Efektivitas Kinerja Pelayanan Berbasis Sistem E-Health Di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) DR. Soewandhi Surabaya
Abstract
Di era globalisasi saat ini teknologi berkembang sangat cepat, dalam bidang kesehatan sendiri kemajuan teknologi informasi sudah sangat menunjang pelayanan kesehatan yang ada di puskesmas maupun rumah sakit. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas kinerja pelayanan berbasis E-Health Di RSUD Dr. Soewandhi Surabaya. Metode penelitian adalah cara yang digunakan untuk memperoleh data fakta dari proses penelitian. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian jenis deskriptif kualitatif dengan pendekatan literatur riview. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang mana berasal dari laporan-laporan, dokumen, buku, teks yang dapat disimpulkan untuk membuat literature riview sesuai dengan teori-teori. E-Health atau Electronic Health adalah penggunaan berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk memproses berbagai jenis informasi mengenai kedokteran dalam melaksanakan pelayanan klinis (diagnose atau terapi), administrasi. Kinerja pelayanan berbasis sistem E-Health di RSUD Dr. Soewandhi Surabaya ini sudah cukup efektif. Hal tersebut dapat dilihat pada indikator Integrasi, Motivasi Anggota, Produksi, dan Adaptasi.
Keywords: Efektivitas,Pelayanan Kesehatan,E-Health,RSUD Dr. Soewandhi.
Downloads
References
Ammah, N. M. (2016). Penerapan Layanan Electronic Health (E-Health) di Puskesmas Peneleh Kecamatan Genteng Surabaya. Publika.
Avinda. (2017). Efektivitas E-Health Di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. M. Soewandhie Surabaya. Jurnal Administrasi Publik.
Azwar. (1994). Manajemen Kualitas Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Dewi Rosadi, S. (2016). Implikasi Penerapan Program E-Health dihubungkan dengan Perlindungan Data Pribadi. Arena Hukum, 403-420.
Erlin, D. (2019). Analisa Faktor-Faktor yang mempengaruhi Keputusan Pemilihan Pelayanan pada Pasien One Day Care di Rumah Sakit Panti Waluya Malang. Nursing News.
Gandawati. (2011). Analisis Proses Adopsi Electronic Payment Sistem Dengan Menggunakan UTAUT Model. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia.
Hartono, D. (2010). Elektronic Government Pemberdayaan Pemerintahan dan Potensi Desa Berbasis Web. Jurnal Teknologi Informasi.
Hasibuan, Z. (2005). Standarisasi Aplikasi E-Government untuk Instansi Pemerintah. Prosiding Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia.
Heru Sumantri, I. (2015). Kinerja Pegawai Puskesmas dalam Pelayanan Kesehatan Masyarakat di Puskesmas Rawat Inap Kelurahan Makroman Kecamatan Sambutan Kota Samarinda . Ilmu Pemerintahan, 201-211.
Indrawijaya, A. I. (2010). Teori Perilaku Dan Budaya Organisasi. Bandung: Refika.
Jati, N. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Pemanfaatan Dan Penggunaan Sistem E-Health. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia.
Nugraha, J. T. (2018). E-Government Dan Pelayanan Publik (Studi Tentang Elemen Sukses Pengembangan E-Government Di Pemerintah Kabupaten Sleman). Komunikasi Dan Kajian Media.
Nurus, S. (2017). Analisi Penggunaan Sistem Pendaftaran Online berdasarkan UTAUT. Administrasi Kesehatan Indonesia.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook Edition 3. USA: Sage Publications.
Pohan. (2007). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan Dasar-Dasar Dan Penerapan. Jakarta: EGC.
Raditio. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas. Ilmu Manajemen.
Robbins, S. P. (2011). Organizational Behavior. Boston: Pearson.
Saidah, Y. (2018). Pelaksanaan EHealth pada Pukesmas di Kota Surabaya dilihat dari Perspektif New Public Services. Kebijakan dan Manajemen Publik.
Sudarmadji, W. (2018). E-Health (Electronic Health) Solution Puskesmas untuk Menentukan Status kesehatan Ibu dan Anak. Ilmiah Flash, 24-36.
Supranto. (2001). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Suwarno, W. (2015). Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan. Yokyakarta: Ar-Ruz Media.
Widodo, A. (2016). Inovasi E-Health Dinas Kesehatan Kota Surabaya. Ilmu Komunikasi.
Yani, A. (2018). Pemanfaatan Teknologi Dalam Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Kesehatan Masyarakat.
Yudho, K. (2015). Analisis Perbedaan Layanan Kesehatan pada Pasien BPJS dan Pasien Umum. Dinamika Administrasi Bisnis.
Authors whose manuscript is published will approve the following provisions:
The right to publication of all journal material published on the JPAPÂ website is held by the editorial board with the author's knowledge (moral rights remain the property of the author).
The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA) license, which means Jurnal Persona reserves the right to store, modify the format, administer in database, maintain and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
Printed and electronic published manuscripts are open access for educational, research and library purposes. In addition to these objectives, the editorial board shall not be liable for violations of copyright law.