HUBUNGAN ANTARA KUALITAS APARATUR DENGAN KUALITAS PELAYANAN
Abstract
Pelayanan publik akhir-akhir ini menjadi isu sentral telah menuntut semua pihak, baik pemerintah dan lembaga masyarakat untuk mengatur kembali pelaksanaannya. Tuntutan masyarakat untuk pelayanan publik yang berkualitas, memiliki prosedur yang jelas, dilaksanakan segera dan dengan biaya yang wajar, terus ke depan dari waktu ke waktu. Dengan demikian penulis mengambil judul Hubungan Antara Kualitas Layanan dan aparat Kualitas (PDAM Tirta studi cahaya besar di Tulungagung) karena banyak keluhan dari pelanggan. Tujuan dari penelitian untuk menentukan respon dari aparat serta hubungan antara kualitas aparatur dengan kualitas layanan. Metode ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan 50 responden dan 20 karyawan di di PDAM Tirta Cahya Tulungagung dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan pencatatan data Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa respon dari PDAM Tirta Agung Cahya sudah cukup baik, dilihat dari hasil kuesioner yang diberikan kepada pelanggan dan rata-rata mengatakan respon yang cukup dalam menanggapi keluhan, dan hubungan antara kualitas personil dan kualitas pelayanan berkaitan erat dengan kualitas aparatur dimana indakator yaitu produktivitas, tanggung jawab, tanggap, kualitas pelayanan, akuntabilitas berarti untuk menentukan kualitas aparatur penilaian kualitas pelayanan menentukan kualitas layanan.
Kata kunci: Kualitas Aparatur Dan Kualitas PelayananÂ
Downloads
References
Arinda.2010. Ukuran kinerja instansi pemerintah dapat dilihat dari kinerjanya dalam menyelenggarakan pelayanan publik
Asang, Sulaiman. 2012. Manajemen Sumber daya Manusia Berkualitas : Perspektif Organisasi Publik. Cetakan Pertama. Brilian Internasional. Surabaya.
Dr. Kridawati Sadhana, M.S, .2010. Etika Birokrasi Dalam Pelayanan Publik, CV. Citrab Malang, , Malang.
Gasperz, Vincent. 1997. Manajemen Kualitas Dalam Industri Jasa, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama
Http : //aparatur Negara. Bappenas. Go. Id/ pdf
http://www.republika.co.id/berita/nasional/daerah/13/04/10/mkzsof-pelanggan-pdam-keluhkan-air-berwarna-hitam-pekat: (di akses pada 13 Desember 2014)
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 81 Tahun 1993 tentang Pedoman Tata Laksana Pelayanan Umum.
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur negara Nomor 63 tahun 2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat. Jakarta
Lukman, Sampara. 2000. Manajemen Kualitas Pelayanan. Jakarta: STIA LAN Press.
Larasati.2007. Kualitas Pelayanan Aparatur Perusahaan Daerah Air Minum Kota Surakarta
Mangkuprawira, Sjafri. 2009. Bisnis, Manajemen dan Sumberdaya Manusia. Cetakan Kedua. Horison. Bogor .
Parasuraman. 1990. Delivering Quality Service. New york: The Free. Pre
pengertian PDAM http://id.wikipedia.org/wiki/PDAM (di akses pada 13 Desember 2014)
http://www.hrcentro.com / artikel/ Pengertian _Kualitas_Pelayanan_110502.html (diakses pada 12 desember 2014)
Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2007 Tentang organ dan kepegawaian Perusahaan Daerah Air Minum. Sedarmayanti, 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Mandar Maju
Soehartono, Irawan. 2004. Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sugiyono, 2005.Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabet.
http://skripsitesisdisertasi.com/pengertian_pelayanan_publik di aksek pada 27 januari 2015
http://trane03bm.blogspot.com/2013/07/organisasi-publik.html diakses tanggal 1 februari 2015
Authors whose manuscript is published will approve the following provisions:
The right to publication of all journal material published on the JPAPÂ website is held by the editorial board with the author's knowledge (moral rights remain the property of the author).
The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA) license, which means Jurnal Persona reserves the right to store, modify the format, administer in database, maintain and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
Printed and electronic published manuscripts are open access for educational, research and library purposes. In addition to these objectives, the editorial board shall not be liable for violations of copyright law.