Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Mts Negeri Jalaksana Kuningan

  • lukman nulhakim Universitas 17 Agustus 1945 Cirebon
Keywords: kepala sekolah, kepemimpinan, kinerja guru.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap kinerja guru di MTs Negeri Jalaksana Kuningan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Survei Explanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah guru berada di lingkungan MTs Negeri Jalaksana Kuningan berjumlah 49 guru. Adapun teknik penarikan sampel dalam penelitian ini adalah teknik sensus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, penyebaran angket, dokumentasi dan studi literatur. Sehubungan dengan pendekatan analisis yang digunakan, maka untuk keperluan analisis dan pengujian hipotesis, data yang berskala ordinal diubah menjadi skala interval dengan metode successive. Hasil  penelitian menunjukan bahwa  kepemimpinan Kepala Sekolah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru  di MTs Negeri Jalaksana Kuningan. Faktor-faktor yang diidentifikasi dalam kepemimpinan Kepala Sekolah yakni kekuasaan, kewibawaan dan kemampuan berpengaruh baik terhadap kinerja guru di MTs Negeri Jalaksana Kuningan. Dari  hasil pengujian hipotesis terungkap bahwa kinerja guru dipengaruhi secara simultan oleh variable kepemimpinan Kepala Sekolah (kekuasaan, kewibawaan dan kemampuan) berpengaruh secara signifikan. Kemudian pengujian secara parsial (individu) nampak bahwa ketiga variable kepemimpinan menunjukan hasil yang signifikan, hal ini berarti bahwa kepemimpinan dengan dimensi kekuasaan, kewibawaan dan kemampuan secara parsial (individu) mempunyai pengaruh positif terhadap kinerja guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Davis, Keith dan W. Newstrom Jhon. 2000, “Human Behavior at Work, Organization Behavior, Singapore: Mc Crew-Hill Book Co.

Handoko, Hani. 2000, Manajemen dan Sumber Daya Manusia, Yogyakarta : BPFE.

Rusidi. 2006. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Diktat Perkuliahan. Bandung: PPS UNPAD.

Siagian. 2002, “Teror dan Praktek Kepemimpinan”, Jakarta. PT. Rineka Cipta.

Thoha, Mifiah. 2001, ” Perilaku Organisasi”, Jakarta, Raja Grafinda.

Published
2020-04-06
How to Cite
nulhakim, lukman. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Mts Negeri Jalaksana Kuningan. JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 6(1). https://doi.org/10.30996/jpap.v6i1.3094
Section
Articles