PERAN IKLAN TELEVISI DAN CELEBRITY ENDORSEMENT POND’S TERHADAP PURCHASE INTENTION
Abstract
Penelitian ini bertujuan membuktikan dan menganalisis pengaruh iklan televisi dan celebrity endorsement terhadap brand image produk POND’S, membuktikan dan menganalisis pengaruh brand image dan iklan televisi terhadap purchase intention produk POND’S serta membuktikan dan menganalisis pengaruh celebrity endorsement terhadap purchase intention produk POND’S. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi ekonomi manajemen UNTAG Surabaya yang memakai produk Pond’s. Teknik pengambilan sampel non-probability sampling, dengan karakteristik berjenis kelamin laki-laki atau perempuan dengan usia minimal 17 tahun, pernah menonton iklan Pond’s minimal dalam rentang waktu 2 bulan terakhir, berdasarkan kriteria didapatkan sampel 140 responden. Motode analisa data menggunakan Structural Equation Model (SEM), dengan program Partial Least Square (PLS) dengan langkah pemodelan persamaan struktural berbasis PLS: Konseptualisasi model dan Evaluasi Model. Hasil penelitian iklan televisi dan celebrity endorsement berpengaruh signifikan terhadap brand image. Brand image dan iklan televisi berpengaruh signifikan terhadap purchase intention, Celebrity endorsement berpengaruh signifikan terhadap purchase intention.
Downloads
References
Anggraeni, M., dan A. Asnawati. (2017). “Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Iklan Produk Perawatan Kecantikan Wardah)”. Prosiding Seminar Nasional Manajemen dan Ekonomi Bisnis. 1 (1) : 303-312.
Assael, H. (2008). Consumer Behavior 6th Edition. New York: Thomson-Learning
Basu Swastha Dh dan Irawan. 1983. Management Pemasaran Modern,. Edisi Dua, Liberty, Yogyakarta.
Bramantya, Yan Bayu; and Jatra, I Made. (2016). “Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Yamaha Jupiter Mx Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen, 5 (3).
Bungin, B. (2011). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Predana Media. Group.
Choi, S.M., Rifon, N.J. (2007), "Who is the celebrity in advertising? Understanding dimensions ofcelebrity images", Journal of Popular Culture, 40 (2), pp.304-25.
Febriana, C. N., Kumadji, S., & Mawardi, M. K. (2015). “Pengaruh Iklan Televisi terhadap Kesadaran Merek serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswi Universitas Brawijaya Pengguna Produk Tresemme)”. Jurnal Administrasi Bisnis, 25 (1), 1-7
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program. IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit.
Hair, J. F., Black. W. C., Babin. B. J.; and Anderson. R. E. (2010), Multivariate. Data Analysis, 7th ed. Pearson Prentice Hall, New Jersey.
Karim,S. et al. (2009). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Serta Mengembangkan Keterampilan Berpikir. Bandung.
Kotler Phillip, Kevin Lance Keller. (2012). Marketing Management 14th edition. Jakarta : PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler, P. (1999). Marketing Management Analysis, Planning, Implementation and Control. 9th Edition, Prentice Hall College Inc.
Kotler, P. (2006). Manajemen Pemasaran, Edisi Pertama. Indonesia: PT. Indeks Kelompok. Gramedia.
Kotler, P. 2002, Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2, PT Prenhallindo, Jakarta.
Kotler, P., dan K. L. Keller, (2008). Manajemen Pemasaran, Jilid 1,. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Kotler, P., dan K. L. Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid satu. Erlangga : Jakarta.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, (2016). Marketing Managemen, 15th Edition,. Pearson Education,Inc.
Kotler, Philip dan Keller, (2007), Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi. Kedua belas, PT. Indeks, Jakarta.
Kuncoro, M. (2003). Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi. Jakarta: Erlangga.
Marketing.co.id
Morissan, A. (2007). Periklanan Komunikasi Pemasaran. Terpadu. Jakarta : Ramdina Prakarsa.
Nyoman Tri Putri Utami dan Ni Ketut Seminari. (2018). “Peran Citra Merek Memediasi Kredibilitas Celebrity Endorser Terhadap Niat Beli Smartphone Oppo”. E-Jurnal Manajemen Unud, 7, (6) : 3144-3171.
Paul, Temporal dan KC, Lee. 2002. Hi-Touch Branding. Jakarta: Salemba Empat
Pujadi, B. (2010). “Studi Tentang Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Melalui Sikap Terhadap”. Tesis. Semarang: Universitas Diponegoro.
Putro, A. (2009). Analisis Efektivitas Banner Ads untuk Meningkatkan Brand Image Produk/Jasa di Indonesia: Studi Kasus Kaskus.us dan Detik.com, available on: http://library.gunadarma.ac.id/repository/view/3752409 /analisis-efektivitas-banner-ads-untuk-meningkatkan- brand-image-produk-jasa-di-indonesia-studi-kasus- kaskusus-dan-detikcom.html/ (diakses tanggal 18 Januari 2014).
Royan, Frans M, (2004). Marketing Selebritis. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.
Sadat, M. Andi. (2009). Brand Belief: Strategi Membangun Merek Berbasis. Keyakinan. Jakarta: Salemba Empat.
Sanusi, A. (2011), Metode Penelitian Bisnis, Salemba Empat, Jakarta.
Shah, S., Aziz, J., Jaffari, A. R., Waris, S., Ejaz, W., Fatima, M., et al. (2012). “The impact of brands on consumer purchase intention”. Asian Journal Of Business Management, 4 (2), 105-110.
Shimp, Terence A, (2007), Periklanan Promosi, dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, diterjemahkan oleh Revyani Sjahrial dan Dyah Anikasari, Edisi Ke-5, Jilid 1, Penerbit Erlangga
Shimp, Terence. A., (2010). Integrated marketing communications in advertising and promotions. Eight edition. South-Western: Cengage Learning.
Shimp. (2012). Advertising Promotion and Other Aspects of Integrated Marketing Communications. USA. South Western Educational Publishing.
Simamora. B. (2002). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sjahrial, Revyani dan Anikasari, Dyah (2003) Periklanan promosi dan aspek tambahan komunikasi pemasaran terpadu 1. Jakarta : Erlangga.
Sugiono. (2012) . Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (a). Bandung : Alfabeta
Sugiyono. (2011) Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulistya; R. E., dan D. W. Astuti. (2012). “Pengaruh Agnes Monica Sebagai Celebrity Endorser Terhadap Pembentukan Brand Image Honda Vario”. Bisma, 6 (1).
Sundarapandian S, Karoor PJ. (2015). “Edge effects on plant diversity in tropical forest ecosystems at Periyar Wildlife sanctuary in the Western Ghats of India”. J Forest Res 24 (3): 403-418
Supriyanto, Achmad Sani dan Vivin Maharani. (2013). Metode Penelitian Sumber Daya Manusia Teori, Kuisioner, dan Analisis Data. Malang: UIN-Malang Press.
Swasta, B. dan T. Hani Handoko, (2008), Manajemen Pemasaran, Analisa. Perilaku Konsumen, edisi pertama, cetakan keempat, Penerbit : BPFE,. Yogyakarta.
Tjiptono, F. 2005, Pemasaran Jasa, Edisi pertama, Yogyakarta; Penerbit. Bayumedia Publishing.
Untono, S. A. (2016). “Pengaruh Kredibilitas Celebrity Endorser Jkt48 Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Awareness Sebagai Variabel Mediasi Pada Sepeda Motor Honda Beat Dikota Malang”. PARSIMONIA | Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Bisnis. 2 (3) : 101-111.
Wang, S. (2012) Transfer Effects: Exploring The Relationship Between Celebrity and Brand. The International Journal of Organizational Innovation. 4, 86-105
Wells William, Moriarty Sandra, & Burnett John. (2006). “Advertising principles and practice (7th ed).” New Jersey : Pearson Prentice Hall.
Wulandari, Ni Made Rahayu; Nurcahya, I Ketut. (2015. “Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Clear Shampoo Di Kota Denpasar”. E-Jurnal Manajemen, 4,
(11) : 3909-3935.
Authors whose manuscript is published will approve the following provisions:
- The right to publication of all journal material published on the JEM17: Jurnal Ekonomi Manajemen website is held by the editorial board with the author's knowledge (moral rights remain the property of the author).
- The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA) license, which means JEM17: Jurnal Ekonomi Manajemen reserves the right to store, modify the format, administer in the database, maintain and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
- Printed and electronically published manuscripts are open access for educational, research, and library purposes. In addition to these objectives, the editorial board shall not be liable for violations of copyright law.