lain harus dipersempit dengan memperhitu ngan faktor resiko berdampak dalam kerangka manajemen resiko yang bersifat kuantitatif. Harga jual menjadi tidak kompetitif dan kurang realistik ketika kinerja proyek dalam proses pembangunan tidak dapat dikendalikan dengan baik, karena akan berdampak pada biaya tinggi, sebelum pebebanan target profit sebagai tujuan akhir keberhasilan proyek. Kinerja pekerjaan dan Faktor resiko berpengaruh terhadap Kinerja biaya dan Profit. Hal ini yang harus dikendalikan selama dalam proses pembangunan. Intinya adalah pengendalian biaya pembangunan adalah sangat penting untuk dipahami dengan segala keterkaitannya dalam rangka untuk mencapai pembiayaan yang efisien dan efektif. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui lebih dalam tentang bagaimana keterkaitan antara kinerja proyek, faktor resiko yang terkait secara langsung terhadap pembiayaan proyek dan pengendalian target profit dalam perencanaan proyek perumahan.Pembiayaan proyek adalah faktor penentu dalam membuat kebijakan harga jual bangunan, sebab biaya pembangunan yang tinggi sudah dipastikan akan menentukan harga jual yang mahal, demikian juga dengan harga rumah yang  murah bukan menjadi jaminan terhadap kualitas yang kadang dipertaruhkan dalam penjualan. Pada dasarnya tingkat pengendalian pekerjaan dan Faktor resiko adalah penting dilakukan karena berpengaruh terha dap pembiayaan tinggi, waktu pelaksanaan proyek. Pemahaman secara detail sangat penting untuk diketahui dalam penelitian ini,sehingga hasilnya dapat diper gunakan sebagai proses pembelajaran manajemen atau untuk dikembangkan lebih baik lagi.

Kata kunci: Kinerja pekerjaan, faktor resiko dan kinerja biaya, profit actual

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adzuha Desmi, 2011, Studi Pengendalian Waktu dan Biaya pada Pelaksanaan Pemeliharaan Jalan Simpang Raja Bakong-Tanah Pasir dengan Menggunakan Konsep Nilai Hasil, Jurusan Teknik Sipil Universitas Malikus saleh email: adz.3131@gmail.com (diakses tanggal 06 Nopem ber 2013)

Asiyanto, 2005. Manajemen Produksi untuk Jasa Konstruksi, Cetakan 1, Pradnya Paramita, Jakarta.

Fathurrahman, dkk (Th.. ),Analisis Kinerja Biaya dan Waktu dengan Metoda Earned Value pada Proyek Pembangunan Gedung Intensif Terpadu Rumah Sakit Umum DR. Saiful Anwar Malang, Jurnal Jurusan Teknik Sipil – ITS Surabaya. (diakses tanggal 10 Oktober 2012 jam 11.30 WIB).

Irika Widiasanti & Lenggogeni,2013. Mana jemen Konstruksi, Cetakan perta ma, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Mansyur,(2012),Manajemen Pembiayaan Proyek, Penerbit:laksBang PRESS indo, Yogyakarta, Juli 2012.

Wahyu Amani,dkk., 2012,Perbadingan Apli kasi CPM,PDM dan Teknik BAR CHART-KURVA S pada Optima lisasi Penjadwalan Proyek. Buletin Ilmiah Math. Stat. da Terapannya (Bimaster) vol.01, No.1 (2012), hal 15 -22 (diakses tanggal 17 Nopember 2013, jam 10.00 WIB).

Wiji Nurhayat, 2013, Pasar Property di Jawa Timur Melesat harga tanah terus naik†detikfinance, Kamis 21/02/2013 12:17 WIB.( ( finance.detik.com/.../121722/... / )

Yunita A. Messah,Jurnal,Analisis Nilai Resiko Proyek Konstruksi Menggunakan Qualitative Risk Analysis, Jurusan Teknik Sipil FST Undana Tahun. diakses tanggal 1 Nopember 2013 jam 9.30 WIB

Published
2014-07-25
Section
Articles