Pelatihan Instalasi Listrik Dan Pemasangan Lampu Penerangan Jalan Umum Bagi Masyarakat Kampung Sanggaria Arso 1 Kabupaten Keerom

  • Suparno parno
  • Yosef Lefaan
  • Theresia W.O W O
  • Ekawati M Ohee
  • M.Arie R M.Arie R M.Arie R
  • Tiper K.M U

Abstract

Penerangan listrik  merupakan salah satu infrastruktur vital bagi kehidupan masyarakat kampung Sanggaria di malam hari sehingga diharapkan dengan pemasangan PJU akan memberikan kenyamanan pengendara serta meningkatkan keamanan lingkungan dan menekan angka kriminalitas di jalan. Banyaknya warga yang tidak mengetahui tentang kelistrikan dan bahaya listrik, sehingga perlu adanya sosialisasi kelistrikan dan memberikan pelatihan singkat tentang instalasi listrik serta cara pembuatan tiang listrik menggunakan kayu besi berikut pemasangan dan penarikan kabel dari tiang kerumah. Dengan pemasangan PJU juga berfungsi sebagai salah satu aspek penambah keindahan dan estetika pada wilayah kampung Sanggaria. Hal ini dapat meningkatkan keindahan kampong Sanggaraia Arso 1 serta meningkatkan penggunaan lampu penerangan yang berorientasi pada lampu hemat energi.

 Metode pengabdian kepada masyarakat dilakukan dengan survey serta kegiatan lapangan dengan melakukan sosialisasi kelistrikan mengenai pemakaian daya listrik dan pendaftaran peserta pelatihan listrik di Kampung Sanggaria Arso 1. Minat masyarakat dalam porses pendaftaran sebanyak 42 Orang, sedangkan yang mengikuti proses pelatihan listrik yaitu 16 Orang, proses pelatihan instalasi listrik tidak mencapai diatas 60% dikarenakan jadwal jam pelaksanaan kegiatan praktek dan pembuatan tiang listrik dari kayu besi  bersamaan dengan pekerjaan mereka yaitu Petani  yang bekerja di ladang dan (ngarit) mencari rumput guna pakan ternak mereka.

Hasil kegaitan praktek instalasi listrik yang diikuti oleh semua peserta dapat memahami dengan baik, terbukti modul parktik yang dikerjakan menyala semua serta praktek langsung dilapangan yaitu penarikan kabel dari tiang kerumah warga sebanyak 8 tiang lampu  dengan hasil menyala semau. Disarankan dalam kegiatan selanjutnya agar jam praktek instalasi listrik rumah sedrhana disesuaikan dengan jam yang tidak mengganggu pekerjaan mereka (16.00-20.00WIT).

 

Kata Kunci: Pelatihan instalasi listrik

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Suparno parno

 

 
Published
2023-09-13
Section
Articles