PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA INFORMASI UNTUK PAMONG BELAJAR DI SKB CERME KABUPATEN GRESIK

  • udik pudjianto Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat.(BPPAUD & DIKMAS Jawa Timur)
  • nia saurina Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Anang Adisusilo Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Firman Hadi Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Emmy Wahyuningtyas Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Shofiya Syidada Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Abstract

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Satuan Pendidikan Non Formal (SPNF) Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Cerme – Gresik, untuk selanjutnya ditulis SKB Cerme merupakan satuan pendidikan non formal yang berada di wilayah kabupaten Gresik serta di bawah naungan dinas pendidikan kabupaten Gresik. Satuan pendidikan ini memiliki tugas pokok menyelenggarakan program Kelompok Bermain Tunas Cendekia, Taman Kanak-Kanak  Cendekia, Paket B Setara SMP, Paket C Setara SMA, Paket C Dewasa Usia 22 Tahun ke atas, dan Kursus Menjahit.

Untuk menunjang kegiatan belajar mengajar  maka diperlukan sebuah aplikasi untuk membuat media informasi yang menarik. Videoscribe adalah software yang bisa digunakan dalam membuat desain animasi dengan sangat mudah, walaupun oleh orang yang tidak memiliki latar belakang kemampuan Komputer animasi sekalipun. Software ini dikembangkan pada tahun 2012 oleh sparkol (Salah satu perusahaan yang ada di Inggris). Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memberikan pelatihan pembuatan media informasi kepada pamong belajar menggunakan videoscribe.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

nia saurina, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Fakultas Teknik
Anang Adisusilo, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Fakultas Teknik
Firman Hadi, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Fakultas Teknik
Emmy Wahyuningtyas, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Fakultas Teknik
Shofiya Syidada, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Fakultas Teknik

References

Admaja, Ketut. (1993). Teknik Identifikasi Kebutuhan dan Sumber Belajar PLS. Surabaya : University Press IKIP Surabaya

Arif S, Sadiman, dkk. (2005). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Binanto, I. (2010). Multimedia Digital Dasar Teori dan Pengembangannnya. Yogyakarta: Andi.

Hery Nuryanto. (2002). Sejarah Perkembangan Teknologi dan Komunikasi. PT. Balai Pustaka. Jakarta.

Jack R, Fraenkel Dan Norman E, Wallen. (2009). How to Design and Evaluate Research in Education. New York. The McGraw-Hill Companies, Inc. Kartadinata,

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 023/0/1997 tanggal 20 Pebruari 1997 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja SKB

Sihombing, Umberto. (2000). Pendidikan Luar Sekolah Kini dan Masa Depan. Jakarta: PD Mahkota.

Soelaiman Joesoef, (1992), Konsep Dasar Pendidikan non formal, Penerbit: Bumi Aksara, Jakarta.

Sudjana, Djudju. (2004). Pendidikan Non Formal. Bandung: Falah Production.

_________ 2004. Manajemen Program Pendidikan : Untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production.

Sunaryo. (2009). Mewujudkan Masyarakat Pembelajar, Bandung: Widya Aksara Press

Undang-undang No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah

Undang-Undang Dasar Tahun 1945 Pasal 31 Ayat 1 Tentang Hak dan Kewajiban Warga Negara

Videoscribe. https://www.videoscribe.co/en/ diakses pada tanggal 31 Oktober 2017

Published
2018-10-01
Section
Articles