IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENANGGULANGAN HIV DAN AIDS DI KOTA SURABAYA (Kajian Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 4 Tahun 2013, Studi Kasus di Puskesmas Putat Jaya, Kota Surabaya)

  • Yohanes Fritantus
  • Nunuk Rukminingsih

Abstract

HIV dan AIDS merupakan penyakit yang sangat berbahaya sehingga menjadi perhatian yang serius dari pemerintah Kota Surabaya. Sebaran penyakit ini hampir diseluruh wilayah Kota Surabaya. Data Dinas Kesehatan Kota Surabaya di tahun 2014 bahwa Puskesmas dengan temuan kasus HIV dan AIDS tertinggi adalah Puskesmas Putat Jaya, Kota Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menjelaskan, dan menganalisis  proses implementasi Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 4 tahun 2013 tentang Penanggulangan HIV dan AIDS di Puskesmas Putat Jaya, Kota Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif digunakan untuk memperoleh data pelaksanaan kebijakan Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 4 tahun 2013 tentang penanggulangan HIV dan AIDS. Peneliti menggunakan cara wawancara dan dokumentasi. Penentuan responden dengan teknik purposive random sampling, yaitu peneliti menentukan sendiri yang menjadi informan penelitiannya. Penelitian ini dilakukan di Dinas Kesehatan Kota Surabaya dan Puskesmas Putat Jaya. Hasil penelitian dari implementasi Peraturan Daerah Nomor 4 tahun 2013 (Studi Kasus di Puskesmas Putat Jaya) yaitu rendahnya komunikasi antar instansi pemerintah, sumber-sumber sudah sangat mencukupi, kurangnya disposisi, dan struktur organisasi yang berkaitan dengan SOP yang mudah dan terjangkau untuk semua lapisan masyarakat serta adanya partisipasi dari swasta.

Kata kunci: Kebijakan Publik, Implementasi, HIV dan AIDS

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Indiahono, D. (2009). Kebijakan publik: berbasis dynamic policy analisys. Yogyakarta: Penerbit gaya media.

Jones, C. O. (1994). Pengantar Kebijakan publik. (N. Budiman, Penyunt., & R. Istamto, Penerj.) Jakarta: Raja gravindo persada.

Nugroho, R. (2014). Kebijakan sosial untuk negara berkembang.Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Setyodarmodjo., S. (1998). Public policy: pengertian pokok untuk memahami dan analisa kebijaksanaan pemerintah. Surabaya: Cv. Papyrus.

Siyaranamual, J. R. (1997). Etika, hak asasi, dan pewabahan AIDS. Jakarta: Pustaka sinar harapan bekerja sama dengan yayasan hotline service surya dan the ford foundation.

Wahab, S. A. (2014). Analisis kebijakan: dari formulasi ke penyusunan model- model implementasi kebijakan publik.Cet.2. Jakarta: Bumi aksara.

Winarno B. (2014). Kebijakan publik: teori, proses, dan studi kasus. Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service)

Triwibowo, C. (2014). Etika dan hukum kesehatan. Yogyakarta: Nuha medica. (2014). Infeksi menular seksual. ed. Fahmi Daili, S.,B. Makes, W. I., Zubier, F. Jakarta: Badan penerbit FKUI

Jurnal dan Dokumen

Ananda. R. (2014). Evaluasi Program Pemerintah tentang HIV/AIDS di Kota Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Ariani Putu Desi, A. H. (2011). Analisis hubungan antara pengetahuan, sikap dengan tindakan berdasarkan indikator perilaku HIV/AIDS pada wanita pekerja seks (studi penelitian di klinik IMS Putat Jaya Surabaya) . Jurnal kesehatan masyarakat .

Endof Pundan Sembiring, Haryono B. S., Sukanto (2013). Implementasi peraturan daerah nomor 14 tahun 2008 tentang penanggulangan HIV dan AIDS di Kabupaten Malang (Studi tentang peran komunikasi dalam implementasi kebijakan publik). Jurnal administrasi publik.

Junaidi. (2013). Implementasi kebijakan penanggulangan HIV/AIDS oleh Komisi Penanggulangan AIDS di Kota Pontianak. Jurnal ilmu administrasi negara .

Kurniasari, D. I. (2014). Implementasi Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2010

tentang penanggulangan Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS) di Kabupaten Semarang. Jurnal of politic and goverment studies .

Peraturan Daerah Kota SUrabaya Nomor 4 Tahun 2013 tentang penanggulangan HIV dan AIDS

Sudikno, Simanungkalit B., Siswanto. (2011). Pengetahuan HIV dan AIDS pada remaja di Indonesia (analisis data Riskesdas 2010).

Undang-Undang 36 tahun 2009 tentang kesehatan

Published
2015-05-21
How to Cite
Fritantus, Y., & Rukminingsih, N. (2015). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENANGGULANGAN HIV DAN AIDS DI KOTA SURABAYA (Kajian Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 4 Tahun 2013, Studi Kasus di Puskesmas Putat Jaya, Kota Surabaya). JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 1(01). https://doi.org/10.30996/jpap.v1i01.405
Section
Articles