PELATIHAN DAN PEMBUATAN INFOGRAFIK PENGUKURAN KUALITAS TANAH DI DESA GONDOWANGI

  • Rokiy Alfanaar
  • Ruth Febriana Kesuma
  • Rollando ,

Abstract

Desa Gondowangi adalah salah satu desa yang sebagian penduduknya mengandalkan sektor pertanian. Pada umumnya, petani di Desa Gondowangi mengalami masalah bedanya hasil pertanian dari berbagai lahan yang dimiliki. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan metode pelatihan pengukuran kualitas tanah dan pembuatan infografik kualitas tanah. Kegiatan pengabdian dilaksanaan dengan cara pelatihan secara langsung di lahan milik para petani. Pelatihan pengukuran dilaksanakan secara langsung oleh petani pemilik lahan sehingga petani terbiasa menggunakan soil meter. Berdasarkan hasil pengabdian didapatkan berbagai lahan memiliki kualitas tanah yang berbeda dari segi pH dan kandungan unsur hara.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rokiy Alfanaar
Universitas Ma Chung, Villa Puncak Tidar N01 Malang
Ruth Febriana Kesuma
Universitas Ma Chung, Villa Puncak Tidar N01 Malang
Rollando ,
Universitas Ma Chung, Villa Puncak Tidar N01 Malang

References

BBPPSLP. (2008). Dampak Perubahan Iklim Terhadap Sektor Pertanian, Serta Strategi Antisipasi Dan Teknologi Adaptasi. Pengembangan Inovasi Pertanian.

Soewandita. (2008). Studi kesuburan tanah dan analisis kesesuian lahan untuk komoditas tanaman perkebunan di Kabupaten Bengkalis. Jurnal Sains Dan Teknologi Indonesia. https://doi.org/10.1080/09524622.2008.9753863

Published
2020-01-14
Section
Articles