PENGARUH MUTU PELAYANAN KEBIDANAN DAN KOMUNIKASI BIDAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI IRNA C RSUD SYARIFAH AMBAMI RATO EBUH, BANGKALAN

  • Sri Indah Lestariani 1STIKes Ngudia Husada Madura

Abstract

The success of health care quality health service that can give satisfaction to every health care service users in accordance with the satisfaction level of the average - average population and communication is a very special process and means in human relations, especially in health care midwife. Midwife is one of the health workers have an important and strategic position in providing health services. Studies conducted in hospitals Syamrabu said that 53.3% of patients were less satisfied with the services of midwives.This research method uses a quantitative approach and the kind of research the correlation. The population is all inpatients in hospitals Syamrabu IRNA C. Techniques of collecting data using questionnaires. Data analysis using Chi Square test.The results showed that nearly all respondents say satisfied with the services and communication midwives in hospitals Syamrabu IRNA C Bangkalan. So that Ha received no influence quality of obstetric care and communication midwife the satisfaction of patients in hospitals SyamrabuBangkalan.With the results obtained then the hospitals must maintain and improve the services provided in hospitals Syamrabu particularly in the field of care that patients increasingly reliant on services in hospitals SyamrabuBangkalan and provide an opportunity for health workers to attend training - training seta up date science

Keywords: Quality of Services, Communications Midwives, Patient Satisfaction

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depkes, 2009. Undang – Undang No 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit. Jakarta.

Asnawi, A. 2009. Gambaran Persepsi Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Sukmajaya Depok 2009. Tesis. Program Pasca Sarjana Universitas Indonesia Depok.

Anjani WD, 2009.Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Palayanan Perawat DI RSUD Tugurejo Semarang‟, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro, Semarang.

Azwar S, 1999. Reliabilitas Dan Validitas: Seri Pengukuran Psikologi, Sigma Alpha, Yogyakarta.

Baros WA, 2012. Kontribusi Pengetahuan Peserta Askes Sosial Terhadap Kepuasan Layanan Rawat Jalan Tingkat Lanjut dan Rawat Inap PT Askes Tahun 2011‟, Program Pasca Sarjana Universitas Indonesia, Jakarta.

Burhan, Bungin, 2005. Metodelogi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-ilmu Sosial lainnya, Kencana, Jakarta

Burhan, Bungin,2013. Metodolodi Penelitian Sosial & Ekonomi, Format-format Kuantitaif dan Kualitatif untuk Studi Sosiologi, Kebijakan Publik, Komunikasi, Manajemen dan Pemasaran, Kencana, Jakarta.

Catherine Marshall and Gretchen B. Rossman, 1995. Designing Qualitative Research, Sage Publication, London. Gunarsa, Singgih D, 1995, Psikologi Perawatan Cetakan Ke 2, Gunung Mulia, Jakarta.

A. Diyanto, 2006.Survei Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Kesehatan di RSUD Dr. M. Yunus dan RSUP Curup Rejang Lebong Propinsi Bengkulu. Diakses Maret 2016

Elia. A.2011. Hubungan Faktor – faktor Kepuasan Pasien Dengan Dimensi Kualitas Pelayanan Keperawatandi Ruangan Triase Instalasi Gawat Darurat RSUP Dr. M. Djamil Padang. Management Keperawatan, Fakultas Keperawatan Universitas Andalas. Padang

GUP Iloh, JN Ofoedu, PU Njoku, FU Odu, CV Ifedigbo, KD Iwuamanam, 2012. „Evaluation of patient‟s satisfaction with quality of care provided at the National Health Insurance Scheme clinic of a tertiary hospital in South- Eastern‟, Nigerian Journal of Clinical Practice, Oct-Dec 2012, Vol 15, Issue 4.

Hartotok, 2007. Pelaksanaan Pelayanan Kesehatan Bagi Pasien Rawat Inap Dengan Fasilitas Asuransi Masyarakat Miskin Di Badan Rumah Sakit Daerah (BRSD) “RAA SOEWONDO†Pati‟.

Harcahyani, G. 2010. Analisi Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien yang Dimoderasi oleh Variabel Nilai. Tesis Program Pasca Sarjana Universitas Pembangunan Nasional Yogyakarta.

Hasono. S. 2007. Analisa Data Kesehatan. Universitas Indonesia. Depok

Hayati, I.N. 2010. Inpatient Satisfaction In The Medical And Surgical Ward In The State. Journal of Community Health. Vol. 16, No 1. Pp60-68

Khairani, L. 2013. Faktor – faktor yang Mempengaruhi Kepuasan

Putri, I.W. 2014. Hubungan Komunikasi Terapiutik Dengan Kepuasan Pasien Dalam Pelayanan Kesehatan di RSUD Teluk Kuantan Singingi diakses tanggal 12 April 2016.

Kementrian Kesehatan RI, 2013, Buku Saku FAQ (Frequently Asked Question) BPJS Kesehatan Cetakan Pertama, Kementrian Kesehatan RI, Jakarta.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 69 Tahun 2013, Standar Tarif Pelayanan Kesehatan Pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan Dalam Penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 71 Tahun 2013, Pelayanan Kesehatan pada Jaminan Kesehatan Nasional.

Poerwandari K, 2007. Pendekatan Kualitatif untuk Penelitian Perilaku Manusia‟, Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi Fakultas Psikologi Univeritas Indonesia.

Rambat, Lupiyoadi, 2001. Manajemen Pemasaran Jasa (Teori dan Praktik), Salemba Empat, Jakarta.

Sugiyono, 2009.Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta, Bandung.

Suharmiati, Budijanto D, 2007.Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Responden Pengguna Rawat Jalan Rumah Sakit Pemerintah di Indonesia,Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, Vol. 10, No. 2 April 2007, 123-130. Undang-Undang Dasar 1945 pasal 28 H ayat 1. Hak Asasi Manusia. 65 Undang-Undang Dasar 1945 pasal 34 ayat 3. Perekonomian Nasional dan Kesejahteraan Sosial

Published
2016-12-01
How to Cite
Lestariani, S. (2016). PENGARUH MUTU PELAYANAN KEBIDANAN DAN KOMUNIKASI BIDAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI IRNA C RSUD SYARIFAH AMBAMI RATO EBUH, BANGKALAN. DIA: Jurnal Administrasi Publik, 14(2). https://doi.org/10.30996/dia.v14i2.1025
Section
PUBLIC POLICY