PEMBUATAN DIGITAL MARKETING DAN MARKETING CHANNEL UNTUK UKM PJ COLLECTION

  • Candraningrat ,
  • Januar Wibowo
  • Rudi Santoso

Abstract

Pembuatan dan penerapan digital marketing dan marketing channel merupakan hal yang harus dilakukan oleh setiap pengusaha, terutama Usaha Kecil Menengah (UKM). Hal ini dikarenakan UKM memiliki peranan penting dalam pembangunan ekonomi nasional. Selain itu, juga berperan dalam pendistribusian hasil-hasil pembangunan yang sesuai dengan kepentingan rakyat dan mencapai pertumbuhan ekonomi yang maksimum. Oleh karena peran UKM yang sangat penting tersebut, membuat setiap UKM saling bersaing terutama dalam hal pemasaran produk. Hal tersebut karena pemasaran produk yang tepat tentu menghasilkan pendapatan yang tinggi, dengan demikian memberikan keuntungan yang besar. Salah satu strategi yang dapat dilakukan ialah dengan membuat dan menerapkan digital marketing dan marketing channel. Kedua hal tersebut juga harus disesuaikan dengan strategi pemasaran yang tepat. Digital marketing yang dimaksud ialah media pemasaran online dan atribut pemasaran, sedangkan marketing channel yang dimaksud ialah dengan memperluas saluran pemasaran dan penjualan produk. Mitra dalam kegiatan program kemitraan masyarakat ini adalah UKM PJ Collection. UKM PJ Collection merupakan salah satu dari 13 kelompok UKM yang berada di Daerah Kupang Gunung Timur yang bergerak di bidang produksi alas kaki sandal dan sepatu. Berdasarkan hasil pembuatan dan penerapan digital marketing dan marketing channel pada UKM PJ Collection memberikan dampak yang positif yaitu mengubah UKM PJ Collection untuk mampu menjalankan bisnis secara mandiri, memasarkan produk dengan baik melalui media pemasaran online (e-marketplace) dan atribut pemasaran dan memperluas saluran pemasaran dan penjualan produk. Ketiga hal tersebut berdampak pada tingkat pendapatan yang diperoleh UKM PJ Collection, sehingga dapat disimpulkan UKM PJ Collection berhasil melakukan pemasaran dan penjualan secara efektif dan efisien melalui digital marketing dan marketing channel yang diterapkan melalui kegiatan program kemitraan masyarakat ini.

 

Kata Kunci: Strategi Pemasaran, E-marketplace, Atribut Pemasaran, Saluran Pemasaran, UKM PJ Collection

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Candraningrat ,
Departemen Manajemen, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya
Januar Wibowo
Departemen Manajemen, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya
Rudi Santoso
Departemen Manajemen, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya

References

Candraningrat. 2017. Pengambilan Keputusan sebagai Wirausaha Muda dari Faktor Eksternal yang Memengaruhinya di Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya. Business and Finance Journal, vol. 2, no. 1.

Candraningrat, Adrianto, Yosef Richo dan Wibowo, Januar. 2018. Pengabdian Kepada Masyarakat Bagi Kelompok Tani Elok Mekar Sari Surabaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat LPPM Untag Surabaya, vol. 3, no. 1, hal. 1–6.

Candraningrat, Oktaviani dan Suhandiah, Sri, (2018). Analysis of the success factors for MSME succession in Surabaya: A principal component analysis. Journal of Economics, Business, and Accountancy Ventura, vol. 21, No. 2, pages 207 – 217.

Haryanto, Tanuwijaya, Fianto, Achmad Yanu Alif, Wibowo, Januar dan Candraningrat. 2016. IbM Bagi Kelompok Budidaya Jangkrik di Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar. Jurnal Pengabdian LPPM Untag Surabaya, vol. 2, no. 1, hal. 77 – 84.

Kementerian Koperasi dan UKM, 2017.

Mujanah, Siti, Maqsudi, Achmad dan Santoso, Rudi. 2017. Peningkatan Kualitas Produk Melalui IbM Kelompok Usaha Kecil Jamu Tradisional di Kecamatan Sampang, Jurnal Pengabdian LPPM Untag Surabaya, vol. 01, no. 02, hal 127 – 134.

Mujanah, Siti dan Arief, Sjamsul. 2018. Pendirian Taman Baca Untuk Meningkatkan Minat Baca di SDN Bringen I. Jurnal Abdikarya. vol. 01, no. 02, hal 142 – 143.

Purtomo, Tjahjo, Mujanah, Siti dan Sargiman, Gatot. 2014. IbM Kelompok Usaha Kecil Produksi Pupuk Cair Organik "MEDIA SUBUR WIJAYA" di Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar. Jurnal Pengabdian LPPM Untag Surabaya, vol. 01, no. 01, hal 19 – 26.

Rahmana. 2013. Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Berbasis Ekonomi Kreatif di Kota Semarang.

Rertaningsih, Hartini. 2014. Dampak Sosial Penutupan Dolly : Pusat Pengkajian, Pengolahan Data dan Informasi (P3DI) Sekretariat Jenderal DPR RI.

Santoso, Rudi, Candraningrat dan Binawati, Lilis. 2017. Elemen Kecerdasan Wirausaha Untuk Meningkatkan Kinerja Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Surabaya. BISMA (Bisnis dan Manajemen), vol. 1, no. 1, hal. 73-89.

Sumiati, Kartika, Yuliar dan Mujanah, Siti. 2017. IbM Kelompok Usaha Batik Di Kelurahan Sutorejo Kota Surabaya. Jurnal Pengabdian LPPM Untag, vol. 02, no. 03, hal 57 – 66.

Published
2020-01-29
Section
Articles