Kualitas Pelayanan Di Sektor Publik Dengan Perspektif NPS
Abstract
Kualitas pelayanan publik hari ini mengalami banyak permasalahan. Langkah perbaikan sebagai upaya menangani masalah yang ada dalam kualitas pelayanan publik cenderung berjalan di tempat, padahal dampaknya sangat besar terhadap kehidupan bernegara baik dalam segi ekonomi, politik, maupun sosial budaya. Langkah perbaikan sangat dibutuhkan terutama dalam menghadapi perubahan yang sangat pesat di berbagai bidang yang membuat kondisi ketidakpastian lingkungan semakin sulit terkendali. Berbagai teori dan analisis dalam kualitas pelayanan publik hari ini dan tantangan dimasa depan diharapkan mampu memberikan sedikit kontribusi dalam langkah perbaikan untuk kualitas pelayanan publik. New public service (NPS) yang lebih menekankan pada humanisme organisasi. Suatu model pelayanan publik yang mengakui bahwa mereke berinteraksi dengan pemerintah tidak hanya sebagai pelanggan melainkan sebagai warga negara.
Downloads
References
Bowman, James S., West, Jonathan P., Beck, Marcia A. 2010. Achieving Competencies in Public Service: The Professional Edge. New York: Routledge
Daviddow, William H. & Bro Uttal. (1989). Total Customer Service. New York: Harper & Row Publisher, p. 19.
Denhardt, R.B., Denhardt, J.V., 2007: The New Public Service: Serving, Not Steering. England: M.E Sharpe
Denhardt, Janet V. and Denhardt, Robert B. 2007. The New Public Service: Serving, not Steering. New York: M.E. Sharpe. Inc
Kotler, Philip. (2004). Manajeman Pemasaran. Jakarta: PT Indeks, p. 49.
Kurniawan,2016, Jurnal Inovasi Peayanan Publik Pemerintah Daerah, Fakultas Ilmu Pemerintahan Lampung
Omdusman Republik Indonesia. 2015. Ringkasan Hasil Penelitian Kepatuhan ORI 2015. http://www.ombudsman.go.id. Diakses pada Tanggal 03 November 2019
Prasojo, Eko. 2008. Menggagas Undang-Undang Administrasi Pemerintahan. Jakarta: Aliansi Jurnalis Independen (AJI)
Rinaldi, 2102, Jurnal analisis kualitas pelayanan publik,Studi pada Biro Umum Sekretariat Daerah Propinsi Sumatera Utara
Rusli, Budiman. 2004. Pelayanan Publik di Era Reformasi. www.pikiran-rakyat.com. Diakses pada tanggal 03 November 2019
Sinambela, Lijan Poltak. 2008. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: PT Bumi Aksara
Sinambela, Lijan P. Rochadi, Sigit. Ghazali, Rusman. Muksin, Akhmad. Setiabudi, Didit. Bima, Djohan. dan Syaifudin. (2006). Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan, dan Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara, p. 34.
The Future of Government. 2013. www.psrc.pwc.com. Diakses pada tanggal 05 November 2019
UNDP Global Centre for Public Service Excellence. 2015. Work in the Public Service of the Future. Singapore
Edelman Trust Barometer Global Report. 2016. www.slideshare.net. Diakses pada tanggal 04 November 2019
Authors whose manuscript is published will approve the following provisions:
The right to publication of all journal material published on the JPAPÂ website is held by the editorial board with the author's knowledge (moral rights remain the property of the author).
The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA) license, which means Jurnal Persona reserves the right to store, modify the format, administer in database, maintain and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
Printed and electronic published manuscripts are open access for educational, research and library purposes. In addition to these objectives, the editorial board shall not be liable for violations of copyright law.