FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN KEMACETAN LALU LINTAS DI JALAN UTAMA KOTA SURABAYA (Studi Kasus Di Jalan Ahmad Yani Dan Raya Darmo Surabaya)
Abstract
Kemacetan lalu lintas menjadi masalah besar yang dihadapi bangsa Indonesia. Padatnya transportasi di jalan raya menyebabkan terjadinya kemacetan. Penelitian ini dilakukan untuk melihat faktor-faktor yang menyebabkan kemacetan lalu lintas di jalan utama kota Surabaya (studi kasus di jalan A.Yani dan Raya Darmo). Pengambilan data dilakukan secara primer dengan melakukan wawancara sebanyak 10 pertanyaan pada 30 sampel dan data sekunder didapat dari Dinas Perhubungan Surabaya. Selanjutnya data dianalisis. Dari hasil wawancara didapat jumlah pria adalah 16 orang (53,34%) sementara wanita 14 orang (46,66%). Data responden menurut usia adalah 17-25 tahun sebanyak 16 orang (53,34%), 26-40 sebanyak 11 orang (36,66%), > 40 tahun sebanyak 3 orang (10%). Data menurut pekerjaan 2 orang (6,66%) berlatar belakang pekerjaan sebagai PNS/TNI/POLRI, 9 orang (30%) sebagai Pegawai Swasta, 7 orang (23,33%) sebagai Wiraswasta, 8 orang (26,66%) sebagai Pelajar/mahasiswa dan 4 orang (13,33%) lainnya (tukang ojek, tukang parkir, tukang bersih jalan). Data sekunder dari Dishub Surabaya meliputi hasil analisa kecepatan ruas jalan dua arah dengan menggunakan metode Moving Car Observation tahun 2014, kecepatan rata-rata kendaraan di kota Surabaya tahun 2010-2014, dan volume kendaraan di jalan A.Yani dan Raya Darmo Surabaya. Kemacetan di kota Surabaya disebabkan oleh semakin banyaknya atau bertambahnya volume kendaraan di setiap tahunnya yang sudah tidak seimbang dengan kapasitas jalan, kesadaran masyarakat untuk menggunakan transportasi umum juga masih kurang, hal ini disebabkan karena transportasi umum di kota Surabaya belum sepenuhnya memenuhi standar dan masih banyak yang tidak layak digunakan sehingga masyarakat lebih memilih menggunakan transportasi pribadi, banyak masyarakat yang tidak tertib berlalu lintas, banyaknya PKL yang memakan badan jalan dan juga kemacetan disebabkan karena kurangnya pengaturan dari polantas pada titik kemacetan pada saat jam macet.
Kata kunci : kemacetan, jalan A. Yani, jalan Raya Darmo
Downloads
References
Boediningsih, W., 2011, Dampak Kepadatan Lalu Lintas terhadap Polusi Udara Kota Surabaya, Jurnal Fakultas Hukum, vol. 20, no. 20, Surabaya.
BLH Kota Surabaya, 2008, Status Lingkungan Hidup Kota Surabaya, Surabaya.
Sinulingga, B.D., 1999, Pembangunan Kota-Tinjauan Regional dan Lokal, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta.
Sumadi, 2006, Kemacetan Lalu Lintas pada Ruas Jalan Veteran Kota Brebes, Tesis, Magister Teknik Pembangunan Wilayah dan Kota Universitas Diponegoro, Semarang.
Tahir, A., 2005, Angkutan Massal Sebagai Alternatif Mengatasi Persoalan Kemacetan Lalu Lintas Kota Surabaya, Jurnal SMARTek, vol. 3, no. 3, Surabaya.
Authors whose manuscript is published will approve the following provisions:
The right to publication of all journal material published on the JPAPÂ website is held by the editorial board with the author's knowledge (moral rights remain the property of the author).
The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA) license, which means Jurnal Persona reserves the right to store, modify the format, administer in database, maintain and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
Printed and electronic published manuscripts are open access for educational, research and library purposes. In addition to these objectives, the editorial board shall not be liable for violations of copyright law.