MEMBANGUN BRANDING IMAGE DAN PEMASARAN PRODUK MADU MURNI "CALINGSA" MELALUI MEDIA SOSIAL DAN ONLINE MARKET PLACE

  • Novia Shaffi Maudiana Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Muh. Jufri Ahmad Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Abstract

Brand menurut Kotler adalah nama, tanda, simbol, hingga kombinasi semua unsur yang digunakan untuk ‘pengenal’ suatu produk maupun jasa dari pesaingnya (Nastain, 2017). Branding produk adalah cara seseorang atau penjual membuat suatu khas pada produk yang dihasilkan agar produk tersebut memiliki pesan yang tersampaikan dengan baik dan dipasarkan secara berbeda dan menarik. Kegiatan pengabdian ini dilakukan pada mitra usaha Madu Murni Calingsa yang berada di Jalan Pulo Wonokromo no 142, Surabaya. Mitra masih menggunakan cara branding produk dengan tradisional yaitu masih menjelaskan ke orang secara tatap muka. Dalam kegiatan pengabdian ini penulis menggunakan metode pelaksanaan  pemberian edukasi terhadap mitra dalam me-branding produk madu melalui sosial media Instagram dan bagaimana cara memasarkan produk madu melalui berjualan di market place seperti Shopee. Hasil dari kegiatan pengabdian ini, mitra mejadi paham bagaimana pentingnya dari branding image produk usahanya dan memahami bahwa berjualan secara langsung atau offline kurang efektif untuk mengembangkan usahanya, diperlukan juga penjualan melalui online seperti market place agar dapat menjangkau banyak pembeli secara global.

 

Kata Kunci: Madu Murni, Branding Image, Sosial Media, Online Market Place

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-01-21
Section
Articles