Peningkatan Kemampuan Produksi Kursi Dengan Teknik Laminasi Bagi Siswa SLB Paedagogia Surabaya

  • Stefan Prabani Setio Universitas Katolik Darma Cendika
  • Maria Widyastuti Universitas Katolik Darma Cendika

Abstract

Kesinambungan aktivitas berproduksi bagi siswa SLB sangat diperlukan. Hal ini merupakan suatu yang baik untuk meningkatkan kemampuan siswa agar focus dan mampu melaksanakan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya. SLB Pedagogia Surabaya yang sejak tahun 2022 menjadi binaan dari Tim Pengabdian kepada Masyarakat (Abdimas) Universitas Katolik Darma Cendika (UKDC) terus melaksanakan kegiatan produksi kursi dan meja dengan teknik laminasi triplek. Pemberdayaan dan peningkatan kemampuan memproduksi meja dan kursi tersebut terus dilakukan oleh Tim Abdimas UKDC. Saat ini peningkatan kemampuan produksi telah sampai pada pembuatan kursi bersandaran.  Evaluasi dan peningkatan kemampuan kerja perlu dilakukan agar siswa menjadi terampil pada tahapan produksi yang menjadi passion nya. Metode yang digunakan dalam peningkatan kemampuan siswa dilakukan dengan pendekatan humanis yaitu memperhatikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan 7 tahapan proses produksi. Implementasi dari pendekatan tersebut adalah: 1) Transfer pengetahuan melalui guru pendamping siswa; 2) Praktek bersama dengan guru dan siswa; 3) Pembagian porsi kerja yang berbeda.  Dalam pelaksanaan transfer pengetahuan secara lengkap diberikan kepada guru termasuk penggunaan beberapa mesin yang berbahaya. Dalam praktek bersama, siswa tidak diperkenankan menggunakan mesin yang beresiko tinggi. Sedangkan pembagian porsi kerja mengikuti kemampuan siswa pada tahapan produksi yang mampu dikerjakan. Melalui penerapan metode tersebut, mampu menghasilkan kursi bersandaran yang memiliki kesulitan yang lebih dibandingkan kursi dan meja yang dikerjakan pada pelatihan sebelumnya.  Melalui peningkatan kemampuan produksi, siswa SLB mampu meningkatkan kemampuan dalam menyelesaikan produksi kursi bersandaran yang memiliki tingkat kesulitan yang lebih. Kolaborasi kerja antara guru dan siswa dalam pembagian porsi kerja, mampu meningkatkan kemampuan siswa pada tingkatan yang lebih sulit. Hasil assesmen siswa menunjukan perkembangan yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-07-31