EFEKTIVITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN KELILING DI KOTA SURABAYA
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas pelayanan perpustakaan keliling di perpustakaan kota Surabaya. Peneliti menggunakan teknik sample random sampling incidental dengan populasi yang digunakan peneliti 5 petugas dan 10 pengunjung perpustakaan keliling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti menggunakan observasi secara langsung ke lapangan, wawancara kepada informan yang mengunjungi perpustakaan keliling dan dokumentasi saat penelitian dilakukan. Teknik analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggambarkan fenomena tertentu secara terperinci. Dari hasil penelitian yang dilakukan pelayanan perpustakaan keliling dinilai tidak efektif. Pelayanan perpustakaan keliling dinilai tidak efektif karena dari beberapa komponen yang ada dinilai kurang dalam memberikan layanannya. Komponen-komponen tersebut adalah sistem, mekanisme dan prosedur, produk pelayanan, sarana, prasarana dan fasilitas, kompetensi pelaksana, pengawasan internal, jumlah pelaksana, jaminan pelayanan, jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan. Kedelapan komponen inilah yang menjadi faktor penyebab pelayanan perpustakaan keliling dikatakan tidak efektif. Dengan diadakannya penelitian ini semoga bisa memperbaiki kembali pelayanan dari perpustakaan keliling yang ada di kota Surabaya dan memperbanyak armada perpustakaan keliling agar semua wilayah yang ada di Surabaya bisa menggunakan layanan perpustakaan keliling ini.
Kata kunci : Efektivitas, pelayanan, perpustakaan kelilingDownloads
References
Alwi, Hasan.2003.Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta:Balai Pustaka
Bharata, Atep.2004.Dasar-Dasar Pelayanan Prima.Jakarta:Alex Media Koputindo
Georgopolus dan Tanenbaum.1985.Efektivitas Organisasi.Jakarta:Erlangga
Hardjonoprakoso, Mastini. 1992. Panduan Penyelenggaraan Perpustakaan Keliling. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI
Hayadiningrat, Soewarno.2002.Pengantar Studi Administrasi dan Manajemen.Jakarta:Haji Masagung
Kurniawan, Agung.2005.Transformasi Pelayanan Publik.Yogyakarta:Pembaruan
Lincoln, Y S,Guba, E.G.1985.Naturalistic Inquiry.Beverly Hills:Sage Publication
Lubis & Husain.1987.Efektivitas Pelayanan Publik.Jakarta:Pustaka Binaman Presindo
Moleong, Lexy.2002.Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung:PT.Alex Media Komputindo
Moenir, A.S.2002.Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia.Jakarta:Bumi Aksara
Moenir.2006.Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia.Jakarta:PT.Bumi Aksara
Muhammad,Ali.2006.Panduan Perpustakaan Keliling.Jakarta:Gramedia
Ravianto.1989.Produktivitas dan Seni Usaha.Jakarta:PT.Binaman Teknika Aksara
Sampara, Lukman, Sutopo.2003.Pelayanan Prima Lembaga Administrasi Negara RI:Jakarta
Sondang P, Siagian.1987.Manajemen Modern.Jakarta: PT.Gunung Agung
Streers, M. Ricard.1985. Efektivitas Organisasi.Jakarta:Erlangga
Sugiyono.2011.Metode Penelitian Kombinasi.Bandung:PENERBIT ALFABETA
Sulistyo, Basuki.1993.Pengantar Ilmu Perpustakaan.Jakarta:Gramedia
Syukri, Agus Fanar.2009. Standar Pelayanan Publik.Yogyakarta:Kreasi Wacana
Wojowisoto, S.Manajemen Pelayanan Publik.Jakarta:Gramedia
sumber lain :
Blogger Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia
Undang-undang No.5 Tahun 2009 tentang pelayanan publik
www.surabaya.go.id
Authors whose manuscript is published will approve the following provisions:
The right to publication of all journal material published on the JPAPÂ website is held by the editorial board with the author's knowledge (moral rights remain the property of the author).
The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA) license, which means Jurnal Persona reserves the right to store, modify the format, administer in database, maintain and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
Printed and electronic published manuscripts are open access for educational, research and library purposes. In addition to these objectives, the editorial board shall not be liable for violations of copyright law.