EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK DI DISTRIK SORONG KABUPATEN, KABUPATEN SORONG, PROVINSI PAPUA BARAT

  • Natal Merry Tekege
  • Indah Murti

Abstract

Distrik menjadi salah satu ujung tombak pemberi pelayanan pemerintah. Distrik merupakan perangkat daerah sesuai dengan UU No. 32 Tahun 2004. Distrik berperan penting dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, tanpa tercampur oleh unsur-unsur politik yang berkembang dimasyarakat.Tujuan penelitian ini adalalah untuk mengetahui Pelayanan publik di Kantor Distrik Sorong, Kabupaten Sorong. Penelitian ini merupakan penelitian kulitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan sumbernya adalah sumber data primer. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum dapat dikatakan bahwa pelayanan publik yang ada di Kantor Distrik Sorong Kabupaten sudah cukup baik, dengan nilai mean sebesar 3,772. Berdasarkan analisis menggunakan nilai mean, dapat dibuat dua kategori indikator, yaitu indikator atas dan indikator bawah. Indikator atas adalah indikator dengan nilai mean di atas nilai mean pelayanan publik, sementara indikator bawah adalah indikator dengan nilai mean di bawah nilai mean pelayanan publik. Indikator atas terdiri dari 6 indikator dan indikator bawah terdiri dari 7 indikator. Indikator bawah ini adalah indikator yang perlu untuk mendapatkan perhatian dari pihak Kantor Distrik Sorong Kabupaten agar nilainya bisa terus ditingkatkan. Saran yang dapat diberikan adalah memberikan penjelasan kepada masyarakat yang datang tentang prosedur pelayanan dengan menyiapkan seorang petugas khusus, memperjelas unit kerja yang memberikan pelayanan dengan cara memberikan arahan kepada setiap masyarakat yang datang unit kerja mana yang harus dituju, menerapkan aturan mengenai biaya pelayanan dan tata cara pembayaran sesuai dengan aturan yang berlaku, meningkatkan kepastian waktu penyelesaian, meminimalkan kesalahan dalam pelayanan, meningkatkan keamanan data, dan menambah peralatan.

Kata Kunci: Pelayanan publik, distrik, kantor

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alamsyah. (2011). Karakteristik Universal Pelayanan Publik: Sebuah Tinjauan Teoritik. Jurnal Borneo Administrator Vol. 7 No. 3 Tahun 2011

Istijanto. (2009). Aplikasi Praktis Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Kadir, A. (2005). Strategi Kebijakan dan Perencanaan Pembangunan Daerah Menuju Otonomi Daerah. Jurnal Perencanaan dan Pengembangan Wilayah Wahana Hijau, Vol.1 No.2 Desember 2005

Kuncoro, M. (2009). Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi Bagaimana Meneliti dan Menulis Tesis. Jakarta: Erlangga.

Kurniawan, Agung. (2005). Transformasi Pelayanan Publik Pembaharuan, Yogyakarta.

Kushandajani. (2005). Standar Pelayanan Minimal (SPM) Dan Peningkatan Pelayanan Publik Di Era Otonomi Daerah (Minimum Service Standard and Public Service Increase in Local Autonomy Era). Jurnal Universitas Diponegoro. Diakses dari http://eprints.undip.ac.id/909/1/Artikel_Kushandayani.pdf

Lembaran Negara Republik Indonesia, Keputusan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Lembaran Negara Republik Indonesia, Undang-Undang No. 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah.

Lembaran Negara Republik Indonesia, Undang-Undang No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah

Lembaran Negara Republik Indonesia, Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

Mardiasmoro. (2002). Otonomi Daerah Sebagai Upaya Memperkokoh Basis Perekonomian Daerah. E Journal Universitas Narotama, Diakses dari http://ejournal.narotama.ac.id/files/Jurnal%20Otonomi%20Daerah_Mardias mo.pdf.

Moleong, L.J. (2012). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Munir. (2001). Manajemen Pelayanan Umum. Jakarta, Bumi Aksara.

Pasolong, Harbani. (2007). Teori Administrasi Publik. CV Alfabeta, Bandung.

Sinambela, L.P. (2006). Reformasi Pelayanan Publik Teori Kebijakan dan

Implementasi. PT Bumi Aksara. Jakarta

Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Surtikanti. (2007). Permasalahan Otonomi Daerah Ditinjau Dari Aspek Perimbangan Keuangan Pemerintah Pusat Dan Daerah. Majalah Ilmiah Unikom Vol.11 No. 1

Tangkilisan, H.N.S. (2003). Kebijakan Publik yang Membumi, Konsep, Strategi Dan Kasus, Yogyakarta : Lukman Offset dan YPAPI

Published
2015-05-21
How to Cite
Tekege, N., & Murti, I. (2015). EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK DI DISTRIK SORONG KABUPATEN, KABUPATEN SORONG, PROVINSI PAPUA BARAT. JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 1(01). https://doi.org/10.30996/jpap.v1i01.399
Section
Articles