Pengabdian Kepada Masyarakat Bagi Kelompok Tani Elok Mekar Sari Surabaya

  • Candraningrat Candraningrat Fakultas Ekonomi dan Bisnis, InstitutBisnis dan Informatika Stikom Surabaya
  • Yosef Richo Adrianto Fakultas Informatika, InstitutBisnis dan Informatika Stikom Surabaya
  • Januar Wibowo Fakultas Ekonomi dan Bisnis, InstitutBisnis dan Informatika Stikom Surabaya

Abstract

UMKM perlu merancang kemasan produk yang dapat mencitrakan produk dengan kualitas yang tinggi. Apabila memandang aspek kemasan ini maka dapat dikatakan bahwa agar dapat menonjol dalam persaingan pasar yang ketat, maka kemasan produk dapat menciptakan identitas tersendiri atas produk yang ditawarkan. Persaingan dalam memperebutkan sekaligus memperluas pangsa pasar dewasa ini menjadi semakin rumit dimana perkembangan teknologi membuat paritasme produk semakin meningkat. Keunggulan-keunggulan dan nilai tambah produk menjadi semakin mirip antara penawaran yang diberikan suatu perusahaan dengan penawaran pesaing. Tujuan dari program ini adalah memberikan teknologi berupa desain kemasan yang komperhensif dan menambah kemampuan UMKM untuk meningkatkan pemasaran. Metode yang digunakan dalam program ini adalah pelatihan tentang strategi pemasaran dan pembuatan disain kemasan yang koperhensif, setelah itu membuat desain kemasan yang menarik dan memberikan nilai tambah dengan pendampingan langsung oleh tim sihingga mitra dapat benar-benar dapat menghasilkan output lima produk yang akan berganti kemasan dan label kemasan, setelah itu tim membuat atribut pemasaran yang berupa x baner, lalu di serahkan desain, stiker dan atribut pemasaran alat ke mitra. Hasil dari kegiatan ini adalah tersedianya sembilan desain untuk lima produk yang berberda yaitu Jangkrik Crispy, Minuman Lidah Buaya, Donat Kentang, Tahu Bakso dan Sate Jamur. Selain desain kemasan pada program ini juga memberikan atribut pemasaran yang dapat di gunakan pada pameran yang biasanya di ikuti oleh Kelompok Tani Elok Mekarsari Surabaya guna untuk meningkatkan penjualan dari produk-produk yang di kelola oleh Kelompok Tani Elok Mekarsari agar memiliki kelangsungan usaha yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Statistik (BPS), 2010, Ukuran Daya Saing Koperasi dan UMKM.

Badan Pusat Statistik (BPS), 2013, Jumlah UMKM di Indonesia.

Badan Pusat Statistik (BPS), 2006, Sensus Ekonomi.

Kementrian Koprasi dan UMKM, 2010.

Shigley J E. et al. (2003). Mechanical Engeneering Design : McGraw Hill

Published
2018-01-28
Section
Articles