HUBUNGAN PENERAPAN MANAJEMEN PUSKESMAS DAN KOMITMEN KERJA PETUGAS DENGAN MUTU PELAYANAN PENGOBATAN DI POLI UMUM PUSKESMAS KABUPATEN BANGKALAN (Studi di Puskesmas Se-Kabupaten Bangkalan)

  • Shobirin .

Abstract

Health care quality problems in health centers is growing into a serious public health problem . The low quality of puskesmas is often a complaint from the public . The demands of today's society will be quality health services is increasing. a strong commitment to be willing to devote all its capabilities for the benefit of health centers in improving the quality of health services. This research is analytic survey research with cross sectional approach with quantitative approach . Data collection at once at a time (point time approach) . The total sample of 105 doctors and nurses at the health center of Bangkalan Public Poli . To test the relationship pattern researchers used an analysis tool of logistic regression chi square test with SPSS version 16 . The results showed that: 1) with a p value of 0.001 No Relationship Management Application Service Quality Medical health center, 2) with p value 0.000 Labour Relations Officers Commitment to Quality Medical Care. Employees who have work commitments to be more responsible in providing the best service quality

Keywords : Application management clinic, working Commitment , Quality of Service

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alamsyah. 2011, Manajemen Pelayanan Kesehatan, Nuha Medika, Yogyakarta

Anjani WD, 2009, „Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Palayanan Perawat DI RSUD Tugurejo Semarang‟, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro, Semarang.

Azwar A, Pengantar administrasi kesehatan, Jakarta: Binarupa; 1996.

Burhan B, 2005, Metodelogi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-ilmu Sosial lainnya, Kencana, Jakarta

Burhan B, 2013, Metodelogi Penelitian Sosial dan Ekonomi, Format-Format Kuantitatif dan Kualitatif untuk Studi Sosiologi, Kebijakan Publik, Komunikasi, Manajemen, dan Pemasaran, Kencana, Jakarta

Darwin, H. 2000, Analisis Fungsi Manajemen Puskesmas Yang Berhubungan Dengan Pencapaian Program Penanggulangan Demam Berdarah Dengue (P2DBD) Di Kota Palembang Tahun 2000, Tesis Program Pascasarjana S2, UI, Jakarta, 2001. on line available:htttp://www.orgilib.litbang.depks.go.id

Catharina, K. 2013, Upaya Peningkatan Kunjungan Pasien Poli Gigi Dengan Pendekatan Marketing, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga, Surabaya

Departemen Kesehatan RI. Sekretaris Jenderal. 2002. Paradigma Sehat Menuju Indonesia Sehat 2010. Jakarta.

Departemen Kesehatan RI. 2003. Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan (Keputusan Menteri Kesehatan RI No.1457Menkes/SK/X/ 2003). Jakarta.

Departemen Kesehatan RI. 2004. Petunjuk Teknis Standar Pelayanan Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan di Kabupaten/Kota (Keputusan Menteri Kesehatan RI No.1091/Menkes/SK/X/2004). Jakarta.

Departemen Kesehatan RI. 2000. Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 128/Menkes/SK/II/2004 tentang Kebijakan Dasar Puskesmas. Jakarta.

Departemen Kesehatan RI. 2007. Petunjuk Pelaksanaan Pengembangan SistemInformasi Kesehatan Daerah Kabupaten/Kota (Keputusan Menteri Kesehatan RI No. 932 tahun 2002). Cetakan Kedua. Jakarta.

Departemen Kesehatan RI. 2005. Direktorat Jenderal Bina Kesehtan Masyarakat. Pedoman Dasar Penyeliaan Jaminan Mutu Di Puskesmas. Jakarta

Departemen Kesehatan RI. 2004, Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 128/Menkes/SK/II/2004 tentang Kebijakan Dasar Pusat Kesehatan Masyarakat Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta

Dinkes Kabupaten Bangkalan, (2013), Profil Kesehatan Kabupaten Bangkalan, Bangkalan

Endang S, 2014, Manajemen Kesehatan, Teori dan Praktik di Puskesmas, Gajah Mada University Press, Yogyakarta

Husein, K. Adeyi, O. Bryant, J.Cara,NB. 1993.Developing A Primary Health Care Management Information System That Supports The Pursuit of Equity, Effectiveness And Affordability, http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/8456328, akses, 27 Juli 2016.

Imam Ghozali, 2002, Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS, Semarang : Badan Penerbit UNDIP.

Kemenkes RI. 2012, Profil Kesehatan Indonesia 2012, Kemenkes RI, Jakarta

Kustiawan, R. B. 2004, Hubungan Fungsi Manajemen Petugas DBD Puskesmas dengan Cakupan Kegiatan Program Pemberantasan Penyakit DBD(P2DBD) di Kabupaten Grobogan Tahun 2003-2004. Yogyakarta

Muninjaya G. 2004, Manajemen Kesehatan. Edisi Kedua, Jakarta: ECG.

Muchtar, H.2010, Analisis Komitmen (Affective, Continuance dan Normative) Terhadap KualitasPelayanan Pengesahan STNK Kendaraan Bermotor (Studi Empiris pada Kantor Bersama Samsat di Propinsi Kalimantan Timur), Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, Vol.12, No. 1, Maret 2010: 11-23

Muninjaya. 2004, Manajemen Kesehatan Edisi 2, EGC, Jakarta

Muninjaya. 2014, Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan, EGC, Jakarta

Naya, A. 2013. Hubungan Komitmen, Kerjasama, dan Pengembangan Karier dengan Mutu Pelayanan pada Petugas Paramedis Unit Rawat Jalan di Puskesmas Mengwi I Kabupaten Badung (tesis). Denpasar: Universitas Udayana

Noyumala. 2002. Hubungan Komitmen Perawat Dengan Perilaku Caring Profesional Melalui Pelaksanaan Patient Safety Di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Makassar, Universitas Hasanuddin.

Parani, 1997, Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan, Airlangga University Press, Surabaya

Pedoman Pelaksanaan Manajemen Puskesmas, Kemenkes RI, Jakarta

Sarif, T., 2004, Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan di Poliklinik Gigi Puskesmas Tejosari, Klaten. Tesis. Program Sarjana Ilmu Kesehatan Masyarakat

Sekeon S AS. Gambaran pelayanan kesehatan di wilayah kerja puskesmas Tamako Kabupaten Kepulauan Sangihe, (laporan penelitian) Manado: Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi; 2005.

http://id.wikipedia.org/wiki/Kebijakan_publik diakses tanggal 24 Juni 2016

Published
2016-10-25
How to Cite
., S. (2016). HUBUNGAN PENERAPAN MANAJEMEN PUSKESMAS DAN KOMITMEN KERJA PETUGAS DENGAN MUTU PELAYANAN PENGOBATAN DI POLI UMUM PUSKESMAS KABUPATEN BANGKALAN (Studi di Puskesmas Se-Kabupaten Bangkalan). JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 2(02). https://doi.org/10.30996/jpap.v2i02.1006
Section
Articles