MANAJEMEN KELOLA IKAN AIR TAWAR DI DESA WONOSARI KECAMATAN NGORO KABUPATEN MOJOKERTO

  • Maria Agustini Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Muhajir Muhajir Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Icak Indola Universitas Dr. Soetomo Surabaya

Abstract

Program Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan pada bulan April 2019 sampai bulanJuli 2019 di Desa Wonosari Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto.Mojokerto merupakan  kota penyangga utama ibu kota Provinsi Jawa Timur.Permasalahan yang dihadapi oleh Kelompok Pemberdayaan Masyarakat di Desa Wonosari adalah  pengelolaan kolam budidaya ikan air tawarbelum diusahakan secara maksimal. Tujuan yang akan dicapai adalah untuk memotivasi masyarakat dalam pengelolaan Kolam Budidaya Ikan air Tawar.Metode yang digunakan adalah dengan metode pendekatan sosial dalam bentuk penyuluhan serta pelatihan. Program ini diawali dengan mengedukasi masyarakat dengan pengetahuan pemanfaatan lahan kolam budidaya ikan melalui penyuluhan dan pendampingan kemudian dilanjutkan dengan mempraktekkan di lapangan atau di lahan kolam yang ada di desa. Sehingga masyarakat dapat mempraktekkan dan mengembangkan pola pengeloaan budidaya ikan yang ada di desa. Capaian yang akan diperoleh setelah dilakukan pelatihan dan penyuluhan, masyarakat dapat mengelola dan melakukanbudidaya ikan dengan baik dan benar serta dapat memanfaatkan lahan kolam  budidaya ikan secara optimal, sehingga dapat menambah penghasilalan kelompok pemberdayaan masyarakat.

Kata kunci: Budidaya, Kolam, Ikan air tawar, Desa Wonosari, Mojokerto

Downloads

Download data is not yet available.

References

Duniaikan.com. 2019. Budidaya Ikan. Artikel Ilmiah

Ganjar, A. Sri, S, 2018. Peningkatan Produksi Budidaya Ikan Air Tawar Melalui Penerapan Manajemen Kualitas Air Dan Pembuatan Pakan Ikan Mandiri di Kelompok Pembudidaya Ikan “Sumber rejeki: dan “Cinta Alam” Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo.Fakultas Peternakan Universitas Muhammadyah Malang.

Gunawan, S. 2009. Kiat Sukses Budidaya Lele di Lahan Sempit.Penerbit PT.AgroMediaPustaka.

Guntur, Effendi, M.2009. Kube Sebagai Paradigma AlternatiDalam Membangun Soko Guru Pemberdayaan Ekonomiakyat. Jakarta. CV. Sagung Seto.

Haditomo, R.. Ariyati, R,. Nugroho. Chilmawati. 2015. IbM Bagi Kelompok Budidaya Air Tawar. Fakultas Perikanan Dan Ilmukelautan Universitas Diponegoro.

Mardikanto., Totok.,dan Soebianto.2013. Pemberdayaan Masyarakat Dalam Perspektif Kebijakan Publik. Bandung ; Alfabeta

https://arenahewan.com.ikan. 2019. 17 Cara Budidaya Ikan Air Tawar Cepat Panen.

Redaksi Agromedia. 2007. Panduan Lengkap Budidaya Gurami. Penerbit PT. AgroMedia Pustaka. Jakarta.

Rizkidya. 2017. Pedoman Budidaya Ikan di Kolam. Artikel Ilmiah.

Published
2020-09-11
Section
Articles