Kualitas Pelayanan Di Sektor Publik Dengan Perspektif NPS

Keywords: Kualitas, Publik, Pelayanan, NPS

Abstract

Kualitas pelayanan publik hari ini mengalami banyak permasalahan. Langkah perbaikan sebagai upaya menangani masalah yang ada dalam kualitas pelayanan publik cenderung berjalan di tempat, padahal dampaknya sangat besar terhadap kehidupan bernegara baik dalam segi ekonomi, politik, maupun sosial budaya. Langkah perbaikan sangat dibutuhkan terutama dalam menghadapi perubahan yang sangat pesat di berbagai bidang yang membuat kondisi ketidakpastian lingkungan semakin sulit terkendali. Berbagai teori dan analisis dalam kualitas pelayanan publik hari ini dan tantangan dimasa depan diharapkan mampu memberikan sedikit kontribusi dalam langkah perbaikan untuk kualitas pelayanan publik. New public service (NPS) yang lebih menekankan pada humanisme organisasi. Suatu model pelayanan publik yang mengakui bahwa mereke berinteraksi dengan pemerintah tidak hanya sebagai pelanggan melainkan sebagai warga negara.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Akhmad Irkham Tamami, Airlangga University
Student in Pascasarjana, majors in Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM)

References

Bowman, James S., West, Jonathan P., Beck, Marcia A. 2010. Achieving Competencies in Public Service: The Professional Edge. New York: Routledge

Daviddow, William H. & Bro Uttal. (1989). Total Customer Service. New York: Harper & Row Publisher, p. 19.

Denhardt, R.B., Denhardt, J.V., 2007: The New Public Service: Serving, Not Steering. England: M.E Sharpe

Denhardt, Janet V. and Denhardt, Robert B. 2007. The New Public Service: Serving, not Steering. New York: M.E. Sharpe. Inc

Kotler, Philip. (2004). Manajeman Pemasaran. Jakarta: PT Indeks, p. 49.

Kurniawan,2016, Jurnal Inovasi Peayanan Publik Pemerintah Daerah, Fakultas Ilmu Pemerintahan Lampung

Omdusman Republik Indonesia. 2015. Ringkasan Hasil Penelitian Kepatuhan ORI 2015. http://www.ombudsman.go.id. Diakses pada Tanggal 03 November 2019

Prasojo, Eko. 2008. Menggagas Undang-Undang Administrasi Pemerintahan. Jakarta: Aliansi Jurnalis Independen (AJI)

Rinaldi, 2102, Jurnal analisis kualitas pelayanan publik,Studi pada Biro Umum Sekretariat Daerah Propinsi Sumatera Utara

Rusli, Budiman. 2004. Pelayanan Publik di Era Reformasi. www.pikiran-rakyat.com. Diakses pada tanggal 03 November 2019

Sinambela, Lijan Poltak. 2008. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: PT Bumi Aksara

Sinambela, Lijan P. Rochadi, Sigit. Ghazali, Rusman. Muksin, Akhmad. Setiabudi, Didit. Bima, Djohan. dan Syaifudin. (2006). Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan, dan Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara, p. 34.

The Future of Government. 2013. www.psrc.pwc.com. Diakses pada tanggal 05 November 2019

UNDP Global Centre for Public Service Excellence. 2015. Work in the Public Service of the Future. Singapore

Edelman Trust Barometer Global Report. 2016. www.slideshare.net. Diakses pada tanggal 04 November 2019

Published
2020-04-06
How to Cite
Tamami, A. (2020). Kualitas Pelayanan Di Sektor Publik Dengan Perspektif NPS. JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 6(1). https://doi.org/10.30996/jpap.v6i1.3057
Section
Articles