Iptek Bbgi Masyarakat Usaha Meningkatkan Pembelajaran Matematika yang Inovatif dan Menyenangkan Berbantuan Media Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar
Abstract
Sekolah sebagai wadah pencetak generasi bangsa selalu menerapkan berbagai metode dan pengembangan media pembelajaran guna menjawab tuntutan jaman untuk menghasilkan SDM yang berkualitas tinggi, pembelajaran matematika di sekolah dasar selama ini masih menggunakan metode konvensional seperti di SD Islam Maryam Surabaya sebagai mitra 1 dan SD Ahmad Yani Surabaya sebagai mitra 2.  Metode konvensional kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk menggunakan caranya sendiri dalam memecahkan suatu masalah selain itu siswa hanya bekerja secara prosedural dan memahami matematika tanpa penalaran. Di samping itu masih diperlukan pengembangan media yang merupakan salah satu alat bantu proses belajar mengajar dengan harapan siswa lebih mudah memahami dan senang dalam belajar.
Dengan adanya permasalahan yang muncul tersebut, perlu adanya pelatihan penggunaan metode pembelajaran matematika yang inovatif dan menyenangkan, dan pengembangan media pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan metode mathmagic dan media dakonmatika untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode mathmagic adalah metode yang memiliki model perhitungan perkalian dalam matematika yang berbeda dari metode konvensional yang biasa diterapkan disekolah-sekolah pada umumnya. Metode mathmagic dapat dikatakan merupakan metode yang cepat dalam perhitungan matematika, karena jika siswa menggunakan daya nalar, siswa dapat mengerjakan soal perkalian tanpa menggunakan buram kecuali dibutuhkan tapi tanpa kalkulator. Diharapkan dengan menggunakan metode mathmagic siswa mampu menghitung KaBaTaKu (Kali Bagi Tambah Kurang) dengan daya nalarnya, rasa percaya diri siswa bertambah, belajar menjadi mudah dan menyenangkan sehingga akan meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu media dakonmatika merupakan salah satu alat bantu untuk memahami operasi perkalian khususnya pada materi KPK dan FPB. Dakonmatika merupakan inovasi baru dalam media pembelajaran matematika yang dibuat mirip seperti permainan tradisional dakon dan memiliki aturan permainan. Media tersebut dibuat untuk digunakan dalam pembelajaran khususnya materi Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB).
Tujuan setelah pengabdian pada masyarakat dalam hal ini adalah dapat meningkatkan kemampuan dalam memilih dan menggunakan metode pembelajaran matematika yang inovatif dan menyenangkan, penggunaan media pembelajaran, dan pengembangan media pembelajaran sebagai salah satu alat bantu dalam proses belajar mengajar.
Â
Kata Kunci: Metode Pembelajaran Inovatif, Metode mathmagic, Media Dakonmatika
Â
Downloads
References
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Daryanto. 2014. Media Pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera
Degeng, I. N. S. 2011.Teori Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Program Pasca Sarjana Universitas PGRI Adi Buana.
Heruman, 2012. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Rusman, 2014. Model-Model Pembelajaran ( Mengembangkan Profesionalisme Guru ), Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sadiman,dkk.2012. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Yulia Linguistika dan Ikfan Febriyana.2012. Permainan Dakonmatika Sebagai Media Pembelajaran Matematika Topik Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) Dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) Bagi Siswa Sekolah Dasar.
COPYRIGHT NOTICE
The copyright in this website and the material on this website (including without limitation the text, computer code, artwork, photographs, images, music, audio material, video material and audio-visual material on this website) is owned by PM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat and its licensors.
Copyright license
JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat grants to you a worldwide non-exclusive royalty-free revocable license to:
- View this website and the material on this website on a computer or mobile device via a web browser;
- Copy and store this website and the material on this website in your web browser cache memory; and
- Print pages from this website for your
- All articles published by PM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat are licensed under the creative commons attribution 4.0 international license. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat does not grant you any other rights in relation to this website or the material on this website. In other words, all other rights are reserved.
For the avoidance of doubt, you must not adapt, edit, change, transform, publish, republish, distribute, redistribute, broadcast, rebroadcast or show or play in public this website or the material on this website (in any form or media) without appropriately and conspicuously citing the original work and source or JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat prior written permission.
Permissions
You may request permission to use the copyright materials on this website by writing to compliance@academicjournals.org.
Enforcement of copyright
JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat takes the protection of its copyright very seriously.
If JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat discovers that you have used its copyright materials in contravention of the license above, JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat may bring legal proceedings against you seeking monetary damages and an injunction to stop you using those materials. You could also be ordered to pay legal costs.
If you become aware of any use of ACADEMIC JOURNALS' copyright materials that contravenes or may contravene the license above, please report this by email to compliance@academicjournals.org.
Infringing material
If you become aware of any material on the website that you believe infringes your or any other person's copyright, please report this by email to jpm17@untag-sby.ac.id
target="_blank"