PENDAMPINGAN UMKM DALAM PENGEMBANGAN DAN PEMASARAN PRODUK “TAHU TEK” DI ERA TEKNOLOGI MODERN

  • Nurul Hidayatus Sholihah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Muh. Jufri Ahmad Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Abstract

Permasalahan mengenai sektor perekonomian yang dialami oleh sebagian besar masyarakat membuat beberapa UMKM yang ada mengalami banyak kendala. Apalagi di tengah arus globalisasi dan tingginya persaingan membuat UMKM harus mampu mengadapai tantangan global yang ada. Seperti pada masyarakat Bronggalan Sawah Rt 08 Rw VIII yang memiliki beberapa kendala dalam pengembangan dan pemasaran produk usahanya. Maka dari itu penulis ingin meningkatkan perekonomian pada warga Bronggalan Sawah salah satunya Cak Ji yang memiliki usaha Tahu Tek. Kendala yang dialami oleh mitra yaitu, metode pemasaran masih menggunakan metode lama dan kurangnya inovasi dalam kemasan atau kualitas produk. Metode yang digunakan oleh penulis adalah dengan memberikan edukasi  mengenai digital marketing serta memberikan pendampingan strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing produk di pasaran, memberikan inovasi dalam digital marketing, membuat media sosial untuk promosi dan pelatihan penggunakan media sosial bersama pemilik usaha. Hasil dari kegiatan ini membuat mitra menjadi lebih paham bagaimana pentingnya pemasaran produk melalui sosial media di era saat ini dan juga pengembangan produk agar lebih kreatif dan inovatif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-30
Section
Articles