PENGARUH MOTIVASI DAN KEMAMPUAN APARAT TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DI DINAS PENDAPATAN DAN PESEDAHAN AGUNG DI KABUPATEN TABANAN, PROPINSI BALI

  • I Made Sutaya dosen Universitas Ngurah Rai, Denpasar Bali

Abstract

Credible administration will depend on the extent to which the government's ability to
provide quality public services to the community. Public service is not just a matter of
political policy, and provision of facilities - public facilities, but concerns the services -
services provided to the public. With such conditions, we can see how important the
position and role of government bureaucracy or the state apparatus in implementing
national development, among other public services. This study sought to look at the
ability of the government bureaucracy as a public organization in providing services to
the public. This study attempts to reveal how big a factor - micro organizational factors
is motivation and capability of personnel, especially human resources of the service
quality and Building Tax. Dgunakan method is a quantitative method. Results of the
analysis and findings of the research is that the motivation variable pelyanan have an
influence on the quality of land and building tax that must be implemented. Compared
with the motivation variable, the variable capability has significant influence where the
level of near-perfect correlation shows that the composition of the employee who is on
the Department of Revenue and the Supreme Pesedahan Tabanan Regency sufficient.
Keywords: Motivation and Ability, Quality of Service, Tabanan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Dwiyanto, ddk. (2002 ), Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia, Yogyakarta,

Galang printika.

Al Rasyid,H.,T.Kismantoroadji ( penyunting ) ( 1994 ). Statistik Sosial, Bandung:

Program Pasca Sarjana UNPAD.

Arikunto, Suharsini. 1993. Prosedur Penelitian, Jakarta : Bineka Cipta.

Arep, I., Hendri T., ( 2003 ), Manajemen Motivasi, Jakrta : PT. Gramedia

(Pembangunan).

Bintoro Tjokroamidjojo,Prof, Good Governance (Paradigma Baru Manajemen

Pembangunan).

Bjorn Hettne, (2001), Teori Pembangunan dan Tiga Dunia, Jakarta, PT Gramedia

Pustaka Utama.

B. Boediono, (2003 ), Pelayanan Prima Perpajakan , Jakarta, Rineka Cipta.

Bryant, Coralie dan Louis G. White ( 1987 ) Manajemen Pembangunan UntukNegara

Berkembang, Alih bahasa, SURYATI, Jakarta LP3ES.

Direktorat Jenderal Pemerintah Umum dan Otonomi Daerah Departemen Dalam Negeri

Republik Indonesia, (1997 )Manual Pendapatan Daerah.

Departemen Keuangan, Departemen Dalam Negeri Government Partnership, (2001)

Peraturan Perpajakan Daerah dan Retribusi Daerah.

Deddy Supriadi Bratakusumah, (2001), Otonomi Daerah

PenyelenggaraanPemerintahan Daerah, Jakarta, Pt Gramedia Pustaka Utama.

Effendi, Sofian (1986), Pelayanan Publik, Pemerataan dan Administrasi NegaraBaru,

dalam Prisma Nomor 12, Desember Jakarta LP3 ES.

Fandy Tjiptono Prinsip – prinsip Total Quality Service, Andy Yogyakarta, Tahun 2002.

Sujamto , (1994), Aspek –aspek Pengawasan di Indonesia, Jakarta, Sinas Grafika.

Jiwa Atmaja, (2002) Ed. Otonomi Daerah Bali Kendala dan Harapan, Denpasar,

Ikayana.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 81 Tahun 1993 tanggal 25

Nopember 1993 tentang Pedoman Tatalaksana Pelayanan Umum.

LPEM-FEUI, (2001) Pungutan Daerah dan Alternatif Penerimaan di Era Otonomi

(Tinjauan Kebijakan).

LPEM-FEUI, Desentralisasi Fiskal dan Pembangunan Daerah (News Letter)

Moenir (1992), Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Jakarta, Bumi Aksara.

Moeljarto T; Proft.DR.MPA (1987) Politik Pembangunan sebuah AnalisisKonsep, Arah

dan Strategi,. Yogyakarta,pt. Tiara Wacana Yogya.

Molejarto Tjokrowinoto, (2001), Pembangunan Dilema dan Tantangan, Yogyakarta,

Pustaka Pelajar Offset.

Machfud Sidik, Dr.Msc. Desentralisasi Fiskal L Studi Kasus Dana Alokasi Umum,

Dana Alokasi Khusus dan Dana Penyeimbang.

Muhammadi, Erman Aminullah, Budhi Soesilo, Analisis Sistem Dinamis Lingkungan

Hidup, Sosial, Ekonomi, Manajemen.

Noeng Muhajir, Prof, Dr H, (2003) Metodelogi Penelitian Kebijakan dan Evaluation

Research.

Persadi, (1995) Pembaharuan Administrasi dalam Menghadapi Era Globalisasi, dalam

himpunan makalah, Jakarta.

Peter Senge, Disiplin Kelima Strategi dan Alat – alat Untuk Membangun Organisasi

Pembelajaran.

Riduwan, (2002), Skala Pengukuran Variabel – variabel Penelitian, Bandung, Alfa

Beta.

Robert Simanjuntak, Dr. Msoc,sc. Fiscal Need dan Fiscal Capacity Dalam Rangka

Optimalisasi Pendapatan Daerah.

Richard M. Bird, Desentralisasi Fiskal di Negara – Negara Berkembang.

Robert S. Kapalan, David P. Norton, (1996), Balanced Scorecard, Jakarta,

PT. Gelora Aksara Pratama.

Swandi, I Made Dr. Msoc,sc. Kebijakan Desentralisasi Masa Kini dan Pandangan

Kedepan.

Thoha, Miftah, (2002) Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya, Jakarta, PT.

Raja Grafindo Persada.

Published
2015-10-12
How to Cite
Sutaya, I. M. (2015). PENGARUH MOTIVASI DAN KEMAMPUAN APARAT TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DI DINAS PENDAPATAN DAN PESEDAHAN AGUNG DI KABUPATEN TABANAN, PROPINSI BALI. JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 1(02). https://doi.org/10.30996/jpap.v1i02.690
Section
Articles