KONEKTIVITAS RENCANA BISNIS DENGAN MODAL USAHA DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Tri Ratnawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Achmad Maqsudi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords: Rekonstrusi bisnis, Rencana bisnis, dan Kondisi pandemi Covid-19

Abstract

Kondisi pandemic Covid-19 yang melanda dunia khususnya di Indonesia menyebabkan bisnis perlu melakukan rekonstruksi terhadap Rencana Bisnisnya terutama Rencana Bisnis jangka pendek sampai dengan awal Tahun 2021. Kondisi pandemi belum berakhir, sehingga perlu dilakukan koreksi sebagai penyesuaian Rencana Bisnis yang lebih dibuat pada tahun 2020, dimana diharapkan pandemi telah berakhir dan pada tahun 2021 kondisi perekonomian berada pada kondisi new normal, kondisi ini tidak sesuai harapan pada bulan Januari 2021. Kondisi masih berada pada kondisi Pandemi Covid-19. Akibat Pandemi Covid-19, terhadap bisnis yang engalami kerugian, misalnya bisnis tour travel, bisnis hotel, restaurant dan gallery – gallery sehingga bisnis – bisnis tersebut memerlukan rekonstruksi rencana bisnisnya baik jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjang. Terutama visi dan misi yang dibangun. Kerugian usaha ini dalam jangka panjang akan berakibat terhadap penurunan jumlah model yang disetor oleh para pemegang saham dan selanjutnya laba ditahan (Retained Earning) serta dapat mengikis pada modal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Awaloedin, Dipa Teruna. Sazali. Nurhilaludin. & Hanifa, Muthia. 2020. Strategi Menghadapi Dampak Pandemi covid 19 terhadap Usaha Kecil dan Menengah. Universitas Nasional. Jakarta. http://repository.unas.ac.id/843/1/Penelitian%20Pandemi%20Covid%2019%20final%2029%20mei-2-dikonversi.pdf

Bakhtiar, Syamsul. 2020. Analisis rasio solvabilitas dan profitabilitas untuk mengukur kinerja Keuangan Pada PT. Mayora Indah Tbk. Jurnal Brand. Volume 2 Nomor 2, Desember 2020. Universitas Muslim Maros. pp. 195-206. https://ejournals.umma.ac.id/index.php/brand

Djati, Tio Asmoro. 2020. Pemasaran Dalam Mempengaruhi Perilaku Konsumen “Decoy Effect” Membeli Produk Yang Lebih Mahal. Jurnal Brand. Volume 2 Nomor 2, Desember 2020. Universitas Muslim Maros. pp. 190-194. https://ejournals.umma.ac.id/index.php/brand

Erlina, Fitriyaningsih. 2012. Pengaruh Besar Modal (Modal Sendiri), Pemberian Kredit, Dan Tingkat Suku Bunga Kredit Terhadap Peningkatan Pendapatan Pedagang Kecil Di Desa Tirtonirmolo Kecamatan Kasihan Bantul. S1 Thesis, Universitas Negeri Yogyakarta. https://eprints.uny.ac.id/8760/3/bab%202%20-08404244001.pdf

Munawaroh, Munjiati. Rimiyati, Hasnah. & Hindasah, Lela. PERENCANAAN BISNIS Untuk Program Strata 1. Yogyakarta : LP3M UMY. http://repository.umy.ac.id/bitstream/handle/123456789/3498/Perencanaan%20Bisnis_P2.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 118 Tahun 2018 Tentang Rencana Bisnis, Rencana Kerja Dan Anggaran, Kerja Sama, Pelaporan Dan Evaluasi Badan Usaha Milik Daerah. https://kemendagri.go.id/documents/2019/04/9e87f56f1668ba103b78b08e1e5a8dd7.pdf

Safitri, Haniyah. & Setiaji, Khasan. 2018. Pengaruh Modal Usaha Dan Karakteristik Wirausaha Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Dan Kecil Di Desa Kedungleper Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara. Economic Education Analysis Journal Volume 7(2) pp.792-800. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/28291/12398

Published
2021-05-30
Section
Articles