PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, NILAI PELANGGAN DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus Pengguna Aplikasi OVO Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya)
Abstract
E-money merupakan alat pembayaran elektornik non-tunai yang saat ini sedang berkembang pesat di Indonesia. OVO merupakan salah satu aplikasi pembayaran e-money. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membuktikan pengaruh persepsi kemudahan, nilai pelanggan dan promosi penjualan secara parsial terhadap loyalitas pelanggan (pengguna aplikasi OVO pada mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya). Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linear berganda, uji-t, uji-F dan koefisien determinasi. Sampel penelitian sebanyak 100 responden. Metode pengambilan sampel menggunakan convenience sampling. Olah data menggunakan Software SPSS for window. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Persepsi Kemudahan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan OVO; (2) Nilai pelanggan mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan OVO; (3) Promosi penjualan mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan OVO; (4) Berdasarkan koefisien regresi menunjukan bahwa persepsi kemudahan dominan mempengaruhi loyalitas pelanggan OVO. Hasil nilai-nilai dari Adjusted R square sebesar 0,818. Artinya bahwa perubahan Loyalitas Pelanggan OVO dipengaruhi oleh variabel Persepsi pemudahan, Nilai pelanggan, dan Promosi penjualan sebesar 81,8%. Sedangkan sisanya 18,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar model penelitian ini yaitu persepsi manfaat, persepsi keamanan, nilai sosial, motivasi hedonis, dan trust.
Kata Kunci : E-money, Persepsi Kemudahan, Nilai Pelanggan, Promosi Penjualan, Loyalitas Pelanggan.
Downloads
References
Davis, F. D. 2012. Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly.Vol. 13. No.5. pp. 319 - 339.
Hurriyati, R. 2010. Bauran Pemasaran, dan Loyalitas Konsumen. Bandung : Alfabetha.
Jogiyanto. 2010. Sistem Informasi Keperilakuan. Edisi Revisi. Yogyakarta : Andi.
Kotler & Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta : PT. Indeks.
Kotler, Philip, & Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 13. Jilid 1. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Sheth, N., & Parvatiyar, Atul. 2001. Customer Relationship Management : Emerging Practice, Process, and Dicipline. Journal of Economic and Social Research.
Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa : Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta : Andi Offset.
Utomo, Priyanto Doyo. 2006. Analisis Terhadap Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen Pada Operator Telepon Seluler. Tesis. Universitas Gadjah Mada.
Vanessa, G. 2007. Customer Relationship Management, and Marketing Public Relation. Bandung : Alfabet.
Authors whose manuscript is published will approve the following provisions:
- The right to publication of all journal material published on the JEM17: Jurnal Ekonomi Manajemen website is held by the editorial board with the author's knowledge (moral rights remain the property of the author).
- The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA) license, which means JEM17: Jurnal Ekonomi Manajemen reserves the right to store, modify the format, administer in the database, maintain and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
- Printed and electronically published manuscripts are open access for educational, research, and library purposes. In addition to these objectives, the editorial board shall not be liable for violations of copyright law.