PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA ERA PENDIDIKAN 4.0 DI SMK NEGERI 1 TAMBELANGAN SAMPANG

  • Endra Rahmawati Universitas Dinamika Surabaya
  • Musayyanah Musayyanah Universitas Dinamika Surabaya
  • Yosefine Triwidyastuti Universitas Dinamika Surabaya

Abstract

Untuk mendukung program RISTEKDIKTI mengenai Solusi Pembelajaran 4.0, maka perlu adanya implementasi nyata di sekolah-sekolah. Adapun sekolah yang diajukan untuk penerapan Pembelajaran 4.0 adalah SMK Negeri 1 Tambelangan, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur. Para Guru yang mengabdi pada SMK Negeri 1 Tambelangan menginginkan adanya penggunaan e-Learning untuk menunjang proses pembelajaran di sekolah tersebut. Hal ini dikarenakan saat ini sekolah masih menggunakan model pembelajaran konvensional, guru memberikan materi yang terkesan monoton dan membosankan. Oleh karena itu, pada Program Pengabdian Masyarakat ini akan melaksanakan Pelatihan bagi Para Guru SMK Negeri 1 Tambelangan mengenai penggunaan e-Learning dan Penyusunan Media Interaktif sebagai Test Online dengan memanfaatkan aplikasi yang bersifat Open Source seperti Edmodo, Quizizz, dan Kahoot. Hasil dari pengabdian masyarakat ini adalah Evaluasi Penggunaan e-Learning dan Test Online menggunakan kuisioner untuk para guru dan perbandingan hasil nilai siswa. Dengan adanya Pelatihan Penyusunan Media Interaktif ini dapat meningkatkan kualitas keberdayaan dalam proses pembelajaran di kelas yang sesuai dengan Solusi Pendidikan 4.0

 

Kata kunci: Pendidikan 4.0, e-Learning, Blended-Learning, Resource Sharing, dan Media Interaktif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

The Economist Staff, “Stores are being hit by online retailing - Shop till you drop,†The Economist, 2017. [Online]. Available: https://www.economist.com/special-report/2017/10/26/stores-are-being-hit-by-online-retailing. [Accessed: 15-Mar-2019].

ILO, “Indonesia Jobs Outlook 2017: Harnessing technology for growth and job creation,†LinkedIn, 2017. [Online]. Available: https://www.ilo.org/wcmsp5/groups/public/---asia/---ro-bangkok/---ilo-jakarta/documents/publication/wcms_613628.pdf. [Accessed: 15-Mar-2019].

Sarah O’Brien, “Study Warns the Digital Talent Gap Is Widening—Here’s What You Can Do,†Https://Business.Linkedin.Com/Talent-Solutions/Blog/Trends-and-Research/2017/Study-Warns-the-Digital-Talent-Gap-Is-Widening-Here-Is-What-You-Can-Do. 2017.

F. Marmolejo, “Tertiary Education at a Crossroads Tales from Different Parts of the World Education.†.

I. Ahmad, “Proses Pembelajaran Digital dalam Era Revolusi Industri 4 . 0 Era Disrupsi Teknologi,†Kementeri. Riset, Teknol. dan Pendidik. Tinggi, pp. 1–13, 2018.

Published
2020-09-29
Section
Articles