KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN ANAK DI LUAR NIKAH PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KOTA SURABAYA

  • Agustin Triyansari
  • Teguh Santoso

Abstract

Salah satu bentuk pelayanan yang diberikan oleh aparatur pemerintahan kepada masyarakat adalah pelayanan dalam bidang kependudukan. Akta Kelahiran merupakan salah satu dokumen yang harus dimiliki oleh setiap orang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kualitas pelayanan pembuatan akta kelahiran anak di luar nikah pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Fokus Penelitian ini antara lain : (1). Bagaimanakah kualitas pelayanan jasa pembuatan akta kelahiran anak di luar nikah pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya, (2). Kendala apakah yang dihadapi dalam pembuatan akta kelahiran anak di luar nikah pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya. Hasil Penelitian : 1. Persepsi pelanggan memberikan nilai lebih untuk keempat indikator reliability, respons, assurance, dan empathy ini dengan kategori baik, sedangkan untuk tangible cukup baik untuk pelayanan yang ada pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Surabaya. 2.Tidak ditemukan kendala, dikarenakan si pemohon telah mengetahui persyaratan-persyaratan baik informasi yang didapatkan melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya maupun melalui online. Semua pada dasarnya dari masyarakat sendiri yang mau mengerti dan mentaati akan prosedur dan persyaratan yang wajib di pahami dan diikuti.

Kata Kunci:  Kualitas Pelayanan publik, akta kelahiran, kinerja.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budijaya, I. N. (1985). Catatan Sipil Di Indonesia. Surabaya: Bina Indra Karya.

H.A.S, M. (1995). Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta: Bina Aksara.

Indrawijaya, A. (1983). Perilaku Organisasi. Bandung: Sinar Baru.

Kotler, P. (1997). Manajemen Pemasaran : Analisa Data Kualitatif, Buku Sumber Tentang Metode Baru. Jakarta: Prenhallindo.

Moleong, L. J. (1995). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sedarmayanti. (2009). Reformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi Dan Kepemimpinan Masa Depan. Bandung: Refika Aditama.

Siagian, S. P. (1991). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Silalahi, U. (2009). Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama.

Sinambela, L. P. (2012). Kinerja Pegawai. Yogyakarta: 2012.

Sumaryadi, I. N. (2010). Sosiologi Pemerintahan. Bogor: Ghalia Indonesia.

Surjadi. (2009). Pengembangan Kinerja Pelayanan Publik. Bandung: Refika Aditama.

Syamsi, I. (1978). Dasar-Dasar Kebijakan Keuangan Negara. Jakarta: Bina Aksara.

Tjiptono, F. (2005). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi.

Victor M. Situmorang, C. S. (1996). Aspek Hukum Catatan Sipil Di Indonesia. Jakarta: Sinar Grafika.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan.

ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jppmr/article/download/244/249.

http://id.wikipedia.org/wiki/Undang-Undang_Pelayanan_Publik.

http://setabasri01.blogspot.com/2011/04/service-qualityakronimnyaservqual.html.

http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/5001.

http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/5483.

http://www.scribd.com/doc/156916552/.

http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/PPKN/article/view/19818.

Published
2015-05-21
How to Cite
Triyansari, A., & Santoso, T. (2015). KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN ANAK DI LUAR NIKAH PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KOTA SURABAYA. JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 1(01). https://doi.org/10.30996/jpap.v1i01.392
Section
Articles