KUALITAS PELAYAANAN PENERBITAN DOKUMEN SURAT KETERANGAN TINGGAL SEMENTARA (SKTS) DI KECAMATAN RUNGKUT KOTA SURABAYA TAHUN 2014

  • Fika Agustina
  • Achluddin Ibnu Rochim

Abstract

Judul penelitian ini adalah Kualitas Pelayanan Penerbitan Dokumen Surat Keterangan Tinggal Sementara (SKTS) Di Kecamatan Rungkut Kota Surabaya. Fokus penelitian ini berangkat dari banyaknya penduduk pendatang dari luar Kota Surabaya khususnya mahasiswa yang belum memiliki SKTS, dikarenakan rumit dan kurangnya kualitas dalam pelayanan pembuatan SKTS. SKTS ini berguna untuk mengetahui seberapa banyak jumlah penduduk musiman yang datang disurabaya. Penelitian ini dilakuakan dalam rangka memenuhi persyaratan penyelesaian program sarjana pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik universitas 17 Agustus 1945. Tujuan penelitian ini adalah ingin mendiskripsikan Kualitas Pelayanan Penerbitan Dokumen SKTS di Kecamatan Rungkut Kota Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dilaksanakan melalui wawancara dengan para informan dan serta didukung dengan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelayanan penerbitan dokumen SKTS dikecamatan rungkut mengenai kualitas pelayanan bahwa kebijakan tersebut cukup berkualitas dalam pelaksanaanya karena sesuai dengan keputusan Menpan Nomor 63 Tahun 2003  yang menggunakan 10 indikator pedoman penilaian yang terdiri dari kesederhanaan, kejelasan, kepastian waktu, akurasi, keamanan, tanggungjawab, kelengkapan sarana dan prasarana, kemudahan akses, kedisiplinan,dan kenyamanan dapat ditarik kesimpulan bahwa indikator tersebut sudah berjalan dengan baik, pelayanannya tidak menyulitkan dan berbelit-belit serta tidak di pungut biaya retribusi dalam pengurusan pembuatan SKTS. Namun penulis menyarankan sebaiknya dalam pelaksanan ini pemerintah Kecamatan Rungkut harus lebih peduli terhadap masyarakat untuk mensosialisasikan sarana dan prasaranan baru yang ada di pelayanan kecamatan melalui Ketua RT yang ada di Kecamatan Rungkut. Sedangkan disisi lain Kota Surabaya mewajibkan warga pendatang untuk memiliki SKTS demi keamanan dan kenyamanan Kota Surabaya.

Kata Kunci : Kualitas, Surat Keterangan Tinggal Sementara (SKTS), Pelayanan, Kecamatan Rungkut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budi, W. (2002). Teori dan Proses Kebijakan publik . jogjakarta : Media pressindo.

Hadeli. (2005). Pelaksanaan Pelayanan Publik Bidang Pemerintahan Di Kecamatan Pada Pemerintahan Kota Medan. Medan.

Surjadi. (2009). Pengembangan Kinerja Pelayanan Publik. Bandung: Refika Aditama.

Dokumen Gambaran Umum Kecamatan Rungkut di Kota Surabaya. Tahun 2014

Dokumen Standart Pelayanan Publik Kantor Kecamatan Rungkut Kota Surabaya. Tahun 2014

http://www.scribd.com/doc/11319551/pengertian-pelayanan-publik. Diakses pada Senin, 19 Januari 2015 Pukul 14.21.

http://www.dispendukcapil.surabaya.go.id Diakses pada Senin, 19 Januari 2015 Pukul 11.00

Siprianus Ricardus Da Loy, Kualitas Pelayanan Trasportasi Sektor Publik, “Jurnal Ilmu Administrasi Negara, Universitas 17 Agustus Surabaya, (2014)

Aria Sunjoko, Akintabilitas Pengelolaan Dana Desa di Kecamatan Trowulan, “Jurnal Ilmu Administrasi Negara, Universitas 17 Agustus Surabaya, (2014)

Trisye Ermina, Efektivitas Pelayanan e-KTP, “Jurnal Ilmu Administrasi Negara, Universitas 17 Agustus Surabaya, (2014)

http://eprints.upnjatim.ac.id/6215/1/file1.pdf. Diakses pada Kamis 29 Januari 2015 Pukul 09.40

http://jurnalnasional.ciki.me/index.php/ian/article/viewFile/195/182. diakses pada Kamis 29 Januari 2015 Pukul 09.46

Published
2015-05-21
How to Cite
Agustina, F., & Rochim, A. (2015). KUALITAS PELAYAANAN PENERBITAN DOKUMEN SURAT KETERANGAN TINGGAL SEMENTARA (SKTS) DI KECAMATAN RUNGKUT KOTA SURABAYA TAHUN 2014. JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 1(01). https://doi.org/10.30996/jpap.v1i01.396
Section
Articles