Aktivitas Yoiki Mentai dalam Menggunakan Endorsement Non- Selebriti Melalui Instagram Untuk Menciptakan Brand Awareness Di Sidoarjo
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pemanfaatan Instagram sebagai platform pemasaran untuk menciptakan brand awareness Yoiki Mentai di Sidoarjo melalui Endorsement Non-Selebriti. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas Yoiki Mentai dalam menggunakan endorsement non-selebriti melalui instagram untuk menciptakan brand awarenessnya di Sidoarjo. Dalam penelitian ini penulis menggunakan kajian literatur Strategi Branding metode penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan sosiopsikologis dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah 3 orang, yaitu Founder Yoiki Mentai, Tim Marketing Yoiki Mentai dan pelanggan aktif Yoiki Mentai. Model analisis data yang peneliti gunakan untuk mendeskripsikan hasil penelitian teknik analisis data dan teknik keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Yoiki Mentai menggunakan endorsement non-selebriti melalui instagram untuk menciptakan brand awareness melalui konsep dan pesan. Konsep yang dibawakan oleh 3 endorser sama-sama menggunakan konsep honest review dan pesan yang dibawakan dalam aktivitas endorsement ini mengarah pada pengenalan produk, brand, dan gambaran produk dengan pesan persuasif yang berhasil menciptakan Brand Awareness dan penjualan produk Yoiki Mentai.
Kata Kunci : Branding ,Endorsement,Yoiki Mentai, Brand Awarenes
Downloads
References
Assael H, (2001), Consumen Behavior and Marketing Action, Edisi 3, Kent Publishing Company, Boston Massachusset,AS.
Belch, George E. & Michael A. Belch. (2012) Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communication Perspective. Global Edition. New York: McGraw-Hill
Chaffey, Dave. 2015. Digital Business and E-Commerce Management, Strategy, Implementation, and Practice. England: Pearson Education Limited
Chafey, Dave et al. 2000 Internet Marketing: Strategy, Implementation, and Practic. England: Pearson Education Limited
Deddy Mulyana. 2007. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.Emy Susanti Hendarso. 2011 Metode Penelitian Sosial. Jakara: Kencana Prenada Media Group.
Gelder, S.V. (2005). Global Brand Strategy. London: Kogan Page.
Ida Bagoes, Mantra. 2004. Filsafat Penelitian dan Metode Penelitian Sosial.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Littlejohn, Stephen W & Karen A.
Foss.2009. Teori Komunikasi, edisi 9.
Jakarta: Salemba Humanika
Authors whose manuscript is published will approve the following provisions:
The right to publication of all journal material published on the jurnal representamen website is held by the editorial board with the author's knowledge (moral rights remain the property of the author).
The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA) license, which means Jurnal Representamen reserves the right to store, modify the format, administer in database, maintain and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
Printed and electronic published manuscripts are open access for educational, research and library purposes. In addition to these objectives, the editorial board shall not be liable for violations of copyright law.