PELATIHAN BAHASA INGGRIS SANTRI PONDOK PESANTREN BISMAR AL-MUSTAQIM SURABAYA DENGAN PENDEKATAN FUNGSIONAL

  • Syamsuri Ariwibowo Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Anicleta Yuliastuti Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Cahyaningsih Pujimahanani Universitas Dr. Soetomo Surabaya

Abstract

Program Kemitraan Masyarakat tentang Pelatihan Bahasa Inggris bagi santri Pondok Pesantren Bismar Almustqim dengan pendekatan fungsional yang  dillaksanakan bulan Mei sampai dengan bulan Agustus 2019. Pada pertemuan awal para anak didik dikenalkan gambar-gambar yang dilengkapi dengan tulisan berbahasa Inggris di bawah gambar tersebut agar para santri bisa  mengenal dan mengerti perbendaharaan kata. Mereka juga diberikan teks bacaan kemudian pelatih memberikan contoh membaca teks bahasa Inggris dengan ucapan yang benar sesuai dengan kaidah ucapan bahasa Inggris. Para peserta menyimak dan menirukan bagaimana membaca teks dengan benar. Mereka berlatih membaca teks demi teks dengan semangat. Satu per satu peserta pelatihan melakukan presentasi tentang pengalamannya secara individu serta berdialog pada kesempatan berikutnya. Peran kita sebagai trainer memberikan contoh, komentar, saran, dan pembetulan terhadap ucapan dan gramatika serta isi materi yang disampaikan. Adapun pelatihan pembelajaran percakapan Bahasa Inggris ini dilaksanakan dengan tujuan agar mereka bisa melaksanakan tidak hanya membaca dengan benar tetapi juga perlu memahami arti kosa kata serta gramatika. Kemudian mereka diharapkan mampu mengaplikasikan materi yang diberikan  dengan bahasa Inggris  dengan lancar dan benar.  Setelah dilaksanakan pelatihan ini selama tiga bulan  mereka sudah bisa mengerti banyak kosa kata beserta artinya, kemudian mereka sudah membaca teks dengan benar dan memberanikan diri berkomunikasi kepada temannya ataupun trainernya baik di saat pelatihan ataupun di luar pelatihan.

Kata Kunci: pelatihan, pembelajaran, pendekatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brown, H.D. 2007. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Kedutaan Besar Amerika di Jakarta. Pearson Education, Inc.

Chamot, A.& Robbins, J. 1999. The Learning Strategies Handbook. White Plains, NY:Longman

Purpura, J. 1997. An Analysis of the Relationship between Test and Takers Cognitive and Metalinguistic Strategy. Language Learning 47. 289-325.

Rahmana, Arief. 2008. Usaha Kecil dan Menegah (UKM), Informasi Terdepan tentang Usaha Kecil Menengah, (online), (http:// infoukm.wordpress.com, diakses 1 Oktober 2011)

Sudaryanto dan Hanim, Anifatul.2002. Evaluasi Kesiapan UKM Menyongsong Pasar Bebas Asean (AFTA): Analisis Perspektif dan Tinjauan Teoritis. Jurnal Ekonomi, Akutansi dan Manajemen, Vol.1. No.2, Desember 2002.

Tambunan, Tulus, 2010.Center for Industry. SME and Business Competition Sdtudies, Trisakti University, Indonesia.

Published
2020-09-05
Section
Articles