PRINSIP-PRINSIP GOOD GOVERNANCE DALAM PENYELENGGARAAN PELAYANAN BERBASIS ONLINE E-KTP DI DAERAH

(Studi Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banyuasin)

  • Asmawati Asmawati Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Satya Negara Palembang
Keywords: Indonesian Electronic Identity Card (E-KTP), good governance, online services

Abstract

One principle of good governance relates to good governance. Good governance means the use of state power in the performance of its tasks as a whole and as an activity unit organized as a whole in the economic, political and administrative spheres. The purpose of this study is to describe the principles of good governance in the implementation of Internet Electronic Indonesian Identity Card (E-KTP) services in the Population and Vital Statistics Office of Banyuasin Regency, and to describe the factors that support and prevent compliance. with principles. good governance in implementing E-KTP online services in Banyuasin Regency. The research used in this work is qualitative descriptive research, where the informants are the parties involved in the implementation of the E-KTP service. The data collection techniques used in this study were interviews, observation and documentation. The results of this study show that the implementation of the principles of good governance in the already working e-KTP services is in line with the prepared strategy. This study focuses on: 1) participation, 2) transparency, 3) accountability, and) rule of law. Some of the supporting factors include the decision of the head of Banyuasin Regency Population and Population Registration Office, ball collection and infrastructure. Public awareness of insufficient management of E-KTP and natural factors are factors that prevent the implementation of good governance principles in the implementation of online E-KTP services.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, Saifuddin. (2013). Metode penelitian. Yogyakarta: Perpustakaan Pelajar.

Arini, N. D., & Hariyoko, Y. (2023). Optimalisasi Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kantor Kelurahan Rangkah, Kecamatan Tambaksari, Kota Surabaya. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(2), 713–718.

Batley, Richard, dan Mcloughlin Claire. (2015). Kebijakan Pelayanan Publik: Pendekatan Karakteristik Pelayanan. Pembangunan Dunia Volume 7. Halaman 275-285.

Buleca, Jan dan Mura Ladislav. (2014). Mengukur efektivitas manajemen publik menggunakan analisis pengumpulan data. Procedia Economic and Finance, Volume 15, hlm. 162-168.

Cahyadi, Arif. (2016). Implementasi manajemen yang baik dalam pelayanan publik (Menyelidiki kualitas pelayanan KTP elektronik berbasis manajemen yang baik di Kecamatan Sukolilo Surabaya. Jurnal Penelitian Administrasi Publik. Vol 2. No 2. Sivut 79-9.

Creswell, J. C. (2015). Penelitian dan desain kualitatif. riset Edisi 3. Perpustakaan Pelajar: Yogyakarta Dispendukcapil.banyuasinkab.go.id/ diakses pada tanggal 20 Januari 2019

Dijskstra, Geske. (2017). Bantuan dan Pemerintahan: Menjelajahi Efek Agregat Bantuan yang Tidak Diinginkan. Evaluasi dan Perencanaan Program, Volume 68. Halaman 225-232.

Dwiyanto, Agus. (2014). Implementasi Good Governance Melalui Pelayanan Publik Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada Press Kalangi, Reinaldi Gisberd Sasundame

Femmy Tulusan. (2016). ImplemeMartono, Nanang. (2016). Metode penelitian kuantitatif Analisis isi dan analisis data sekunder. Jakarta: Raja Countess Persada.

SASUNDAME, REINALDI GISBERD, Femmy Tulusan, dan Jhonny Kalangi. 2016. Implementasi prinsip pengelolaan yang baik pada E-KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Penduduk Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Administrasi Publik. Jilid 1, No.03.

Keputusan Menteri Negara No. 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang Petunjuk Umum Pelayanan Publik

Kalangi, Reinaldi Gisberd Sasundame Femmy Tulusan. 2016. Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance Dalam Pembuatan E-KTP Di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Administrasi Publik. Vol 1. No 043

Masrin. (2013). Kajian layanan pembuatan KTP elektronik (E-KTP) di kantor kecamatan Samarinda Ulu kota Samarinda. E-Jurnal Tata Kelola Terintegrasi, Vol.1, No.1. Diterbitkan pada 25 Maret 2017.

Narbuko, Cholid dan Achmadi, H. Abu. (2007). Metode penelitian. Jakarta: Naskah Buku.

Peraturan Pemerintah Daerah Banyuasin No. 391 Tahun 2012 tentang Penyusunan Standard Operating Procedure (SOP) Lingkungan Pemerintahan Daerah Kabupaten Banyuasin Perda No. 13 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Manajemen Kependudukan.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Penyelenggara Pelayanan Publik.

Pratama, A., Sukristyanto, A., & Hariyoko, Y. (2022). Pelayanan Publik Melalui E-Klampid dalam Mewujudkan Administrasi Kependudukan Berbasis Good Governace di Kota Surabaya. Journal of Contemporary Public Administration (JCPA), 2(2), 50–56. https://doi.org/10.22225/jcpa.2.2.5884.50-56

Oktavianus, Lolita. (2018). Strategi Peningkatan Pendaftaran E-KTP melalui Dinas Kependudukan dan Statistik Vital Kota Surabaya. Publica.Vol 6, Edisi 2.

Oktavya, Ayu Aditya. (2015). Implementasi E-Governance (E-Governance) dalam penyediaan pelayanan di pelayanan pajak primer di Kota Bontang. Jurnal Penelitian Pemerintah. Vol 3. Nomor 3. (Revisi 15 Oktober 2015

Sari, Kusuma Dewi Arum dan Winarno, Wahyu Agus. (2012). Ekonomi Akuntansi dan Manajerial, Vol. 11. No.1.

Sedarmayanti. (2012). Tata kelola yang baik: Tata kelola yang baik. Bandung: Mandar Maju.

Undang-Undang Pelayanan Publik No. 25 Tahun 2009 dan Peraturan Menteri Negara No. 03/Kep./M.PAN/7/2003, Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Undang-Undang Pemerintahan Daerah No. 23 Tahun 2014 dan UU No. 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Daerah Kota dan Negara.

Published
2023-03-13
How to Cite
Asmawati, A. (2023). PRINSIP-PRINSIP GOOD GOVERNANCE DALAM PENYELENGGARAAN PELAYANAN BERBASIS ONLINE E-KTP DI DAERAH. JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 8(2), 339-358. https://doi.org/10.30996/jpap.v8i2.8049