Efektivitas Kinerja Pelayanan Berbasis Sistem E-Health Di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) DR. Soewandhi Surabaya

  • Wilya - Sulistiarini UPN Veteran Jawa Timur University
  • Inka Mustika Sari UPN Veteran Jawa Timur
Keywords: Keywords, Efektivitas, Pelayanan Kesehatan, E-Health, RSUD Dr. Soewandhi.

Abstract

Di era globalisasi saat ini teknologi berkembang sangat cepat, dalam bidang kesehatan sendiri kemajuan teknologi informasi sudah sangat menunjang pelayanan kesehatan yang ada di puskesmas maupun rumah sakit. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas kinerja pelayanan berbasis E-Health Di RSUD Dr. Soewandhi Surabaya. Metode penelitian adalah cara yang digunakan untuk memperoleh data fakta dari proses penelitian. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian jenis deskriptif kualitatif dengan pendekatan literatur riview. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang mana berasal dari laporan-laporan, dokumen, buku, teks yang dapat disimpulkan untuk membuat literature riview sesuai dengan teori-teori. E-Health atau Electronic Health adalah penggunaan berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk memproses berbagai jenis informasi mengenai kedokteran dalam melaksanakan pelayanan klinis (diagnose atau terapi), administrasi. Kinerja pelayanan berbasis sistem E-Health di RSUD Dr. Soewandhi Surabaya ini sudah cukup efektif. Hal tersebut dapat dilihat pada indikator Integrasi, Motivasi Anggota, Produksi, dan Adaptasi.
Keywords: Efektivitas,Pelayanan Kesehatan,E-Health,RSUD Dr. Soewandhi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Wilya - Sulistiarini, UPN Veteran Jawa Timur University

1. Wilya Sulistiarini, UPN Veteran Jawa Timur, Jurusan Ilmu Administrasi Publik,  FISIP,  umur 21 tahun, Surabaya 

2. Inka Mustika Sari, UPN veteran Jawa Timur, Jurusan Ilmu Administrasi Publik, FISIP, umur 23 tahun, Surabaya

Inka Mustika Sari, UPN Veteran Jawa Timur

1. Wilya Sulistiarini, UPN Veteran Jawa Timur, Jurusan Ilmu Administrasi Publik,  FISIP,  umur 21 tahun, Surabaya 

2. Inka Mustika Sari, UPN veteran Jawa Timur, Jurusan Ilmu Administrasi Publik, FISIP, umur 23 tahun, Surabaya

References

Ammah, N. M. (2016). Penerapan Layanan Electronic Health (E-Health) di Puskesmas Peneleh Kecamatan Genteng Surabaya. Publika.

Avinda. (2017). Efektivitas E-Health Di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. M. Soewandhie Surabaya. Jurnal Administrasi Publik.

Azwar. (1994). Manajemen Kualitas Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Dewi Rosadi, S. (2016). Implikasi Penerapan Program E-Health dihubungkan dengan Perlindungan Data Pribadi. Arena Hukum, 403-420.

Erlin, D. (2019). Analisa Faktor-Faktor yang mempengaruhi Keputusan Pemilihan Pelayanan pada Pasien One Day Care di Rumah Sakit Panti Waluya Malang. Nursing News.

Gandawati. (2011). Analisis Proses Adopsi Electronic Payment Sistem Dengan Menggunakan UTAUT Model. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia.

Hartono, D. (2010). Elektronic Government Pemberdayaan Pemerintahan dan Potensi Desa Berbasis Web. Jurnal Teknologi Informasi.

Hasibuan, Z. (2005). Standarisasi Aplikasi E-Government untuk Instansi Pemerintah. Prosiding Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia.

Heru Sumantri, I. (2015). Kinerja Pegawai Puskesmas dalam Pelayanan Kesehatan Masyarakat di Puskesmas Rawat Inap Kelurahan Makroman Kecamatan Sambutan Kota Samarinda . Ilmu Pemerintahan, 201-211.

Indrawijaya, A. I. (2010). Teori Perilaku Dan Budaya Organisasi. Bandung: Refika.

Jati, N. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Pemanfaatan Dan Penggunaan Sistem E-Health. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia.

Nugraha, J. T. (2018). E-Government Dan Pelayanan Publik (Studi Tentang Elemen Sukses Pengembangan E-Government Di Pemerintah Kabupaten Sleman). Komunikasi Dan Kajian Media.

Nurus, S. (2017). Analisi Penggunaan Sistem Pendaftaran Online berdasarkan UTAUT. Administrasi Kesehatan Indonesia.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook Edition 3. USA: Sage Publications.

Pohan. (2007). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan Dasar-Dasar Dan Penerapan. Jakarta: EGC.

Raditio. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas. Ilmu Manajemen.

Robbins, S. P. (2011). Organizational Behavior. Boston: Pearson.

Saidah, Y. (2018). Pelaksanaan EHealth pada Pukesmas di Kota Surabaya dilihat dari Perspektif New Public Services. Kebijakan dan Manajemen Publik.

Sudarmadji, W. (2018). E-Health (Electronic Health) Solution Puskesmas untuk Menentukan Status kesehatan Ibu dan Anak. Ilmiah Flash, 24-36.

Supranto. (2001). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suwarno, W. (2015). Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan. Yokyakarta: Ar-Ruz Media.

Widodo, A. (2016). Inovasi E-Health Dinas Kesehatan Kota Surabaya. Ilmu Komunikasi.

Yani, A. (2018). Pemanfaatan Teknologi Dalam Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Kesehatan Masyarakat.

Yudho, K. (2015). Analisis Perbedaan Layanan Kesehatan pada Pasien BPJS dan Pasien Umum. Dinamika Administrasi Bisnis.

Published
2020-04-06
How to Cite
Sulistiarini, W., & Sari, I. (2020). Efektivitas Kinerja Pelayanan Berbasis Sistem E-Health Di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) DR. Soewandhi Surabaya. JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 6(1). https://doi.org/10.30996/jpap.v6i1.3444
Section
Articles