INOVASI PELAYANAN PUBLIK BAGI PENYANDANG DISABILITAS MELALUI LAYANAN POJOK BRAILLE (Studi pada Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang)

  • lely indah mindarti Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya
Keywords: Inovasi Pelayanan Publik, Disabilitas, Layanan Pojok Braille

Abstract

Intisari: Inovasi Pelayanan Publik Bagi Penyandang Disabilitas Melalui Layanan Pojok Braille (Studi pada Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang). Pelayanan publik seharusnya dapat diakses oleh semua pihak tanpa terkecuali termasuk bagi penyandang disabilitas. Inovasi-inovasi dilakukan oleh pemerintah untuk dapat mewujudkan pelayanan publik yang dapat dinikmati semua pihak. Inovasi Layanan Pojok Braille oleh Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang merupakan inovasi pada perpustakaan umum bagi penyandang disabilitas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Inovasi Layanan Pojok Braille merupakan inovasi produk, inovasi kebijakan, dan inovasi proses. Kualitas dari inovasi ini dapat dilihat melalui dimensi tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan inovasi ini meliputi kepemimpinan, budaya inovasi, kualitas pegawai, tim kerja, kinerja inovasi, dan jaringan inovasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ancok, Djamaludin. (2012). Psikologi Kepemimpinan dan Inovasi. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Aziz, Safrudin. (2014). Perpustakaan Ramah Difabel: Mengelola Layanan Informasi Bagi 8 Pemustaka Difabel. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Clark, John, Barbara Good dan Paul Simmonds. (2008). Innovation in the Public and Third Sector. Working Paper from National Endowment for Science Technology and the Arts (NESTA).

Hardiyansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava media.

International Federation of Library Associations and Institutions. (2001). The Public Library Service: UNESCO guidelines for development. IFLA Publications:97.

Keban, Yeremias T. (2014). Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Muluk, M.R. Khairul. (2008). Knowledge Management: Kunci Sukses Inovasi Pemerintahan Daerah. Malang: Bayumedia Publishing.

Noor, Irwan. (2013). Desain Inovasi Pemerintahan Daerah. Malang: UB Press.

Sinambela, Lijan Poltak. (2014). Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Tjiptoherijanto, Prijono dan Manurung, Mandala. (2010). Paradigma Administrasi Publik dan Perkembangannya. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).

The United Nation. (2007). Convention on the Rights of Persons with Disabilities.

Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan.

Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

Published
2018-06-16
How to Cite
mindarti, lely. (2018). INOVASI PELAYANAN PUBLIK BAGI PENYANDANG DISABILITAS MELALUI LAYANAN POJOK BRAILLE (Studi pada Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang). DIA: Jurnal Administrasi Publik, 16(1), 1 - 7. https://doi.org/10.30996/dia.v16i1.1864
Section
PUBLIC POLICY