USING ERROR ANALYSIS IN TEACHING WRITING CLASS

  • Anik Cahyaning Rahayu

Abstract

Abstrak. Membuat kesalahan adalah bagian dari proses belajar (Brown, 1980:164). Demikian juga dalam proses pemerolehan bahasa kedua, Jain (1969:189) mengatakan bahwa kesadaran adanya kesalahan pembelajar bahasa kedua adalah sangat penting untuk pemahaman proses pemerolehan bahasa kedua. Berkaitan dengan kesalahan dalam belajar bahasa, teori analisis kesalahan (error analysis) muncul. Analisis kesalahan digunakan untuk mengetahui proses pemerolehan  dan  penguasaan bahasa. Artikel ini membahas penggunaan analisis kesalahan  dalam pengajaran ketrampilan bahasa khususnya menulis (writing). Materi mata kuliah ini berkaitan dengan pengembangan paragraf. Analisis kesalahan dalam pengajaran menulis meliputi grammar (tata bahasa) dan teori pengembangan paragraf. Penggunaan analisis kesalahan dalam pengajaran menulis ini sangat menguntungkan baik bagi mahasiswa maupun pengajar.

 

Kata kunci: error analysis, grammar, errors, mistakes, lapses

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azar, Betty Schrampfer. 1989. Understanding and Using English Grammar. New Jersey : Prentice–Hall Regents.

Bell, Roger T. 1981. An Intoduction to Applied Linguistics. London : B. T. Ltd. Batsford Ltd.

Brown, H. Douglas. 1980. Principles of Language Learning and Teaching. New Jersey : Prentice–Hall Inc.

Corder, S P. “Idiosyncratic Dialects and Error Analysisâ€. in Richards, Jack C. Editor. Error Analysis, Perspectives on Second Language Acquisition. London : Longman.

Jain, M P. “Error Analysis : Source, Cause, and Significance†in Richards, Jack C. Editor. Error Analysis, Perspectives on Second Language Acquisition. London : Longman.

Klassen, Johanna. “Using Student Errors for Teaching†in English Teaching Forum. January 1991.

Published
2011-09-02
How to Cite
1.
Rahayu A. USING ERROR ANALYSIS IN TEACHING WRITING CLASS. parafrase [Internet]. 2Sep.2011 [cited 28Apr.2024];11(02). Available from: https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/parafrase/article/view/193
Section
Articles