TINJAUAN YURIDIS TRADING IN INFLUENCE DALAM TINDAK PIDANA KORUPSI

  • Alvin Saputra Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Ahmad Mahyani Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords: tindak pidana, korupsi, perdagangan pengaruh

Abstract

Kasus perdagangan pengaruh di Indonesia sesungguhnya telah terjadi berkali-kali dan sejak lama dengan modus yang berbeda-beda. Namun pengaturan delik perdagangan pengaruh secara eksplisit hingga saat ini belum ada. Kekosongan hukum ini membuat para penegak hukum ragu akan  pasal mana yang harus didakwakan. Berdasar kasus-kasus yang telah terjadi, penegak hukum kerap mengenakan pasal suap untuk perkara perdagangan pengaruh. Padahal antara suap dan perdagangan pengaruh adalah sesuatu yang berbeda. Menggunakan penelitian hukum normatif dengan metode pendekatan perundang-undangan, pendekatan konsep, dan pendekatan kasus. Dibahas konsekuensi peratifikasian konvensi internasional, perdagangan pengaruh  di negara lain, bentuk dan pola perdagangan pengaruh dan kasus perdagangan pengaruh. Perdagangan pengaruh tidak diatur dalam rumusan delik Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi. Namun jika mengacu pada Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2006 tentang Pengesahan United Nations Convention Against Corruption, 2003 pada Bab III, sebenarnya Indonesia memiliki dasar hukum untuk menjerat tindak pidana perdagangan pengaruh.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdur Rafi, Abu Fida, 2006, Terapi Penyakit Korupsi dengan Tazkiyatun (Penyucian Jiwa), Republika, Jakarta.

Aziz Syamsuddin, 2011, Tindak Pidana Khusus, Sinar Grafika, Jakarta.

Hamzah, Andi, 2006, Pemberantasan Korupsi Melalui Hukum Pidana Nasional dan Internasional, Raja Grafindo Perkasa, Jakarta.

Kostyo, Kennet, 2006, Buku Panduan Mencegah Korupsi Dalam Pengadaan Barang dan Jasa Publik, dalam terjemahan Fahmia Biadib, Jakarta.

Mauna, Boer, 2005, Hukum Internasional Pengertian Peranan dan Fungsi dalam era Dinamika Global, Alumni, Bandung.

Philip, Julia, 2009, The Criminalisation of Trading in Influence in International Anti Corruption Laws, Faculty of Law, University of the Western Cape, South Africa.

Published
2017-02-01
Section
Articles