OPTIMALISASI PJU LED SOLAR CELL UNTUK PENINGKATAN PRODUKTIVITAS EKONOMI KREATIF DI DESA MINGGIRSARI, KECAMATAN KANIGORO, KABUPATEN BLITAR

  • Aris Heri Andriawan Program Studi Teknik Elektro
  • Harjo Seputro Program Studi Teknik Mesin
  • Dheny Jatmiko Fakultas Ilmu Budaya
  • Abraham Fery Rosando
  • Dwi Harini Sulistyowati

Abstract

Mengembangkan diri menjadi desa ekonomi kreatif. Desa ini telah memiliki laboratorium pusat studi ekonomi kreatif dan pariwisata Jawa Timur hasil dari kegiatan penelitian dan pengbadian civitas akedemika Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Dalam upaya pengembangan ekonomi kreatif insfrastruktur pendukung, salah satunya adalah lampu penerangan. Untuk menyelesaikan persoalan tersebut, maka akan dilakukan pengabdian masyarakat dengan kegiatan optimalisasi PJU LED Solar Cell untuk peningkatan produktivitas ekonomi kreatif Minggirsari, Kanigoro, Kabupaten Blitar. Kegiatan pengabdian ini merupakan implementasi dari kegiatan peneltian yang telah dilakukan sebelumnya. Kegiatan pengabdian ini diharapkan memberikan manfaat bagi masyarakat Desa Minggirsari secara umum, pelaku ekonomi kreatif secara khusus, dan Pemerintah Desa Minggirsari secara spesifik. Manfaat yang diharapkan adalah adanya peningkatan produktivitas ekonomi kreatif di Desa Minggirsari sehingga nantinya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonmi Desa Minggirsari.

Kata kunci: PJU, Solar Cell, Ekonomi Kreatif, Minggirsari.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Yusuf Tamtama, Sri Wahyuono, Aris Heri Andriawan, Rancang Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid Gelombang Air Laut Dengan Tenaga Angin untuk Suplay Listrik di Daerah Pantai, Volume 2, No 2, Elsains: Jurnal Elektro, 2020.

Ahmad Ridhoi, Subekti Yuliananda, Aris Heri Andriawan, Monitoring Tegangan Dan Arus Lampu Dc Pada Pju Dengan Sumber Solar Cell, Volume 1, No 2,JHP: Jurnal Hasil Penelitian, 2016.

Ahmad Ridhoi, Kukuh Setiyadjit, Aris Heri Andriawan, Ldr Untuk Menentukan Posisi Solar Cell Menggunakan Pengolah Atmega8, Volume 3, No 1, Jurnal Teknik Industri, 2020.

Published
2021-12-30
Section
Articles